Show Menu 2

8/5/23

Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Lengkap, Mudah dan Gratis

iTapuih.com - Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Mudah dan Gratis. Aplikasi rapor Kurikulum Merdeka ini dalam bentuk aplikasi excel. Aplikasi sederhana ini bisa digunakan untuk mengelola dan menghasilkan rapor siswa, hal ini dapat membantu sekolah untuk menghemat waktu dan biaya dalam proses pembuatan rapor siswa.


Rapor Kurikulum Merdeka adalah laporan hasil belajar siswa yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Rapor Kurikulum Merdeka terdiri dari dua bagian utama, yaitu:

1. Rapor Intrakurikuler

Rapor Intrakurikuler berisi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran yang dipelajarinya. Hasil belajar siswa di dalam rapor intrakurikuler digambarkan menggunakan deskripsi kualitatif yang menunjukkan perkembangan dan pencapaian siswa dalam setiap mata pelajaran. Prinsip-prinsip yang digunakan dalam penyusunan rapor intrakurikuler Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut:
  • Berorientasi pada proses belajar, bukan hasil belajar
  • Berfokus pada pengembangan kompetensi siswa, bukan hanya penguasaan materi
  • Menggunakan penilaian autentik yang dapat mencerminkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan bekerja sama
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu siswa belajar
  • Menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami
Dalam bagian Rapor Intrakurikuler ini juga ada laporan tentang perkembangan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti anak. Kurikulum Merdeka juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Hal ini bertujuan untuk memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

2. Rapor Profil Pelajar Pancasila

Rapor Profil Pelajar Pancasila berisi hasil belajar siswa dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila adalah karakter utama yang harus dimiliki oleh setiap siswa Indonesia. Profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu:
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Berkebinekaan global
  • Mandiri
  • Gotong royong
  • Bernalar kritis
  • Kreatif
Hasil belajar siswa dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila di dalam rapor profil pelajar Pancasila digambarkan menggunakan deskripsi kualitatif yang menunjukkan perkembangan dan pencapaian siswa dalam setiap dimensi profil pelajar Pancasila.


Aplikasi rapor excel ini juga dapat membantu sekolah untuk meningkatkan kualitas rapor siswa dengan menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu guru dalam memberikan penilaian yang lebih akurat dan objektif. Beberapa fitur yang biasanya tersedia di aplikasi rapor digital meliputi:

Data Sekolah

Berisi informasi tentang sekolah, seperti nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon sekolah, email sekolah dan data sekolah lainnya.

Data Siswa

Berisi informasi tentang siswa, seperti nama siswa, NISN siswa, alamat siswa, nomor telepon siswa, dan data siswa lainnya.

KKTP Sekolah

KKTP Sekolah adalah singkatan dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Sekolah. KKTP Sekolah adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana sekolah telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. KKTP Sekolah dapat digunakan untuk memantau perkembangan dan pencapaian sekolah dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Intrakurikuler

Berisi informasi tentang mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Ekstrakurikuler

Berisi informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah dan deskripsi laporan perkembangan program ekstrakurikuler yang diikuti siswa.

Deskripsi P5

Berisi informasi tentang profil pelajar Pancasila yang dikembangkan oleh siswa. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Tujuan Pembelajaran

Berisi informasi tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh siswa dalam setiap mata pelajaran. Tujuan pembelajaran yang dikembangkan ini perlu dicapai peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga akhirnya pada penghujung Fase mereka dapat mencapai Capaian Pembelajaran. Oleh karena itu, untuk CP dalam satu fase, pendidik perlu mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran.

Lingkup Materi

Berisi informasi tentang materi yang akan dipelajari oleh siswa dalam setiap mata pelajaran. Lingkup materi, yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.

Cek TP dan LM

Tombol ini digunakan untuk memeriksa kembali tujuan pembelajaran dan lingkup materi yang telah diinput sebelumnya.

Formatif dan Sumatif

Berisi informasi tentang penilaian formatif dan sumatif yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Untuk memenuhi tujuan pengolahan data tersebut, satuan pendidikan diberikan keleluasaan dengan mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran, capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran. Disediakan tiga alternatif pengolahan hasil asesmen yang dapat dijadikan inspirasi satuan pendidikan, antara lain:
Alternatif 1: Mengolah seluruh data formatif dan sumatif, untuk dijadikan nilai rapor. 
  • Seluruh hasil asesmen formatif dan sumatif berupa angka diolah menjadi nilai akhir.
  • Nilai kuantitatif pada asesmen formatif digunakan untuk keterangan deskripsi capaian kompetensi pada rapor.
Alternatif 2: Mengolah seluruh data formatif dan sumatif, untuk dijadikan nilai rapor.
  • Hasil formatif berupa angka dan hasil sumatif diolah menjadi nilai akhir.
  • Data berupa narasi (kualitatif) digunakan sebagai pertimbangan deskripsi Capaian Kompetensi dalam rapor.
Alternatif 3: Mengolah seluruh data formatif dan sumatif, untuk dijadikan nilai rapor.
  • Hasil asesmen sumatif diolah menjadi nilai akhir.
  • Hasil asesmen formatif digunakan sebagai pertimbangan deskripsi Capaian Kompetensi dalam rapor.

Absen

Berisi informasi tentang kehadiran siswa, halaman ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data tentang kehadiran siswa, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang dapat diatasi.. 

Nilai Akhir

Berisi informasi tentang nilai akhir yang diperoleh siswa dalam setiap mata pelajaran. Nilai akhir ini diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran selama satu semester

Cetak

Tombol cetak digukan untuk mendetak cover rapor, rapor siswa, rapor P5 dan lembaran mutasi siswa.

Silahkan download Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka lengkap, mudah dan gratis dalam format excel.

DOWNLOAD

Rapor Kurikulum Merdeka merupakan dokumen yang penting untuk memberikan informasi kepada siswa, orang tua, dan pihak sekolah tentang perkembangan dan pencapaian belajar siswa. Rapor Kurikulum Merdeka juga dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih