Show Menu 2

5/29/17

Mens Sana In Corpore Sano adalah

iTapuih.com - Mens Sana In Corpore Sano. Mens Sana In Corpore Sano adalah suatu mahakarya sastra populer dari seorang pujangga Romawi, Decimus Iunius Juvenalis, dalam Satire X, sekitar abad kedua Masehi. Genre sastra Romawi ketika itu umumnya berbentuk satire. Itu jugalah yang ditulis Juvenalis untuk menyindir kekonyolan-kekonyolan masyarakat Romawi, bangsanya sendiri.


Namun seiring perjalanan waktu, berabad-abad kemudian, "Mens sana in corpore sano" dijadikan jargon olahraga dan kesehatan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. "Mens sana in corpore sano" kemudian ditafsirkan agak sedikit melenceng dari makna aslinya, yaitu menjadi "Di Dalam Tubuh Yang Kuat Terdapat Jiwa Yang Sehat". begitulah kira-kira artinya dalam bahasa Indonesia.

Mens Sana In Corpore Sano ini pertama kali saya dengar sekitar tahun 2007 yang diucapkan oleh aktor senior Deddy Mizwar yang berperan sebagai Bang Jack dalam serial religi Para Pencari Tuhan. Dalam percakapan singkat dengan Agus Kuncoro yang berperan sebagai Azzam dalam serial tersebut, Bang Jack menerjemahkan arti ungkapan tersebut gaya yang cukup menggelitik "Biar Waktu Yang Berbicara". Mungkin itu hanya bagian dari dialog komedi dalam serial tersebut.


Kutipan tersebut sedikit banyak mengilhami para atlet nasional kita. Beberapa tokoh politik pun sepertinya sangat terinspirasi dengan kutipan ini. Memang kutipan ini telah jauh diterima oleh nenek moyang bangsa ini bahkan sebelum Belanda menginjakkan kakinya di bumi nusantara.

Itulah pengertian kutipan Mens Sana In Corpore Sano yang saya dapatkan dari berbagai sumber di Internet. Mohon koreksinya jika ada yang salam dalam penulisan.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih