Show Menu 2

9/1/23

Pembelajaran Kreatif Menggunakan Quizizz Paper Mode dan Aplikasi Android Keren

iTapuih.com - Pembelajaran Kreatif Menggunakan Quizizz Paper Mode dan Aplikasi Android Keren. Saat ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkembang pesat dan berdampak banyak wilayah di seluruh dunia. Banyak aspek masyarakat yang sebagian besar dipengaruhi oleh pertumbuhan Informasi dan Teknologi, termasuk bidang Pendidikan. Abad 21 yang ditadai dengan kehadiran era media (digital age) sangat berpengaruh pada pengelolaan pembelajaran dan perubahan karateristik siswa. Pembelajaran abad 21 menjadi keharusan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi, serta pengelolaan pembelajaran yang berpusat pada murid. Dalam mengembangkan pembelajaran abad 21, guru dituntut merubah pola pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (teacher centred) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centred) karena sumber belajar melimpah..


Guru abad 21 harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis.


Pada pembelajaran kali ini saya menggunakan Aplikasi Quizizz Paper Mode. Aplikasi Quizizz adalah media pembelajaran yang digunakan untuk membuat permainan kuis interaktif, sedangkan Quizizz Paper Mode adalah media pembelajaran berbasis kuis interaktif dengan mengggunakan kertas yang berisikan Q Cards. Quizizz Paper Mode dapat dilakukan pada pembelajaran Offline dan siswa tidak perlu menggunakan Handphone atau komputer, Paper Mode praktis dan mudah dilakukan. Kelebihan lain dari Quizizz Paper Mode yakni : 
  • Quizizz Paper Mode siswa tidak membutuhkan Gadget dan tidak mebutuhkan jaringan internet. 
  • Guru dapat men-scan barcode atau Q- Cards (Quizizz Cards) jawaban siswa dan guru langsung mengetahui siswa yang telah menjawab dengan benar dan salah. 
  • Lembar barcode atau Q-Cards (Quizizz Cards) jawaban untuk siswa dapat digunakan berulang kali dengan materi kuis yang berbeda-beda. 
  • Setiap siswa memiliki 1 lembar Q-Cards jawaban. e. Lembar Q-Cards antar siswa berbeda sehingga siswa tidak bisa untuk meniru jawaban teman.

Untuk membantu proses pembelajaran anak-anak di rumah, saya membuat aplikasi android sederhana dengan bantuan media PowerPoint. Microsoft PowerPoint sebagai salah satu media pembelajaran interaktif sangat membantu anak-anak dalam memahami pelajaran. sebenarnya ada banyak cara, namun kali ini saya akan menjelaskan satu cara saja. Pada prinsipnya ada tiga langkah dasar yang harus kita lakukan.
  • Membuat atau menyiapkan file ppt.
  • Mengonversi file ppt tersebut menjadi HTML.
  • Mengonversi HTML tersebut menjadi Android (apk).

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih