Show Menu 2

8/22/17

A Country Childhood Beserta Terjemahannya

iTapuih.com - A Country Childhood Beserta Terjemahannya. Apakah Anda tahu di mana Afrika Selatan? Jika belum tahu silahkan lihat lokasinya di peta Anda. Kali ini saya akan membagikan sebuah kutipan dari kisah hidup seorang pemimpin Afrika Selatan yang terkenal, Nelson Mandela. Mandela menulis tentang masa kecilnya di pedesaan. Berikut ini adalah teks lengkap dan terjemahan dari "A Country Childhood" selamat belajar.


A Country Childhood

From an early age, I spent most of my free time in the veld playing and fighting with the other boys of the village. A boy who remained at home tied to his mother's apron strings was regarded as a sissy. At night, I shared my food and blanket with these same boys.

I was no more than five when I became a herd boy looking after sheep and calves in the fields. I discovered the almost mystical attachment that the Xhosa have for cattle, not only as a source of food and wealth but also as a blessing from God and a source of happiness.

It was in the fields that I learnt how to knock birds out of the sky with a slingshot, to gather wild honey, fruits and edible roots, to drink warm, sweet milk straight from the udder of a cow, to swim in the clear, cold streams, and to catch fish with twine and sharpened bits of wire.

I learnt to stick fight — essen tial knowledge to any rural African boy — and became adept at its various techniques, parrying blows, feinting in one direction and striking in another, breaking away from an opponent with quick footwork. I date my love of the veld, of open spaces, the simple beauties of nature and the clean line of the horizon to these days.

As boys, we were mostly left to our own devices. We used to play with toys we made ourselves. We would mould animals and birds out of clay. We also used to make ox-drawn sledges out of tree branches. Nature was our playground. The hills above Qunu were dotted with large smooth rocks which we transformed into our own roller coaster. We would sit on flat stones and slide down the faces of the large rocks. We used to do this until our backsides were so sore we could hardly sit down.

I learnt to ride by sitting atop weaned calves — after being thrown to the ground several times, one got the hang of it. I learnt my lesson one day from an unruly donkey. We had been taking turns climbing up and down its back and when my chance came, I jumped on and the donkey bolted into a nearby thornbush. It bent its head, trying to unseat me, which it did, but not before the thorns had pricked and scratched my face, embarrassing me in front of my friends. Like the people of the East, Africans have a highly developed sense of dignity, or what the Chinese call 'face'. I had lost face among my friends. Even though it was a donkey that had unseated me, I learnt that to humiliate another person is to make him suffer an unnecessarily cruel fate. Even as a boy, I defeated my opponents without dishonouring them.

The boys used to play among themselves but we sometimes allowed our sisters to join us. Boys and girls would play games like ndize (hide and seek) and icekwa (tag).

The game I used to enjoy playing with the girls the most was what we called khetha (choose-the-one-you-like). This was not so much an organised game but a spur-of-the-moment sport that took place when we accosted a group of girls our own age and demanded that each select the boy she liked. Our rules dictated that the girl's choice be respected and once she had chosen her favourite, she was free to continue on her journey escorted by the lucky boy she liked. But the girls were nimble-witted — far cleverer than we doltish lads. They would often confer among themselves and choose one boy, usually the plainest fellow, and then tease him all the way home.

The most popular game for the boys was thinti, and like most boys' games, it was a youthful copy of war. Two sticks, used as targets, would be driven firmly into the ground in an upright position about a hundred feet apart. The goal of the game was for each team to hurl sticks at the opposing target and knock it down. .

After games such as these, I would return to my mother's kraal where she would be preparing supper. Whereas my father once told stories of historic battles and heroic Xhosa warriors, my mother would enchant us with Xhosa legends and fables that had come down from numberless generations. These tales stimulated my childish imagination and ) usually contained some moral lesson.

Terjemahan


Masa Kanak-Kanak di Suatu Negara

Sejak usia dini, saya menghabiskan sebagian besar waktu luang saya di padang rumput bermain dan berkelahi dengan anak laki-laki lain di desa tersebut. Seorang anak laki-laki yang tinggal di rumah yang terikat pada celemek ibunya dianggap banci. Pada malam hari, saya berbagi makanan dan selimut dengan anak laki-laki yang sama ini.

Saya tidak lebih dari lima ketika saya menjadi anak kawanan merawat domba dan anak sapi di ladang. Saya menemukan keterikatan hampir mistik yang dimiliki Xhosa untuk ternak, tidak hanya sebagai sumber makanan dan kekayaan tapi juga sebagai berkah dari Tuhan dan sumber kebahagiaan.

Di ladang itulah saya belajar bagaimana untuk mengetuk burung dari langit dengan katapel, untuk mengumpulkan madu, buah, dan akar bisa dimakan, minum susu hangat, manis langsung dari ambing sapi, berenang di sungai yang jernih,dingin, dan untuk menangkap ikan dengan benang dan bit kawat yang tajam.

Saya belajar untuk tetap bertarung - pengetahuan penting untuk anak laki-laki Afrika pedesaan - dan menjadi mahir dalam berbagai tekniknya, menangkis pukulan, berbohong dalam satu arah dan menyerang yang lain, melepaskan diri dari lawan dengan gerak kaki yang cepat. Aku berkencan dengan cintaku pada padang rumput itu, ruang terbuka, keindahan alam yang sederhana dan garis akhir cakrawala hingga akhir-akhir ini.

Sebagai anak laki-laki, kami kebanyakan diserahkan ke perangkat kami sendiri. Kami biasa bermain dengan mainan yang kami buat sendiri. Kami akan membentuk hewan dan burung dari tanah liat. Kami juga biasa membuat gulungan sling dari cabang pohon. Alam adalah taman bermain kami. Bukit-bukit di atas Qunu dihiasi dengan batu-batu halus besar yang kemudian kami ubah menjadi roller coaster kami sendiri. Kami akan duduk di atas batu datar dan meluncur turun dari permukaan batu-batu besar. Kami biasa melakukan ini sampai punggung kami sangat sakit sehingga kami hampir tidak bisa duduk.

Saya belajar mengendarai dengan duduk di atas anak sapi yang disapih - setelah dilempar ke tanah beberapa kali, orang bisa mengatasinya. Suatu hari saya belajar pelajaran dari seekor keledai yang tidak bisa diatur. Kami telah bergantian memanjat naik dan turun di punggungnya dan ketika kesempatan saya datang, saya melompat dan keledai itu melesat ke semak duri terdekat. Keledai itu membungkukkan kepalanya, mencoba menggeserku, yang memang terjadi, tapi tidak sebelum duri itu menusuk dan menggaruk wajahku, membuatku malu di depan teman-temanku. Seperti orang-orang Timur, orang Afrika memiliki rasa martabat yang sangat maju, atau apa yang oleh orang China sebut 'wajah'. Aku telah kehilangan muka di antara teman-temanku. Meskipun keledai yang telah menggulingkan saya, saya belajar bahwa mempermalukan orang lain adalah dengan membuatnya menderita nasib itu hal yang tidak perlu. Bahkan saat masih kecil, saya mengalahkan lawan-lawan saya tanpa mengkhianati mereka.

Anak laki-laki biasa bermain di antara mereka sendiri tapi terkadang kita membiarkan saudara perempuan kami bergabung dengan kami. Anak laki-laki dan perempuan akan bermain game seperti ndize (petak umpet) dan icekwa (menandai).

Permainan yang saya gunakan untuk menikmati bermain dengan gadis-gadis paling banyak adalah apa yang kami sebut khetha (pilih-satu-Anda-suka). Ini bukan permainan terorganisir tapi olahraga memacu saat yang terjadi saat kami menaiki sekelompok gadis seusia kami dan menuntut agar masing-masing memilih anak laki-laki yang dia sukai. Aturan kami menentukan bahwa pilihan gadis itu dihormati dan begitu dia memilih kesukaannya, dia bebas meneruskan perjalanannya dengan mengantar anak laki-laki beruntung yang dia sukai. Tapi gadis-gadis itu gesit - jauh lebih pandai daripada pemuda bodoh. Mereka sering berunding di antara mereka sendiri dan memilih satu anak laki-laki, biasanya orang yang paling sederhana, dan kemudian menggodanya sepanjang perjalanan pulang.

Permainan yang paling populer untuk anak laki-laki itu adalah thinti , dan seperti kebanyakan permainan anak laki-laki, itu adalah salinan perang muda. Dua tongkat, yang digunakan sebagai sasaran, akan didorong kuat ke tanah dalam posisi tegak sekitar seratus kaki terpisah. Tujuan dari permainan ini adalah agar setiap tim bisa melempar tongkat ke sasaran yang berlawanan dan menjatuhkannya.

Setelah pertandingan seperti ini, saya akan kembali ke kraal ibuku dimana dia akan menyiapkan makan malam. Sementara ayahku pernah menceritakan kisah pertempuran bersejarah dan pahlawan Xhosa, ibuku akan memikat kami dengan legenda Xhosa dan dongeng yang turun dari generasi tak terhitung jumlahnya. Kisah-kisah ini merangsang imajinasi kekanak-kanakan saya dan biasanya mengandung beberapa pelajaran moral.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih