Show Menu 2

4/15/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2009

iTapuih.com - Latihan: Soal UN SMP 2009 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2009. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2009.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2009



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1.
1. Pada soal terdapat peringatan (caution) “SWITCH OFF THE ENGINE WHILE FILLING UP A GAS TANK”. Peringatan tersebut memiliki arti (matikan mesin saat mengisi bahan bakar). Peringatan "Caution" ini pada umumnya terdapat di stasiun pengisian bahan bakan umum (SPBU) atau A petrol station. Opsi lain memiliki maksud:
- Railway station: Stasiun kereta api
- Bus station: Terminal bus
- Station wagon: Gerbong
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 2.
2. Perhatikan kalimat "I’d like to congratulate you on passing your exam" Kalimat tersebut memiliki arti (Saya ingin mengucapkan selamat atas kelulusanmu dalam ujian). Alasan Joshua mengirim kartu adalah karena Joshua ingin mengucapkan selamat kepada Ruth He wants to congratulate Ruth.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 3 dan 4.
3. Perhatikan kalimat “I can’t conic to your house to work on our project as we have planned before” (Saya tidak bisa datang ke rumahmu untuk mengerjakan proyek kita seperti yang telah kita rencanakan sebelumnya). Kalimat tersebut memberi isyarat bahwa Mira dan Dinda harus bekerja sama mengerjakan proyek mereka, pilihan yang tepat adalah Dinda and Mira have to work together on their project.
Jawaban: A

4. Perhatikan kalimat:
- “I can’t conic to your house to work on our project as we have planned before” (Saya tidak bisa datang ke rumahmu untuk mengerjakan proyek kita seperti yang telah kita rencanakan sebelumnya),
- “I’ll tell you about our plan later” (saya beritahu kamu tentang rencana kita nanti)
Dari kalimat tersebut kita dapat mengetahui bahwa tujuan Dinda menulis pesan tersebut "What did Dinda’s purpose to write such kind of message?" adalah untuk mengabarkan penundaan kegiatan To give information about delay of an activity yang telah direncanakan.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 5 dan 6.
5. Perhatikan pernyataan “We celebrate our 40th Anniversary Paul and Opal Wright” (Kami merayakan han jadi pernikahan Paul dan Opal Wright). Kalimat tersebut mengindikasikan bahwa Paul adalah suami dari Opal. Jadi pilihan yang tepat adalah Opal’s.
Jawaban: A

6. Teks yang terdapat pada soal merupakan teks jenis undangan. Tujuan undangan adalah untuk mengundang seseorang To invite someone.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 7 sampai 9.
7. Perhatikan pilihan berikut:
- Opsi (A): “Classes are held twice a week” sesuai dengan baris ke-11.
- Opsi (B): “Each, session will last for two hours” sesuai dengan baris ke-11.
- Opsi (C): “Only kindergarten students can attend the class” (hanya siswa TK yang dapat mengikuti acara) bertentangan dengan informasi baris ke-2: “Kindergarten and Primary School children”...yang dapat mengikuti acara adalah anak TK dan SD.
- Opsi (D): “They are six programmes for the holiday” sesuai dengan banyaknya program, yakni 6.
Jadi, pernyataan yang tidak sesuai dengan pengumuman di atas adalah Only kindergarten students can attend the class.
Jawaban: C

8. Ada Six programs (enam program) yang ditawarkan, yakni: 1) Supervised reading program me, 2) Creative writing 3) Poetry appreciation, 4) Art in action, 5) Speech training 6) Grooming and etiquette.
Jawaban: C

9. Kata "friendly" mempunyai arti (ramah atau bersahabat). "Friendly atmosphere", berarti (Suasana yang bersahabat), Jadi, pilihan yang mempunyai pengertian yang sama dengan suasana yang menyenangkan adalah Pleasant.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 10 sampai 12.
10. Perhatikan kalimat kelima: "It has brown eyes, too" (dia juga memiliki mata coklat). Dari kalimat tersebut, jelas bahwa mata Miko berwama coklat Brown.
Jawaban: C

11. Perhatikan kalimat keenam: "I got this pet from my friend at the beginning of 2009" (Saya mendapatkan binatang peliharaan ini dan teman saya di awal tahun 2009). Dari kalimat tersebut, diperoleh informasi bahwa penulis mendapatkan binatang peliharaan dari temannya The writer got the pet from His friend.
Jawaban: C

12. Teks pada soal membicarakan binatang peliharaan yang dimiliki oleh penulis, yakni seekor anjing yang bernama Miko dengan deskripsi karakteristik dan apa yang dilakukannya. Jadi, pilihan yang tepat adalah My lovely dog.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 13 sampai 15.
13. Perhatikan bahwa kata "It" pada kalimat kelima pargraf ke-1 "It was amazing" mengacu pada kata benda dalam pernyataan yang mendahuluinya, yakni “.... so we could see the scenery around us”. Hal ini berarti yang mengagumkan "amazing" adalah pemandangan di sekitar kampung The scenery amund the campsite.
Jawaban: C

14. Perhatikan kalimat ke-9 paragraf 2: “....the following day. We hiked others campers until afternoon”. Dari kalimat tersebut diperoleh informasi, bahwa yang penulis lakukan di hari kedua adalah mereka mendaki gunung bersama peserta camping lainnya They hiked with other campers.
Jawaban: C

15. Kata bergaris bawah "exploring" memiliki arti (menjelajahi untuk mengetahui sesuatu). Pilihan yang tepat dalah Travelling through to learn about it. Maksud pada pilihan jawaban yang lain adalah:
- Going backward and forward to watch something (surveying/inspecting).
- Observing carefully to examine something (a checking/investigating).
- Looking for something in surrounding area (searching).
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 sampai 18.
16. Perhatikan rincian "ingredients" (bahan-bahan) pada baris ke-2, yakni: “50 gram instant porridge”. Dari rincian tersebut, jelas bahwa untuk membuat bubur dengan daging serat, dibutuhkan 50 gram bubur instant.
Jawaban: B

17. Perhatikan langkah kedua pada suggested preparation: “Pour 250 cc hot water, stir well. Leave it for about 3 minutes until porridge thickened” (Tuangkan 250 cc air panas, aduk hingga merata; biarkan selama 3 menit hingga bubur mengental). Dari informasi tersebut, jelas bahwa setelah mengaduk bubur, tahap selanjutnya adalah menunggu selama 3 menit Wait for about 3 minutes hingga bubur mengental.
Jawaban: D

18. Kata bergaris bawah "thickened" berarti mengental atau memiliki pengertian (menjadi padat) Jadi, pilihan yang tepat adalah To become solid.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 19 sampai 22.
19. Perhatikan paparan paragnaf I dan 2 (baris 1 hingga 7) “A wolf saw a goat grazing at the edge of a high cliff. ... Come down here and graze beside me on safe, level ground.”
Dari paparan tersebut, kita tahu bahwa serigala meminta kambing untuk turun dari tebing dan makan rumput di tempat yang datar To graze on the level ground.
Jawaban: B

20. Kata "there" mengacu pada nama tempat yang disebutkan pada pennyataan sebelumnya, yakni: “... Aren‘t you afraid you will fall down from that cliff? “. Jadi, pilihan yang tepat adalah A high cliff.
Jawaban: A

21. Pelajaran yang dapat kita petik dan cerita tersebut adalah janganlah mudah percaya pada makhluk yang berperilaku sangat baik, Don’t easily believe in well behaved creatures. Hal ini terlihat pada teks soal yang memperlihatkan bagaimana ucapan dan perilaku yang sok ramah, sok perhatian, dan sok baik hati dan seekor serigala saat merayu seekor domba supaya domba berada di dekat serigala, yang mana serigala berniat untuk memangsanya.
Jawaban: B

22. Perhatikan kalimat pertama dan kedua:
“A wolf saw a goat grazing at the edge of a high cliff. The wolf smacked his lips at the thought of a fine goat dinner” (Seekor serigala melihat seekor kambing yang sedang merumput di ujung suatu tebing yang tinggi; si serigala mengecap-ngecapkan bibirnya membayangkan makan malam bersantapkan seekor domba yang lezat). Dari kedua kalimat tersebut kita menginterpretasikan bahwa si serigala sangat ingin memakan si domba The wolf was eager to eat the goat.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 dan 24.
23. Perhatikan informasi yang ada pada kolom 3 baris terakhir. Dari informasi tersebut kita dapat melihat bahwa jumlah sodium yang terkandung dalam jumlah per 100 g adalah 148 mg.
Jawaban: B

24. Kata bergaris bawah "ingredients" memiliki arti bahan haku atau (bahan-bahan). Dalam procedure tetx kata ingredients bisa juga disebut The materials yang digunakan dalam membuat suatu makanan.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 25 dan 26.
25. Perhatikan kalimat pertama paragraf 1: ‘The Eka Karya Botanical Garden is a unique place to visit in Bali’. Dari kalimat tersebut diperoleh informasi bahwa kebun raya Eka Karya nampak unik Unique.
Jawaban: C

26. Kata bergaris bawah "stroll" memiliki arti (jalan-jalan) Maka, pilihan yang tepat adalah Walk slowly.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 27 sampai 29.
27. Teks pada soal menceritakan catatan penulis tentang belajar bahasa Inggris lewat kegiatan-kegiatan yang menyenangkan Learning English through fun activities di sekolahnya.
Jawaban: B

28. Perhatikan paragraf 3, paragraf tersebut menginformasikan beragam hadiah yang diberikan pada kegiatan belajar bahasa Inggris Many prizes given in the event.
Jawaban: A

29. Perhatikan kalimat pertama paragraf 2 “All students from grade 1 to grade 6 joined Fun with English, so there were 3 slots for activities” (Semua siswa dan kelas I hingga kelas 6 mengikuti kegiatan bersenang-senang dengan bahasa Inggris, oleh karenanya ada tiga pembagian untuk kegiatan tersebut). Dari kalimat tersebut jelas bahwa alasan diadakannya tiga pembagian untuk kegiatan
bersenang-senang dengan bahasa Inggris adalah karena siswa dan kelas 1 hingga kelas 6 mengikuti kegiatan itu Students from grade I and 6 joined the games.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 30 sampai 33.
30. Seperti dinyatakan kalimat ke-2 paragraf 2 “The light is made by a chemical reaction inside the jellyfish”. Dari kalimat tersebut diperoleh informasi bahwa yang menimbulkan cahaya pada ubur-ubur adalah rekasi kimia Chemical reaction dalam tuhuh ubur-ubur itu.
Jawaban: C

31. Perhatikan pilihan berikut:
- Opsi (A) They belong to invertebrate animals (ubur-ubur, termasuk binatang invertebrata). Hal ini sesuai dengan informasi kalimat ke-2 paragraf 1: “They are invertebrate animals”.
- Opsi (B) bertentangan dengan informasi kalimat ke-5 paragraf 1, yakni sebenarnya ubur-ubur tidak memiliki kepala.
- Opsi (C) bententangan dengan informasi kalimat ke-6 paragraf 1, yakni ubur-ubur kenyataannya tidak memiiki otak.
- Opsi (D) bertentangan dengan informasi kalimat pertama paragraf 4, yakni ubur-ubur justru tinggal di air asin.
Jadi, pernyataan yang benar sesuai dengan teks adalah They belong to invertebrate animals.
Jawaban: A

32. Teks menjelaskan tentang ubur-ubur Jellyfish, dengan:
- ciri fisik pada paragraf 1 dan 2,
- keunikannya pada paragraf 3, dan
- habitatnya pada paragraph 4.
Jawaban: A

33. Kata bergaris bawah "glow" yang memiiki arti (bersinar atau bercahaya), bersinonim dengan kata "shine". Kata pada pilihan lain memiliki arti:
- move = bergerak,
- produce = menghasilkan,
- appear = muncul.
Sinonim glow yang tepat adalah Shine.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 34 sampai 36.
34. Perhatikan informasi yang diberikan pada 6 baris pertama: “New Romantic Garden Restaurant... We offer traditional Indonesian food for reasonable prices in a romantic garden environment” (New Romantic Garden Restaurant.. .kami menawarkan makanan tradisional Indonesia dengan harga yang terjangkau dalam nuasana kebun yang romantic). Dari kalimat-kalimat tersebut, jelas bahwa makanan tradisional yang tidak mahal dapat diperoleh di New Romantic Garden Restaurant.
Jawaban: A

35. Pernyataan pada pilihan (B) berkontradiksi dengan informasi baris pertama: “The restaurant is located just outside the crowded centre...”. Faktanya adalah New Romantic Garden Restaurant terletak bukan di pusat kota, tapi di luar keramaian kota. Maka, pilihan yang tepat adalah New Romantic Garden Restaurant is in the centre of town.
Jawaban: B

36. Kata "cuisine" yang memiliki arti (masakan atau makanan), bersinomin dengan kata "food". Pilihan yang lain memiliki arti:
- beverage: minuman selain air,
- drink: minuman,
- snack: makanan ringan.
Sinonim cuisine yang tepat adalah Food.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 37 sampai 40.
37. Perhatikan kalimat pertama paragraf 3: “I told Steve to look for woman with two young girls...” (saya menyuruh Steve untuk mencari seorang wanita yang bersama dua gadis kecil...) Hal ini berarti, yang akan Steve temui berjumlah 3 orang Three.
Jawaban: C

38. Perhatikan paragraf 1: “I’m sorry 1 can't pick you up at the airport but luckily, my friend Steve can (He works at night, so he is free in the morning)” Dari kalimat-kalimat tersebut, jelas bahwa alasan Steve dapat menjemput Catherine dan kedua anaknya adalah karena dia tidak ada kerjaan di pagi hari He is free in the morning.
Jawaban: B

39. Kata you dalam surat mengacu pada orang yang dituju oleh surat itu. Pertanyaan “Dear Catherine” (Catherine yang terhormat) mengisyaratkan bahwa surat itu ditujukan kepada Catherine.
Jawaban: A

40. Kata "luckily" yang berarti (untungnya), bersinonim dengan kata 'fortunately'. Pilihan lain memiliki anti:
- accidently = secara kebetulan/tidak sengaja,
- actually = sebenarnya, dan
- basically = pada dasarnya.
Sinonim luckily yang tepat adalah Fortunately.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 41 sampai 43.
41. Perhatikan langkah-langkah penggunaan Megatron microwave, khususnya langkah pertama. Dan langkah pertama tersebut, jelas bahwa yang hams dilakukan pertama kali (we must do first) adalah memasang stop kontak pada microwave Plug in the microwave.
Jawaban: D

42. Teks pada soal membahas tentang cara menggunakan microwave. Hal ini dinyatakan pada judul “EASY TO USE AND EFFICIENT”. Jadi pilihan yang tepat adalah How to use a microwave.
Jawaban: C

43. Perhatikan langkah 5: “The microwave oven will cook the food in a matter of minutes” (microwave oven akan memasak makanan dalam hitungan menit). Dari langkah tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa produk yang diiklankan dapat memasak dengan sangat cepat Very fast.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 44 sampai 46.
44. It basically _____ in trees. (Pada dasarnya sugar glider _____ di pohon). Kata pada pilihan jawaban memiliki arti:
- stays = tinggal (sementara),
- leaves = berangkat,
- lives =hidup,dan
- plays=bermain.
Secara konteks, kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang pada soal adalah hidup Lives.
Jawaban: C

45. “.... the Australian sugar glider has a very special _____ ” (sugar glider Australia mememiliki suatu _____ yang sangat khusus)
Bila kita hubungkan kalimat soal dengan pernyataan yang mengikutinya “It can jump from free fast like the “tupai” but it can also sort of fly” (Dia bisa melompat dari pohon ke pohon dengan cepat seperti tupai tapi dia juga bisa terbang melayang). Kata pada pilihan jawaban memiliki arti:
- skill = keahlian,
- mood = suasana hati,
- character = sifat/ciri;
- trought/throughout = sepanjang.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat soal adalah kata keahlian Skill.
Jawaban: D

46. “It can jump from free to tree ______ like the “tupai” but it can also sort of fly” (Dia bisa melompat dari pohon ke pohon ______ seperti tupai tetapi dia juga bisa terbang melayang).
Kata pada pilihan jawaban memiliki arti:
- fast = dengan cepat,
- high = tinggi,
- low = rendah, dan
- aside =rendah.
Kata but (tapi) mengisyaratkan suatu yang kontradiksi. Kebalikan dari terbang melayang (pelan) adalah terbang cepat Fast.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47 dan 48.
47. Urutan yang benar: Look the door after you go out. Pilihan yang paling tepat adalah 4 – 3 – 1 – 2 – 6 – 7 – 5.
Jawaban: A

48. Urutan yang benar: The journey run well although the weather was not good. Pilihan yang paling tepat adalah 2 – 6 – 4 – 1 – 7 – 5 – 8 – 3.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 sampai 50.
49. Susunan kalimat pada soal akan menjadi suatu paragraf yang padu, koheren dan logis dengan urutan:
(4) Once upon a time, there was a kingdom in Java.
(1) One day, there was a big battle in that kingdom.
(5) The king asked his Queen to save her life.
(7) In the middle of the jungle the enemies killed her guards.
(2) The Queen was lucky because she could save her life by changing herself into a golden snail.
(3) Another day an old woman saw a snail and took it home.
(6) Then she looked after it.
Susunan yang tepat adalah 4 – 1 – 5 – 7 – 2 – 3 – 6.
Jawaban: C

50. Susunan kalimat pada soal akan menjadi suatu paragraf yang padu, koheren dan logis dengan urutan:
(3) Yesterday my family went to the zoo.
(6) We bought some food to give to the animals.
(1) Before lunch we fed some birds in the park.
(5) In the afternoon we saw the animals being fed.
(4) When we returned home we were to the zoo.
(2) But we were happy because we had so much fun.
Susunan yang tepat adalah 3 – 6 – 1 – 5 – 4 – 2.
Jawaban: B

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2009

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2009 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih