Show Menu 2

4/14/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2014

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2014 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2014. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2014.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2014


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2014

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 dan 17.
16. Pendapat penulis mengenai wacana di atas bisa dilihat dari kalimat berikut "Too much caffeine can produce restlessness, nausea, and cardiac"(Kebanyakan kopi bisa menimbulkan susah tidur, mual-mual, dan gangguanjantung) Jadi, penulis beranggapan bahwa menkonsumsi kopi terlalu banyak bisa menimbulkan masalah kesehatan, atau dengan kata lain "tdak baik untuk kesehatan." Pilihan yang tepat adalah Consuming too much coffee is not good for our health.
Jawaban: A

17. Kata pada kalimat teks yang digaris bawahi “gain” berarti (mendapatkan/memperoleh). Develop (membangun/mengembangkan) Obtain (memperoleh) Improve (memperbaiki/meningkatkan) Collect (mengumpulkan) Enhance (memperindah/mempercantik). Jadi, sinonim dari kata gain adalah Obtain.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 18 dan 19.
18. Tujuan dan wacana iklan adalah untuk mengikiankan gedung perkantoran untuk disewakan atau dikontrakkan. Hal mi bisa dilihat dan bagian akhir kalimat berikut "For leasing in formation call 303-572-5947" yang berarti (Untuk informasi penyewaan/kontrak hubungi 303-572-5947). Maka, jawaban yang tepat adalah Office suites to rent.
Jawaban: B

19. Segi positif atau sisi baik dari gedung perkantoran yang diiklankan adalah kemudahannya dijangkau oleh pengguna angkutan umum, khususnya pengguna jasa kereta api bawah tanah. Perhatikan kalimat berikut ‘Commuting is easy, with the subway stop only one block away” (Transportasi mudah dijangkau, dengan pemberhentian kereta api bawah tanah hanya sejauh satu blok.) Maka, jawaban yang tepat adalah Easy to reach for commuters.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 dan 22.
20. Keseluruhan paragraf dalam wacana membicarakan mengenai alasan dan pembuktian yang meyakinkan terhadap tuduhan bahwa petugas keamanan adalah bersalah Guilty security
Jawaban: E

21. Prosekusi atau penuntutan membuktikan petugas keamanan bersalah, hal mi bisa dilihatdan kalimat berikut "As a security guard he could come and go from the exhibition of the diamond without causing suspicion. He had plenty of time on the night of the robbery to take the diamond, hide it and then return to his post before the next guard came on duty” (Sebagai seorang petugas keamanan dia bisa datang dan pergi dan pemeran permata tersebut tanpa menyebabkan kecurigaan. Dia memiliki banyak waktu pada malam saat perampokan itu terjadi untuk mengambil permata itu, menyembunyikannya dan kemudian kembali ke posnya sebelum petugas keamanan yang berikutnya datang menggantikan tugasnya.) Maka, pilihan yang tepat adalah He was on duty when the diamond was stolen.
Jawaban: B

22. Paragraf kedua intinya menjelaskan alasan dan bukti yang meyakinkan bahwa petugas keamanan itu betul-betul membutuhkan uang untuk melunasi hutangnya di bank. Perhatikan kalimat berikut "Firstly, the accused needed money. He was in debt, owing the bank over $100000. He had no chance of repaying this: therefore, he needed quick money. That’s why he stole the Macquire Diamond."(Pertama, tertuduh membutuhkan uang. Dia terlibat hutang, memiliki hutang di bank Iebih dan 100.000 dolar. Dia tidak memiliki kemampuan untuk melunasi hutang tersebut. Karena itu, dia membutuhkan uang cepat. ItuIah sebabnya dia mencuri Macquire Diamond.) Maka, pilihan yang tepat adalah The security guard is proven to be in the need of the money.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 sampai 25.
23. Wacana tersebut adalah tentang sebuah buku yang berjudul “Totto Chan” Lihat bagian awal dan akhir kalimat berikut "lt is probably one of the most important books Uve ever read" (Ini barangkali adalah salah satu diantara buku-buku terpenting yang pernah saya baca.) dan “The book is written by Tetsuko Kuroyanagi and translated by Dorothy Britton.” (Buku tersebut ditulis oleh Tetsuko Kuroyanagi dan diterjemahkan oleh Dorothy Britton.) Maka, jawaban yang tepat adalah The novel of Totto-chan.
Jawaban: B

24. Novel "Totto Chan" merupakan cerita yang menuturkan indahnya kehidupan dilihat dan sudut pandang seorang anak. Perhatikan kalimat berikut "... but for its simple message of how wonderful life can be when viewed through the eyes of an innocent child. (.... tetapi karena pesan sederhana novel tersebut mengenai betapa indahnya kehidupan ketika dilihat melalui mata seorang anak yang tanpa salah.) Maka, jawaban yang tepat adalah That teaches us that life is actually wonderful.
Jawaban: C

25. Informasi mengenai siapa yang memberi inspirasi anak untuk menikmati masa kanak-kanak mereka, menurut wacana, bisa dilihat dan kalimat berikut "... and how Mr. Kuroyanagi inspires the children to explore, learn, feel and have joy." (... dan bagaimana Mr. Kuroyanagi memberi inspirasi kepada anak anak untuk mengamati, merasakan. dan menikmati kegembiraan.) Maka, jawaban yang tepat adalah Tetsuko Kuroyanagi.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 26 dan 27.
26. Di antara informasi yang bisa disimpulkan dari wacana tersebut adalah gagasan bahwa "the Red Bird of Paradise" termasuk burung yang langka. Hal ini bisa diketahui dari kalimat berikut "An endangered Indonesian species, the Red Bird of Paradise." (Species hewan Indonesia yang terancam bahaya kepunahan, the Red Bird of Paradise ...) Pilihan yang tepat adalah The Red Bird of Paradise is rare nowaday.
Jawaban: B

27. Kata yang digarais bawahi "bill" berarti (paruh burung). Sedangkan arti pilihan yang lain adalah wing (sayap) tail (ekor) breast (dada) eyes (mata) beak (paruh). Sinonim kata bill adalah Peak.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 dan 29.
28. Perhatikan kalimat berikut "...to receive a special discount on any compact disc, computer equipment, or cellular phones." (untuk memperoleh diskon khusus untuk pembelian CD "compact disc", perangkat komputer, atau telepon selular.) Jadi, pilihan yang tepat adalah Left out
Jawaban: E

29. Kata yang digaris bawahi pada kalimat teks "established" dalam konteks ini berarti (mendiriken). "founded" (mendirikan) improved (meingkatkan/memperbaiki) expanded (mengembangkan/meluaskan) developed (membengun/mengembangkan) published (menerbitkan) Jadi, sinonim dari kata estabilished adalah Founded
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 30 sampai 32.
30. Penulis novel "To Kill a Mockingbird' bisa diketahui dari pernyataan: "To Kill a Mockingbird By Harper Lee" Maka, jawaban yang tepat adalah Boo Radley
Jawaban: B

31. Pendapat peresensi mengenal novel ini bisa diketahui dari kalimat berikut "To Kill a Mockingbird is filled with interesting characters ..." (To Kill a Mockingbird dipenuhi dengan karakter-karakter yang menarik ...) Maka, jawaban yang tepat adalah Interesting
Jawaban: C

32. Kata yang digaris bawahi dalam teks "scary" berarti (menakutkan). Sedangkan ari pada pilihan yag lain joyful (menyenangkan) interesting (menarik) challenging (menantang) frightening (menakutkan) amusing (menghibur) Jadi, sinonim dari kata scary adalah Frightening
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 33 sampai 35.
33. Profesor menyarankan agar Kaka didaftarkan di sekolah sepak bola ketika bakatnya mulai diketahui. Perhatikan kalimat berikut: "His talent was soon recognized. A professor called the family and suggested enrolling him in a football school." (Bakatnya segera diketahui. Seorang professor memanggil keluarganya dan menyarankan untuk mendaftarkan dia di sebuah sekolah sepak bola.) Maka, pilihan yang tepat adalah He enroll as a member.
Jawaban: B

34. Gagasan utama paragraf 3 bisa dilihat dari bagian awal paragraf tersebut: "In 2006, only 24 years old, Kaka was one of the main Brazilian players in the World Cup." (Pada tahun 2006, dalam usia masih 24 tahun, Kaka merupakan salah satu dari pemain utama Brasilia dalam Piala Dunia.) Kaka was one of the main Brazilian players in the World Cup.
Jawaban: E

35. Kata yang digaris bawahi dalam teks "recognized" berarti (dikenali/diketahui) predicted (diprediksi) registered (terdaftar) managed (dikelela) succeeded (berhasil) identified (diidentifikasi/dikenali) Jadi, sinonim dari kata "recognized" adalah Identified.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 36 sampai 38.
36. Wacana membicarakan mengenai penolakan tawaran dana dari pemerintah kota oleh pihak manajemen kebun bintang Ragunan Karen suatu alasan. Perhatikan kalimat pada paragraf pertama: "The city administration offered Ragunen Zoo in South Jakarta the financial support it needed to become a world-class tourist destination, but the offer was refused by the management." (Pemerintah kota menawari Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan bantuan finansial yang dibutuhkan untuk menjadi tujuan wisata berkelas dunia, tetapi tawaran itu ditolak oleh manajemen.) Maka, pilihan yang tepat adalah Refusal fund by Ragunan Zoo management.
Jawaban: E

37. Perhatikan kalimat pada paragraf ketujuh: On regular days, the 147-hectare zoo is visited by around 3,000 people,..." artinya (Pada hari biasa, kebun binatang 147 hektar didatangi oleh sekitar 3.000 orang,.." Jadi, jawabannya adalah It is visited by around 3,000 people.
Jawaban: B

38. Kata yang digaris bawahi dalam soal "disburse" yang berarti (membayar). Sedangkan arti pada pilihan lainnya yaitu: pay (membayar) return (mengembalikan) repay (membayar kembali) distribute (membagi-bagikan) compensate (memberi ganti rugi). Sinonim kata disburse adalah Pay.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39.
39. Wacana pada intinya menjelaskan bagaimana air bisa tercemari. Perhatikan kalimat berikut: "Let us find out how this pollution affects the ecological balance and poses a threat to our lives. First, it is agricultural pollution. Another way water pollution happens in mining activities." (Marilah kita melihat bagaimana polusi ini mempengaruhi keseimbangan ekologi dan menimbulkan suatu ancaman bagi kehidupan kita. Pertama, pencemaran dan sektor pertanian. Cara lain pencemaran air terjadi dalam aktivitas pertambangan) Maka, jawaban yang tepat adalah There are different ways for water to be polluted.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 40 dan 41.
40. Isi surat tersebut mengenai keluhan "complain" penulis terhadap pelayanan restoran yang mengecewakan yang pernah dialaminya. Hal ini tersurat jelas dan kalimat teks: "I'm writing to inform you that I had a negative bad experience at your location in Columbus, New Jersey on August 4." (Saya menulis untuk memberitahukan kepada Anda bahwa saya mengalami pengalaman buruk yang negatif di lokasi restoran anda di Columbus, New Jersey pada tanggal 4 Agustus.) Maka, jawaban yang tepat adalah Complaining bad service.
Jawaban: B

41. Yang bertugas dan bertanggung jawab menangani pesanan pelanggan adalah alex. Hal ini terdapat dalam kalimat: "... and the person who handled my order was Alex." (... dan orang yang menangani pesanan saya adalah Alex.) Jadi, pilihan yang tepat adalah Alex.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 42
42. Susunan kalimat-kalimat berikut yang akan membuat paragraf utuh adalah:
6. One of the most famous woman in world history was Cleopatra VII.
4. She was famous not only for her breathtaking beauty but also for her great intellect.
5. She was the last Pharaoh of Egypt.
1. As a queen, she was very intelligent, and as a politician she had a great charisma.
2. She had brown eyes and they were shaped like cat eyes. Her skin was in fact an olive shade.
3. She became queen of Egypt in 51 B.C at the age of eighteen.
Jadi, urutan yang benar adalah 6 – 4 – 5 – 1 – 2 – 3
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 43 sampai 46.
43. Keseluruhan isi wacana membahas mengenai proses merubah energi kimia pada manusia dan hewan. Perhatikan bagian awal dan akhir wacana, "All human beings eat food and make use of the chemical energy in it, no do all other animals." (Seluruh manusia memakan makanan dan memanfaatkan energi kimia di dalamnya, demikian juga seluruh hewan.) dan "Plants change the sun's energy into chemical energy. And animals change chemical energy into kinetic and heat energy" (Tumbuh turnbuhan merubah energi matahari menjadi energi kimia. Dan hewan merubah energi kimia menjadi energi kinetik dan panes.) Dapat disimpulkan teks tersebut tentang The process of changing chemical energy.
Jawaban: A

44. Keterangan mengenai apa yang akan terjadi jika klorofil menyerap sinar matahari bisa dilihat pada Imlimat berikut "Chlorophyll can absorb sunlight When it does so, it changes the energy of the sun into chemical energy." (Klorofil bisa menyerap sinar matahari. Ketika melakukan hal ini, klorofil merubah energi matahari menjadi energi kimia.) Jadi, pilihan yang tepat adalah Change the sun’s energy into chemical energy.
Jawaban: E

45. Informasi yang bisa diperoleh dari wacana adalah gagasan bahwa seluruh manusia dan hewan membutuhkan energi. Perhatikan kalimat berikut "All human beings eat food and make use of the chemical energy in it, so do all other animals." (Seluruh manusia memakan makanan dan memanfaatkan energi kimia di dalamnya, demikian juga seluruh hewan.) Jadi, pilihan yang tepat adalah All human beings need chemical energy.
Jawaban: B

46. Kata "Essence" dalam arti bio kimia berarti (zat kimia) inti pada suatu tanaman. Jadi, ini merupakan sinonim yang tepat untuk menggantikan kata Substance
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47.
47. Globalisasi berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan ketika produksi dilakukan di negara-negara yang memiliki aturan tidak ketat dalam pengendalian polusi dan kerusakan hutan. Perhatikan kalimat berikut: "In addition, the environment suffers, as production moves to places where they have less strict rules and regulations about controlling pollution and deforestation." (Selain itu, lingkungan terancam mengalami kerasukan, karena produksi berpindah menuju tempat-tempat dimana mereka memiliki aturan dan hukum yang kurang ketat terhadap pengendalian polusi dan kerusakan hutan.) Jadi, pilihan yang tepat adalah Industries tend to occupy areas with weak laws.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 48 sampai 50.
48. Arti masing-masing kata, skin (kulit) scales (sisik) seals (kulit pelapis) shells (cangkang/tempurung) skull (tulang/tengkorak kepala). Perhatikan kalimat "Unlike other mollusks, such as clams and oysters, octopuses and squids have no hard ...." (Tidak seperti moluska yang lainnya, seperti misalnya kerang dan tiram, oktopus dan cumi cumi tidak memiliki sesuatu yang kora,...) Jadi, kalimat rumpang di atas paling tepat dilengkapi dengan kata Shells.
Jawaban: D

49. Arti masing-masing kata, eyes (mata) bones (tulang) fingers (jari) thumbs (ibu jari) shoulders (pundak). Perhatikan kalimat "An octopus has two big so it has a very good vision." (Seekor oktopus memiliki dua ....Yang besar, jadi dia memiliki penglihatan yang sangat baik.) Jadi, kata yang paling tepat melengkapi kalimat rumpang di atas adalah Eyes.
Jawaban: A

50. Arti masing-masing kata, complain (mengeluh) wonder (ingin tau/bertanya-tanya) deliver (mengantarkan) change (mengubah) breathe (bernapas) Kalimat teks: "Octopuses can also ... color rapidly when they are in danger." (Oktopus bisa juga ... warna dengan cepat ketika mereka dalam bahaya.) Jadi, kalimat rumpang di atas paling tepat dilengkapi dengan kata Change.
Jawaban: D

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2014

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2014 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih