Show Menu 2

9/24/16

13 Jenis Functional Text Terlengkap Untuk (SMP dan SMA)

iTapuih.com - 13 Jenis Functional Text Terlengkap Untuk (SMP dan SMA). Monologue Text dan Functional Text merupakan jenis materi ajar bahasa Inggris yang dipelajari di tingkat sekolah mulai dari SD, SMP, SMA bahkan Universitas. Setelah sebelumnya saya membahas Monologue Text, sekarang saya akan coba menjelaskan apa itu Functional Text. Functional Text adalah tulisan yang bertujuan untuk membantu pembaca menyelesaikan tugas sehari-hari. Biasanya jenis text ini lebih pendek dan singkat dibandingkan monologue text. Berikut saya akan berikan ringkasan 13 macam Functional Text yang di pelajari di sekolah (semua Functional Text berikut sudah di bahas di Blog ini).


ADVERTISEMENT


Advertisement (iklan) adalah penyataan atau tulisan yang bersifat umum mengenai sebuah produk atau jasa yang bertujuan meyakinkan pembaca dan pendengar supaya terpengaruh untuk menggunakannya.

ANNOUNCEMENT


Announcement (pengumuman) adalah suatu pernyataan terbuka untuk diketahui khalayak ramai yang bertujuan menyampaikan suatu hal kepada para pendengar dan pembaca.

NOTICE, CAUTION, WARNING


Notice (Pemberitahuan) adalah petunjuk atau pernyataan tertulis yang memberikan informasi tertentu atau memberikan peringatan. Caution (peringatan atau saran) adalah bentuk peringatan tertulis agar para pembaca bersikap hati hati. Warning (Peringatan Keras) merupakan tulisan yang berisi rambu-rambu yang biuasanya dipasang ditempat-tempat tertentu untuk alasan keselamatan.

GREETING CARD


Greeting Card (kartu ucapan) adalah ucapan yang disampaikan bentuk kartu, biasanya disertai gambar yang dikirimkan kepada seseorang karena pada kesempatan tertentu orang tersebut telah mencapai target tertentu.

INVITATION


Invitation (undangan) adalah penyataan tertulis berupa undangan atau ajakan agar orang yang ditunjuk tersebut mau datang dan berpartisipasi. Kehadiran dari pendengar dan pembaca adalah tujuan utama Invitation.

LETTER


Letter (surat) terdiri dari dua macam yaitu Personal Letter dan Offical Letter. Personal Letter (surat pribadi) adalah sebuah surat yang ditulis untuk urusan pribadi, keluarga, atau pertemanan.
Semantara, Offical Letter (surat resmi) adalah bentuk surat resmi yang biasanya ditulis berfungsi untuk hubungan yang lebih formal seperti bisnis, pekerjaan, dan pemerintahan.

E-MAIL


E-mail atau Electronic mail (Surat Elektronik) merupakan surat elektrik atau surat digital yang dikirim menggunakan bantuan jaringan internet.

SHORT MESSAGE


Short Message (pesan singkat) adalah pesan tertulis yang dikirim kepada orang lain dengan menggunakan ponsel melalui layanan Short Message Service (SMS), pengiriman pesan menjadi lebih cepat.

MEMO


Memo atau pesan singkat biasanya ditulis pada sepotong kertas dan berisi informasi ringkas. Biasanya pesan singkat jenis ini sering kita jumpai menempel pada alat-alat elektronik baik yang ada di kantor maupun di rumah.

BANNER, BROCHURE, POSTER, PAMPHLET


Banner adalah selembaran media biasanya kain memanjang yang berisi symbol, logo, slogan, atau pesan-pesan tertentu. Brochure adalah  bentuk sosialisai produk periklanan untuk mengenalkan perusahaan baru, oraganisasi baru, jasa baru, dan lainnya. Poster adalah suatu desain tulisan dan gambar pada suatu kertas supaya bisa ditempelkan pada bidang datar sepeti tembok papan pengumuman. Pamphlet adalah booklet yang tidak dibendel biasanya tanpa hard cover. Biasanya berupa satu lembar kertas yang bisa dilipat dan bersi tulisan dan gambar pada kedua sisinya.

FOOD LABEL


Food Label (Label Makanan) adalah tulisan yang biasanya ditemui dibungkus, kaleng, kertas berbagai macam makanan. Food label berfungsi memberitahukan kepada pemakai tentang hal ikhwal makanan yang telah dibeli.

SHOPPING LIST


Shopping list (daftar belanja) adalah daftar belajaan yang perlu untuk dibeli. Bnetuk dari shopping list biasanya sederhana, akurat, dan bisa dicentang

SCHEDULE


Schedule (jadwal) merupakan salah satu functional text yang berisi daftar kegiatan, program dan waktu pelaksanaan. Ini bertujuan agar kegiatan yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan baik

Itulah 13 jenis Short Functional Text Bahasa Inggris yang biasanya dipelajari di sekolah-sekolah di Indonesia. 

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih