Show Menu 2

11/16/18

Explanation: Mammatus Clouds dan Terjemahannya

iTapuih.com - Mammatus Clouds dan Terjemahannya. Pada postingan kali ini saya akan berbagi contoh Explanation Text. Contoh dibawah ini merupakan salah satu contoh tentan fenomena alam yang disebut Mammatus Clouds atau Awan Mammatus (artinya “awan susu” atau “awan payudara”) Dinamakan awan mammatus karena awan ini berbentuk menyerupai payudara wanita. Sebagaimana kita ketahui Explanation merupakan salah satu jenis text yang dipelajari ditingkat SMA yang memberi penjelasan tentang bagaimana proses fenomena alam bisa terjadi. Tujuan text untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Semoga contoh Explanation text berikut dapat menjadi referensi bagi kita untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris.


Mammatus Clouds

Mammatus clouds are some of the most unusual and distinctive clouds formations with a series of bulges or pouches emerging from the base of a cloud. The shape of mammatus formations can vary widely; from the classic protruding shape, to a more elongated tube hanging from the cloud above.

Mammatus clouds are usually formed in association with large cumulonimbus clouds. Typically, turbulence within the cumulonimbus cloud will cause mammatus to form, especially on the underside of the projecting anvil as it rapidly descends to lower levels. This reverses the usual cloud-forming process of upward growth, making for an uneven cloud base.

Mammatus often forms in association with Cumulonimbus clouds, which in turn bring thunderstorms due to their huge mass of unstable air. Mammatus cloud generally form in the most unstable cumulonimbus, meaning that there is also a chance of hail, heavy rain and lightning in the vicinity, and if the air is cold enough during winter they can produce snow. Sometimes mammatus may form on other cloud types which produce no rain, though this is far less common.

Mammatus comes from the Latin mamma which translates to "udder" or "breast". Their striking appearance is most visible when the sun is low in the sky and their pouches are framed by the sunlight. This supplementary feature is a firm favourite with many meteorologists as well as cloud and photography enthusiasts.

Mammatus usually form on the base of a cumulonimbus anvil, but they have also been sighted to form on other cloud types, such as stratocumulus, altostratus and altocumulus. Mammatus have also been observed to form on the underside of volcanic ash clouds.

Terjemahannya

Awan mammatus adalah beberapa formasi awan yang paling tidak biasa dan khas dengan serangkaian tonjolan atau kantong yang muncul dari dasar awan. Bentuk formasi mammatus dapat bervariasi secara luas; dari bentuk menonjol klasik, ke tabung yang lebih panjang yang tergantung dari awan di atas.

Awan mammatus biasanya terbentuk dalam hubungan dengan awan cumulonimbus besar. Biasanya, turbulensi dalam awan cumulonimbus akan menyebabkan mammatus terbentuk, terutama pada bagian bawah landasan proyeksi karena dengan cepat turun ke tingkat yang lebih rendah. Ini membalikkan proses pembentukan awan yang biasa dari pertumbuhan ke atas, membuat basis awan yang tidak rata.

Mammatus sering membentuk asosiasi dengan awan Cumulonimbus, yang pada gilirannya membawa badai karena massa udara yang sangat tidak stabil. Mammatus cloud umumnya terbentuk di cumulonimbus yang paling tidak stabil, yang berarti bahwa ada juga kemungkinan hujan es, hujan lebat dan petir di sekitarnya, dan jika udaranya cukup dingin selama musim dingin mereka dapat menghasilkan salju. Kadang-kadang mammatus dapat terbentuk pada jenis awan lainnya yang tidak menghasilkan hujan, meskipun ini jauh kurang umum.

Mammatus berasal dari bahasa Latin mamma yang diterjemahkan menjadi "ambing" atau "payudara". Penampilan mencolok mereka paling terlihat ketika matahari rendah di langit dan kantong mereka dibingkai oleh sinar matahari. Fitur tambahan ini adalah favorit perusahaan dengan banyak ahli meteorologi serta penggemar cloud dan fotografi.

Mammatus biasanya terbentuk di dasar landasan kumulonimbus, tetapi mereka juga telah terlihat terbentuk pada jenis awan lainnya, seperti stratocumulus, altostratus dan altocumulus. Mammatus juga telah diamati terbentuk di bagian bawah awan abu vulkanik.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih