Show Menu 2

11/19/18

Explanation: How Is a Rainbow Formed? dan Terjemahannya

iTapuih.com - How a Rainbows Form dan Terjemahannya. Pada postingan kali ini saya akan berbagi contoh Explanation Text. Contoh dibawah ini merupakan salah satu contoh tentang proses bagaimana terjadinya pelangi. Sebagaimana kita ketahui Explanation merupakan salah satu jenis text yang dipelajari ditingkat SMA yang memberi penjelasan tentang bagaimana proses fenomena alam bisa terjadi. Tujuan text untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Semoga contoh Explanation text berikut dapat menjadi referensi bagi kita untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris.


Mammatus Clouds

A rainbow is a natural phenomenon caused by the refraction and reflection of light in droplets of water, which results in the appearance of a spectrum of light in the sky. Rainbows appear in the form of a multicolored bow. When caused by water and sun, rainbows appear on the side of the sky that is directly opposite the sun. They can be full circles at times, but to the average observer, only the arc will be visible.

The colors in a rainbow are those found in the color spectrum of white light as it divides. There are 7 main colors that you can see in a rainbow: red, orange, yellow, green, blue, indigo and purple. When the sunlight hits the water droplets, the 7 colors appear. As the sunlight moves from air to water, the colors of light slow down to varying speeds – depending on their frequency. As the violet light enters the raindrop, it bends at a sharp angle. On the right side of the water droplet, some light is passed back into the air, while the rest reflects backwards. Raindrops that are higher in the sky disperse light so that only the red light is visible to the observer’s eye. The droplets between red and violet reflect different colors so that an observer sees a full color spectrum.

Sunlight hitting a raindrop in the atmosphere is refracted on the surface of the raindrop and enters the droplet. Once refraction occurs, the light breaks up into seven colors inside the raindrop; it is then reflected to the other side of the raindrop after traveling inside it. When the light in the raindrop refracts, the spectrum forms to make the 7 colors of the rainbow appear. During reflection, the angle (of reflection) is equal to the angle of incidence; this means that reflected light travels along a set path and maintains the difference of the refraction angle. A rainbow is a bunch of raindrops hanging in the atmosphere that divide the sunlight into 7 colors, like a prism.

Terjemahannya

Pelangi adalah fenomena alam yang disebabkan oleh pembiasan dan pantulan cahaya dalam tetesan air, yang menghasilkan penampakan spektrum cahaya di langit. Pelangi muncul dalam bentuk busur warna-warni. Ketika disebabkan oleh air dan matahari, pelangi muncul di sisi langit yang berhadapan langsung dengan matahari. Mereka bisa menjadi lingkaran penuh di kali, tetapi untuk pengamat rata-rata, hanya busur akan terlihat.

Warna-warna di pelangi adalah mereka yang ditemukan dalam spektrum warna cahaya putih saat membagi. Ada 7 warna utama yang bisa Anda lihat dalam pelangi: merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Ketika sinar matahari menyentuh tetesan air, 7 warna muncul. Saat sinar matahari bergerak dari udara ke air, warna cahaya melambat ke kecepatan yang bervariasi - tergantung pada frekuensi mereka. Saat cahaya ungu masuk ke rintik hujan, tikungan tajam pada sudut tajam. Di sisi kanan tetesan air, beberapa cahaya dilewatkan kembali ke udara, sementara sisanya memantul ke belakang. Tetesan hujan yang lebih tinggi di langit menyebarkan cahaya sehingga hanya cahaya merah yang terlihat oleh mata pengamat. Tetesan antara merah dan ungu mencerminkan warna yang berbeda sehingga pengamat melihat spektrum warna penuh.

Sinar matahari yang menerjang hujan di atmosfer dibiaskan di permukaan rintik hujan dan memasuki droplet. Setelah pembiasan terjadi, cahaya memecah menjadi tujuh warna di dalam rintik hujan; itu kemudian dipantulkan ke sisi lain dari rintik hujan setelah bepergian di dalamnya. Ketika cahaya di rintik hujan membias, spektrum terbentuk untuk membuat 7 warna pelangi muncul. Selama refleksi, sudut (refleksi) sama dengan sudut insidensi; ini berarti bahwa cahaya yang dipantulkan berjalan sepanjang jalur set dan mempertahankan perbedaan sudut pembiasan. Pelangi adalah sekumpulan tetesan hujan yang menggantung di atmosfer yang membagi cahaya matahari menjadi 7 warna, seperti prisma.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih