Show Menu 2

3/7/18

7 Cara Paling Efektif Menguasai Ketrampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris

iTapuih.com - 7 Cara Paling Efektif Menguasai Ketrampilan Menulis Dalam Bahasa Inggris. Apakah anda mempunyai hobi menulis dalam bahasa Inggris? Anda termasuk orang yang suka menulis tapi masih kurang percaya diri dengan hasil tulisannya? atau Anda pernah Menulis cerpen, puisi, buku harian, atau bahkan sekedar status Twitter atau Facebook dalam bahasa Inggris? Kenapa saya bertanya demikian? Karena tips kali ini, saya ingin membagikan tips menguasai writing skill alias kemampuan menulis.


Berikut ini saya akan bagikan beberapa tips tentang cara paling efektif menguasai ketrampilan menulis dalam bahasa Inggris (writing skill):

#Tips 1 Perbanyak Reading

Sama halnya seperti speaking, jika Anda ingin lancar speaking, harus rajin listening. Hal yang sama dengan writing, jika ingin jago dalam hal menulis maka kita harus rajin reading juga. Dari reading kita bisa belajar banyak: grammar, vocabulary, spelling, cara menulis yang baik, pengembangan ide, gaya penulisan, dsb.

#Tips 2 Gabung Forum

Latihan sesering mungkin. Latihannya tidak harus langsung menulis esai atau cerpen. Bisa dimulai dari chat atau ikut forum online. Cari teman chat native speaker (penutur asli) dan kalau bergabung dalam forum online berbahasa Inggris jangan cuma menjadi penonton. Usahakan kita harus ikut nimbrung dan aktif menanggapi setiap kegiatan yang ada dalam forum tersebut.

#Tips 3 Membuat Blog

Salah satu bentuk latihan yang menyenangkan dan banyak dari Anda pasti sudah melakukannya: blogging. Bikin jadwal rutin untuk ngeblog dalam bahasa Inggris.

#Tips 4 Pahami Punctuation

Sambil rajin reading dan latihan, kita juga harus rajin membaca tentang aturan penting writing, seperti tanda baca, huruf besar, dsb.

#Tips 5 Tentukan Tujuan

Masih berhubungan dengan tips ke empat. Kadang kita harus menulis untuk kebutuhan khusus (misal tes IELTS). Pelajari apa saja yang dibutuhkan untuk itu. Contoh lain: tentu antara online chat dan tulisan ilmiah banyak perbedaannya. Tentukan tujuan menulis kita, pelajari, dan latih.

#Tips 6 Sedia Kamus

Tidak kalah pentingnya, selalu sedia kamus untuk mendampingi waktu menulis Anda (kecuali mungkin sewaktu ujian), apapun jenis kamusnya.

#Tips 7 Minta Saran

Seperti speaking, Jika Anda ingin lancar writing, berkumpul lah juga dengan orang-orang yang tepat. Yang sama-sama belajar dan bisa saling membantu. Nah, dari berkumpul dengan orang-orang tepat itu Anda bisa meminta mereka untuk menilai atau mengoreksi tulisan Anda. Dan jangan takut dikritik!

Jadi bagaimana? Mudah kan untuk mulai menulis? Pertama-tama coba dulu dengan menulis status di Twitter, Facebook, Instagram dan akun media sosial lainnya menggunakan bahasa Inggris. Tanya ke teman: sudah benar belum?

Punya tips lain yang tidak kalah efektif? Tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. Best of luck!

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih