Show Menu 2

12/30/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2017

iTapuih.com - Latihan: Soal UN Bahasa Inggris SMP 2017 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2017. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2017.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2017



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1 dan 2.
1. Mengapa sekolah mengeluarkan pemberitahuan ini? karena dalam pemberithuan tersebut semua siswa diharapkan hadir untuk melaksanakan upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Maka, jawaban yang tepat adalah To ask students to attend the Independence Day ceremony.
Jawaban: A

2. Tujuan notice adalah untuk menyampaikan pemberitahuan. Dalam hal ini  si pembuat notice diharapkan untuk memberi perhatian terhadap pemberitahuan tersebut. Jawabannya adalah Pay attention to the notice.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 3 sampai 5.
3. Untuk mendapatkan kesimpulan dari text bisa kita lihat pada pernyataan "I’ll pick you up at the airport. Just give me details of your flight." (Mengapa sekolah menerbitkan pengumuman itu) Pengumuman tersebut mengundang semua siswa untuk berpartisipasi dalam salah satu program berikut. Maka, jawaban yang tepat adalah To ask students' participations.
Jawaban: B

4. Beberapa program yang akan dihadirkan adalah sebagai berikut:
• Fine art
• Musical performance
• Dance performance
Fine art adalah seni rupa, paintings adalah lukisan.
Maka, jawaban yang tepat adalah Paintings.
Jawaban: B

5. Annual mempunyai arti (Tahunan) sedangkan pilihan yang lain jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah:
Once a year = Sekali setahun
Twice a year = Dua kali setahun
Three times a year = Tiga kali dalam setahun
Four times a year = Empat kali dalam setahun
Jadi, sinonim yang tepat adalah Once a year.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 6 sampai 8.
6. Announcement tersebut berisi tentang Summer camp.
Jawaban: D

7. Apa yang harus dilakukan siswa jika mereka ingin mengikuti program ini? dalam pengumuman "you should present your parents' consent when register" Jika ingin mengikuti program ini harus mendapat persetujuan dari orang tua. Jadi, jawaban yang tepat adalah Ask parents' permission.
Jawaban: A

8. Dalam pengumuman dijelaskan waktu kegiatan "When: 3-10 July 2017" Kegiatan tersebut berlangsung selama satu minggu. Jawaban yang tepat adalah Lasts.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 9 dan 10.
8. Ini merupakan Invitation Card, tujuan Invitation untuk mengundang seseorang menghadiri suatu acara. Pilihan yang lebih tepat adalah C "To ask the addressee to come to the party" yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia (Meminta pihak penerima undangan untuk datang ke pesta) Jadi, addressee disana artinya bukan alamat melainkan penerima. Jadi, jawaban yang lebih tepat adalah To ask the addressee to come to the pally.
Jawaban: C

9. Hal pertama yang seharusnya dilakukan si penerima undangan adalah mengkonfirmasi kehadiran "Please RSVP: amark987@yahoo.com"  Jadi, yang menemani Janet adalah ibunya Confirm the attendance by email
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 11 dan 12.
11. Undangan itu ditujukan untuk para tamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang sekolah dan kurikulum yang dipakai. Maka, jawaban yang tepat adalah To learn more about the school and curriculum.
Jawaban: C

12. Chance mempunyai arti (Kesempatan) sedangkan pilihan yang lain jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah:
Event = Peristiwa
Facility = Fasilitas
Moment = saat
Opportunity = Kesempatan
Jadi, sinonim yang tepat adalah Opportunity.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 13 sampai 15.
13. Teks ditujukan untuk pelancong yang menginginkn tempat yang tenang dan damai. Maka, jawaban yang tepat adalah Relax in a quiet a place.
Jawaban: B

14. Fasilitas tambahan yang disediakan pihak hotel berupa area fitness dan kolam berenang. Maka, jawaban yang tepat adalah Indoor sport activities.
Jawaban: A

15. Spacious mempunyai arti (Luas) sedangkan pilihan yang lain jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah:
Big = Besar
Wide = Lebar
Large = Besar
Luxurious = Mewah
Jadi, sinonim yang tepat adalah Wide.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 sampai 19.
16. Teks ini termasuk kedalam jenis Descriptive Text, text ini bertujuan untuk menggambarkan suatu hal (orang, benda, tempat) secara spesifik. Jadi, jawaban yang tepat adalah To make the readers know the character of his teacher.
Jawaban: C

17. Dari beberapa pernyataan yang digambarkan oleh penulis tentang gurunya, kita bisa tahu kalau beliau adalah orang yang serius. Jadi, jawaban yang tepat adalah Serious man.
Jawaban: A 

18. Kenapa penulis bisa menceritakan kebiasaan Mr. Tucker? karena dia melihat Mr. Tucker melakukan hal yang sama setiap hari. Jadi, jawaban yang tepat adalah He sees Mr. Tucker does the same thing everyday.
Jawaban: C 

19. Amazed mempunyai arti (Takjub) sedangkan pilihan yang lain jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah:
Scared = Takut
Surprised = Terkejut/Tercengang
Ashamed = Malu
Nervous = Gugup
Sebenarnya menurut saya tidak ada jawaban yang tepat. Namun, ada sinonim yang mendekati tepat adalah Surprised.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 sampai 23.
20. Text tersebut menceritakan tentang The Shard gedung pencakar langit yang paling tinggi di Eropa Barat, gedung ini berada di jantung kota London. Jadi, jawaban yang tepat adalah The tallest building in London.
Jawaban: D 

21.Perhatikan paragraf pertama yang menyatakan gedung ini yang paling tinggi di Eropa Barat "Western European's tallest building" Tentu yang menjadikannya terkenal karena ketinggiannya. Jadi, jawaban yang tepat adalah Height.
Jawaban: C

22. Hal yang mungkin membuat orang tertarik untuk sinngah sebentar di Shard adalah karena lokasinya yang terletak di jantung kota London.. Jadi, jawaban yang tepat adalah It is located in the heart of London.
Jawaban: D

23. Untuk menjawab pertanyaan jenis ini "refers to" kita harus fokus pada kalimat sebelumnya. "The Shard is an 87-storey skyscraper, which sits in the heart of London. It is known as the shard of glass. Construction began in 2009 and was completed three years later in 2012, making it Western European's tallest building." Jadi dapat disimpulkan kata it mengacu pada The Shard.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 24 sampai 27.
24. Teks tersebut menceritakan pengalaman penulis untuk pertama kali ikut lomba marathon serta ketertarikannya untuk mengikuti lomba marathon tahun depan. Maka, jawaban yang tepat adalah The changing of the writer's feeling after joining the marathon.
Jawaban: D

25. Untuk meningkatkan prestasinya, dia harus ikut lomba marathon tahun berikutnya Planned to join another marathon.
Jawaban: C

26. Keinginannya yang terbesit pertama kali ketika ikut lomba itu hanya untuk mendapatkan pengalaman He just wanted to get an experience.
Jawaban: B

27. Mind mempunyai arti (Pikiran) sedangkan pilihan yang lain jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah:
Decision = Keputusan
Ambition = Ambisi
Thought = Pikiran
Suggestion = Saran
Jadi, sinonim yang tepat adalah Thought.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 sampai 31.
28. Teks ini termasuk kedalam jenis Procedure Text, text ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bagaimana cara melakukan sesuatu (tutorial). Jadi, jawaban yang tepat adalah Guide us step by step to download music from youtube.
Jawaban: C

29. Apa yang harus kita masukkan ke dalam URL media? alamat URL dari video yang akan didownload. Jadi, jawaban yang tepat adalah The address of the song.
Jawaban: A

30. Yang terjadi jika proses download berhasil adalah file akan masuk kedalam folder download tempat penyimpanan kita. Jadi, jawaban yang tepat adalah We will find the song in the download folder.
Jawaban: C

31. Untuk menjawab pertanyaan jenis ini "refers to" kita harus fokus pada kalimat sebelumnya. "find the song in your download folder and open it to hear the song." Jadi dapat disimpulkan kata it mengacu pada The download folder.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 32 sampai 35.
32. Text tersebut adalah Narrative Text yang menceritakan tentang kuas ajaib. Maka, jawaban yang tepat adalah A magic paintbrush and a helpfu.
Jawaban: A

33. Jika Ma Liang tidak melakukan apa yang Raja minta, Ma Liang akan dipenjarakan. Jawabannya bisa kita lihat melalui pernyataan raj "I will set you free" Jadi, jawaban yang tepat adalah Stayed in jail.
Jawaban: C

34. Untuk pertanyaan "What would happen if Ma Liang didn't kill the King?" (Apa yang akan terjadi jika Ma Liang tidak membunuh Raja?) sang raja akan mendapatkan tumpukan gunung emas. Jadi, sinonim kata slender adalah The King would get a lot of gold.
Jawaban: A

35. Karakter Ma Liang dalam cerita tersebut adalah pintar dan suka membantu. Jadi, jawaban yang tepat adalah Smart and helpful.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 36 sampai 39.
36. Secara keseluruhan text tersebut menceritakan tentang bahaya petir. Maka, jawaban yang tepat adalah The danger of lightning.
Jawaban: B

37Untuk pertanyaan "How can the lightning be dangerous while we are taking a bath?" (Bagaimana bisa petir menjadi berbahaya saat kita mandi?) sengatan listrik bisa dikirim melalui pipa air. Jadi, sinonim kata interact adalah The electric shock could be delivered along the water pipes.
Jawaban: A

38. Manakah dari hal berikut yang dilarang dilakukan saat terjadi petir di rumah? Jika alat tersebut terhubung langsung dengan listrik. Jadi, jawaban yang tepat adalah Vacuum the carpet.
Jawaban: B

39. Informasi tersebut sangat penting bagi ibu rumah tangga. Jadi, jawaban yang tepat adalah The housewife.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 40 sampai 42.
40. Text ini kita sebut Report Text, salah satu jenis text yang memberikan informasi berdasarkan fakta yang merupakan hasil observasi dan research. Jadi, tujuan penulisan text ini adalah To inform the readers the kinds of penguins.
Jawaban: C

41. Paragraf 2 menggambarkan penguin dalam hal warna Colour.
Jawaban: D

42. "Penguins are torpedo-shaped, flightless birds that live in the southern regions of the earth." Hal yang bisa kita simpulkan dari kalimat itu tentang pinguin yang tidak bisa terbang "flightless birds". Jadi, jawaban yang tepat adalah Penguins cannot fly.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 43 sampai 45.
43. Andi seharusnya berangkat lebih awal. Left early.
Jawaban: B

44. Mengapa Andi terlambat tiba di stasiun? Karena sopirnya melaju pelan. Hal tersebut dikarekanan jalanan yang sangat ramai dan macet. Jawabannya adalah The driver was driving slowly.
Jawaban: B

45. Kata penghubung but digunakan untuk menunjukkan kontras atau perbedaan yang tak terduga. Jadi, kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah begitu But.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46 sampai 48.
46. Setiap Narraive Text mempunyai moral value (pesan moral) yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui text yang menghibur. Jawaban yang tepat adalah To teach moral value with a story
Jawaban: D

47. Untuk pertanyaan "What happened when the granddaughter cooked the rice?" (Apa yang terjadi saat cucu itu memasak nasi?) Penyusunan yang paling tepat adalah "They were sleeping when a stranger came in." Untuk mengetahui jawabannya kita bisa lihat pada paragraf ketiga "The rice became rice porridge. It flowed and flowed until it covered the kitchen." (Beras menjadi bubur nasi. Ini mengalir dan mengalir sampai menutupi dapur.) Jawaban yang tepat adalah The porridge flooded the kitchen
Jawaban: D

48. The monkey then ran away and climbed a tree. The grandmother chased it. kata it disini mengacu pada monyet, jawaban yang tepat adalah Monkey.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 dan 50.
49. Tujuan penulis dalam menulis text tersebut adalah untuk memberikan pujian kepada Davish atas kesuksesannya. Jawaban yang tepat adalah To praise Davish for his success.
Jawaban: A

50. "May the high goals and ideals which led to this special honour continue to inspire you in the years ahead." Kita bisa menyimpulkan dari pernyataan ini bahwa penulis berharap Davish tetap sukses kedepannya. Jawaban yang tepat adalah Keep on success in the future.
Jawaban: C

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2017

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2017 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih