Show Menu 2

4/14/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2015

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2015 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2015. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2015.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2015


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2015

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16.
16. Susunan kalimat-kalimat berikut yang akan membuat paragraf utuh adalah:
5. You take a healthy young tree, almost all kind of tree will be possible.
2. Make sure to shape it as you want.
1. Then tie the branches with wire.
6. After that give plenty of fertilizer, and cut the branches regularly to be shorter.
4. When the tree is older, wire is removed.
3. Finally the Bonsai will grow well.
Jadi, urutan yang benar adalah 5 – 2 – 1 – 6 – 4 – 3
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 17.
17. Susunan kalimat-kalimat berikut yang akan membuat paragraf utuh adalah:
5. One of the most famous woman in world history was Cleopatra VII.
1. 1. It is small-billed bird with a skin saddle between the bill and forehead.
4. It has long wings and powerful flight muscles.
3. It also has stout bodies, short necks, and small heads.
2. The pigeon eats grain, fruit, and barriers.
Jadi, urutan yang benar adalah 5 – 1 – 4 – 3 – 2
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 18 dan 19.
18. Karena dalam surat disebutkan hahwa “We appreciate your patience as it may take six to eight weeks to complete the research needed to resolve your claim” yang intinya mereka meminta waktu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah To wait for six to eight weeks.
Jawaban: C

19. Bahwa pihak AE Company bertanggung jawab atas kritik dari salah satu nasabah/customer). Jadi, jawaban yang tepat adalah Be responsible for this claim.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 sampai 22.
20. Karena di dalam teks disebutkan “formalin is not for human beings, but it is for biological specimen and experiments” yang berarti bahwa formalin bukan untuk tubuh manusia melainkan untuk spesies-spesies tanaman dan percobaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah It is used to preserve biological specimens.
Jawaban: C

21. Ide pokok paragraf kedua adalah lemahnya kontrol dari pemerintah terhadap penggunaan formalin. Jadi, jawaban yang benar adalah The government has not controlled the use of formalin firmly
Jawaban: B

22. Dalam teks penulis berkata bahwa masyarakat harus menjauhkan diri dari formalin dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin. Jadi, jawaban yang tepat adalah People have to avoid consuming formalin in their food.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 sampai 25.
23. Kata “turning” artinya (memasuki) “having” mempunyai anti (mempunyai) “changing” mempunyai anti (mengubah) “getting” artinya (mendapatkan) dan “enjoying” adalah (menikmati). Jadi, jawaban yang tepat adalah Turning
Jawaban: A

24. Kata “sadly” artinya (dengan sedih) “gladly” (dengan bahagia) “merrily” (dengan perasaan gembira) “joyful” (dengan kenyamanan) dan “amusingly” (dengan terhibur). Jadi, jawaban yang tepat adalah Sadly.
Jawaban: A

25. Dalam teks disebutken bahwa “then he walked out to the ........and disappeared.” Jadi, seorang laki laki menuju ke pintu kemudian menghilang. Maka, jawaban yang sesuai untuk mengisi bagian yang rumpang adalah Door.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 26 sampai 28.
26. Dalam teks dijelaskan bahwa “resveratrol” itu memberikan perlindungan dan meningkatkan kesehatan melalui buah-buah yang terpilih. Jawaban yang tepat adalah Shows the protection for increasing health in selected fruits.
Jawaban: C

27. Dalam teks dijelaskan bahwa resveratrol itu bagian penting dalam tumbuhan. Jadi, jawaban yang tepat adalah Its important biological substances.
Jawaban: C

28. Karena dalam paragrat ke-3 mereka membicarakan tentang macam-macam buah yang di dalamnya mengandung zat resveratrol dan juga menyebutkan macam-macam buah Vaccinium. Pilihan yang tepat adalah Resveratrol is representated by species vaccinicum fruit.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 29 sampai 31.
29 Teks tersebut sedang membahas sebuah film yang berjudul A beautiful Mind. Jadi, pilihan yang tepat adalah The review of ‘A Beautiful Mind‘ movie.
Jawaban: A

30. Di dalam teks penulis menyebutkan “today it is called modem classics: a true drama, making you think and evoking emotions.” Jadi, jawaban yang benar adalah It makes the audience think and feel emotions (ini membuat penonton dapat berpikir dan merasakan emosi).
Jawaban: C

31. Karena dalam paragraf terakhir, penulis menyebutkan bahwa “after watching a beautiful mind, I will agree with this once again” (setelah menonton Film tersebut maka kita akan setuju dengan pendapatnya). Jadi, jawaban yang tepat adalah To watch the film titled ‘A Beautiful Mind’ (untuk menonton film yang berjudul beautiful mind).
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 32 sampai 34.
32. Dalam teks membicarakan tentang perkembangan “Lagoons” (danau di pinggir laut) di dunia. Jadi, jawaban yang tepat adalah The development of Lagoons in the world
Jawaban: D

33. Dalam teks menjelaskan bahwa “lagoon” dapat membuat tempat-tempat wisata menjadi semakin mewah dan menarik sehingga dapat menarik para turis untuk datang To attract tourists from all over the world to come.
Jawaban: C

34. Dalam paragraf ketiga disebutkan bahwa lagoon dapat menyediakan tempat-tempat olahraga yang lebih menarik lagi, di teks mereka menyebutkan swimming dan water sport. Maka, jawaban yang tepat adalah The new Lagoon offers unrestricted spaces for sport (Lagoon baru menawarkan ruang rerbulia untuk olahraga).
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 35 sampai 37.
35. Keseluruhan teks membicarakan mengenai Political polls (jejak pendapat)
Jawaban: A

36. Seperti yang ditulis di dalam teks bahwa semakin banyak orang yang disurvey maka hasilnyapun akan semakin konkret. Jawabannya adalah The more people involved in a polls, the more reliable the result will be
Jawaban: B

37. Dalam teks memberitahu bahwa salah satu cara yang mewakili beberapa cara adalah dengan bertanya kepada para voters, A representative of variety people is chosen to ask question.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 38 sampai 40.
38. Di dalam teks tertulis, “Intemet also has its disadvantages. One of them is children maybe exposed to violence” (Internet jugs memiliki kerugian. Salah satunya adalah kemungkinan kekerasan yang akan terjadi pada anak-anak). Jadi, jawaban yang tepat adalah It exposes children to violence (akan menghadapkan anak-anak pada kekerasan).
Jawaban: A

39. Pikiran pokok dari paragrat ke-2 adalah bahwa internet mempunyai beberapa manfaat untuk masyarakat, Internet has some advantages.
Jawaban: B

40. Dari teks di atas kesimpulannya adalah ketika anak-anak sedang menggunakan internet sebaiknya mereka ditemani agar tidak membuka situs-situs yang tidak seharusnya dibuka. Maka, pilihan yang tepat adalah Accompanied.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 41 sampai 43.
41. Jadi, cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kerugian akibat banjir adalah mencari hal-hal yang dapat digunakan sebagai sumber penghasilan dengan menggunakan air disekitar agar tidak terjadi banjir dan menjadi terawat, Seek sustenance benefit from cheap and easy travel commerce.
Jawaban: E

42. Pembahasan: Ide pokok paragraf ketiga terdapat pada kalimat pertama, yaitu Flood can also occur in rivers, when flow exceeds the capacity of the river channel, particularly at bends or meanders (banjir jugs depot terjadi di sungai saat arus melebihi kapasitas sungai, terutama di daerah lekukan). Jadi, jawaban yang tepat adalah Floods can be found at every bond and meander of o river.
Jawaban: B

43. Kata "significant" mempunyai arti yang sama dengan "important" yaitu (penting). Sedangkan arti pada pilihan yang lain, ordinary (biasa) intensive (intensif) sufficient (cukup) important (penting) expensive (mahal). Sinonim dari kata significant adalah Important.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 44 dan 45.
44. Karena dalam teks mengumumkan bahwa "On October 1st, 2014 it will change its name to “Softbank Telecom Corp".” yang artinya (Mulai tanggal 1 Oktober 2014 nama perusahaan diganti menjadi “Softbank Telecom Corp”.) Maka, pilihan yang tepat adalah It changed its name to Softbank Telecom Corp.
Jawaban: A

45. Dalam teks disebutkan "Softbank Group is a comprehensive I.T. network infrastructure, digital platform, and content company" (perusahaan ini bergerak dalam bidang teknologi dan informasi). Jawabannya adalah A technology and information company.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46 dan 47.
46. Dalam iklan tersebut mengajak pembaca untuk mengikuti seminar mengenai merawat dan peduli terhadap hewan peliharaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah seminar mengenai tingkah laku hewan, A workshop on animal behavior
Jawaban: B

47. Pada teks tertulis, “Professor Shasta Ewing, a leading animal behavorist, will be conducting an informative workshop entitled "understanding your pet". Jadi, jawaban yang tepat adalah Professor Shasta Ewing
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 48 dan 50.
48. Judul yang paling cocok adalah ini karena dalam cerita si Ajing pada akhirnya menemukan seorang bayi di dekat sungai. Maka, judul yang tepat adalah The baby by the river
Jawaban. D

49. Dalam cerita disebutkan “physician announced that he could detect no signs of life in Tien-Tien (baby)” yang artinya bahwa tidak terdeteksi kehidupan pada Tien-Tien. Jawabannya adalah The baby had no sign of life.
Jawaban: D

50. Dalam teks diceritakan bahwa Ajiang berasal dari keluarga yang tidak mempunyai uang “a Chinese family with almost no money or resources.” Jadi, kesimpulannya Ajing berasal dari keluarga yang miskin, Ajiang came from a poor family
Jawaban: A

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2015

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2015 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih