Show Menu 2

4/3/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2010

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2010 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2010. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2010.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2010


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2010

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16.
16. Pesan di dalam teks adalah ucapan belasungkawa kepada seseorang yang putrinya meninggal dunia. Dalam bahasa lnggris, ungkapan bela sungkawa atau ucapan duka cita disebut sebagai condolence. Maka jawaban yang tepat adalah Expressing condolences.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 17 sampai 19.
17. Paragraf pertama berarti "We have reviewed your application for credit, and it is our pleasure to inform you that an account has been opened for your company." (Kami telah mempelajari permohonan kredit Anda, dan dengan senang hati kami memberitahukan bahwa sebuah rekening telah dibuka untuk perusahaan Anda.) Jadi, surat dalam bacaan berisi tentang persetujuan atas permohonan kredit sebuah perusahaan A company credit account approval.
Jawaban: E

18. Pertanyaan pada soal, Apakah yang diperlukan untuk memperoleh akses cepat terhadap file anda? Jawaban pertanyaan tersebut bisa dilihat pada kalimat terakhir pada teks. "When you call, please have your account number available, in order that we might have quick access to your file.” (Ketika Anda menghubungi kami, mohon menyebutkan nomor rekening Anda, agar kami bisa mendapatkan akses cepat terhadap data file Anda). Jadi, untuk mendapatkan akses cepat yang diperlukan adalah Nomor rekening Account number.
Jawaban: E

19. Kalimat “Please feel free to use your account as often as you wish” berarti (Mohon tidak perlu sungkan-sungkan untuk menggunakan rekening Anda sesering yang Anda kehendaki). Dengan kata lain, rekening tersebut bisa digunakan kapan saja dibutuhkan Mr. Shoji can use his account anytime he needs.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 sampai 22.
20. Isi "announcement" (pengumuman) bisa diketahui dari kalimat teks "Our neighborhood will hold a Fund Raising Activity next month." (Lingkungan disekitar kita akan menyelenggarakan aktifitas penggalangan dana bulan depan) Jadi, pengumuman tersebut tentang Fund Raising Activity.
Jawaban: E

21. Pertanyaan soal “Where can Ms. Maryam accept her neighbors questions?” berarti (Di mana Nona Maryam bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tetangganya7) Jawaban dan pertanyaan di atas bisa diketahui dan kalimat teks "If you have any questions, please feel free to contact Ms. Maryam as chief program coordinator at her house from 07.00 a.rn—03.0O p.m. Monday to Friday." (Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan menghubungi Nona Maryam sebagai ketua koordinator program di rumahnya mulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 03.00 sore, Senin hingga Jumat. Jadi, Nona Maryam bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tetangganya di rumahnya. Maka, pilihan yang tepat adalah At her house.
Jawaban: A

22. Kalimat soal "If you have any question, please feel free to contact Ms. Maryam" berarti (Bila Anda mempunyai pertanyaan, mohon jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi Nona Maryam) Kalimat di atas menunjukkan bahwa Nona Maryam slap sedia menjawab atau memberikan informasi yang Anda butuhkan. Ms. Maryam is always ready to give information you need.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 dan 24.
23. Teks pada soal membicarakan tentang pembangunan/pengembangan apartemen terbaru di Bali, yaitu Sunwel Beach Residences Ketewel.
Jawaban: A

24. Dari kalimat teks "All apartments with view to the sea, full hotel amenities, large pools, spa, fitnes, sauna & steam, parking, restaurant" bisa diketahui bahwa yang tidak ditemukan dalam teks iklan adalah Website.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 25 sampai 28.
25. Pertanyaan pada soal "Which of the following statements do you agree with?" (Pernyataan mana dari beberapa pernyataan berikut yang anda setuju?) Jadi, pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan adalah The bird was very thankful to the farmer.
Jawaban: D

26. Pernyataan yang menunjukkan keadaan rumah baru petani, bisa dilihat pada paragraf terakhir. Yaltu, pada kalimat "There he built a hut of perfumed wood. ..." (Di sana dia membangun sebuah gubuk/rumah dengan kayu wangi, ...). Jawaban yang tepat adalah Built of perfumed wood.
Jawaban: E

27. Pelajaran yang dapat diambil dan cerita dalam teks adalah bahwa ‘Setiap perbuatan baik akan mendapatkan pembalasan yang baik.’
Terjemahan dari masing-masing pilihan:
A. Hadiah menunjukkan kebaikan
B. Pendentaan membawa kebahagiaan.
C. Bertengkar membuat kita tertekan
D. Perbuatan balk akan mendapatkan balasan balk
E. Tidak punya halt membuat Anda terasing
Maka jawaban yang tepat adalah A good deed deserves a reward.
Jawaban: D

28. Informasi utama paragraf ke-3 adalah burung-burung menyambut gembira kedatangan petani itu. Pilihan yang tepat adalah The birds welcomed the farmer.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 29 dan 31.
29. Informasi utama dalam wacana bisa dilihat dari kalimat teks ” ... fire damaged 14 stores today in the cross county shopping center" (... hari ini, kebakaran merusak 14 toko di pusat perbelanjaan Cross County...) Pilihan yang tepat adalah A fire in the shopping center.
Jawaban: C

30. Kalimat soal mempunyai arti: Kebakaran telah berlangsung kira-kira selama ....“ Dari kalimat teks “The fire started at 4.40 p.m. and was declared under control at 6.14 p.m.” (Kebakaran dmmulai jam 4.40 sore dan dinyatakan terkendali jam 6.14 sore) bisa diketahui bahwa kebakaran telah berlangsung kira-kira 90 menit One and a half hours.
Jawaban: D

31. Dari kalimat pada teks "" dan "" bisa disimpulkan bahwa jumlah "investigators" dan fighters adalah tujuh Seven.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 32 dan 34.
32. Pertanyaan "What did the writer and his roommate do last weekend?" (Apa yang dilakukan penulis dan teman sekamarnya diakhir pekan lalu) Yang dilakukan penulis adalah pergi ke museum seni They went to an art museum.
Jawaban: B

33. Ide pokok paragraf kedua adalah The writer liked all the art displayed at the museum.
Jawaban: C

34. Pernyataan yang tidak sesuai dengan Ryan adalah Ryan liked all the art displayed.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 35 sampai 38.
35. Ide pokok pada paragraf pertama bisa dilihat pada bagian teks "By giving up their jobs in order to become house husbands, men increase their risk of heart attack or coronary disease by as much as 82%, according to research based on 10 year study of 2.500 people in Boston, USA." Jadi, ide pokoknya adalah The result of the research showed that house husbands tend to have heart attacks.
Jawaban: E

36. Pernyataan tersebut ditemukan pada paragraf kedua yaitu "According to Dr Elaine Eaker, the key to the problem is that some men became stressed" Maka, pilihan yang tepat adalah Dr Elaine Eaker.
Jawaban: C

37. Teks tersebut adalah "Explanation text" yang berjuan untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu proses bisa terjadi. Maka, jawaban yang tepat adalah To explain to readers why house husbands are subjects to heart attack.
Jawaban: D

38. Pada kalimat “... that some men became stressed about performing a role not traditionally assigned to them by society” dan dan kalimat “Most men are not used to performing a variety of activities simultaneously.” Jadi, yang menyebabkan menjadi seorang ayah yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga tertekan adalah karena mereka tidak terbiasa menjalankan tugas-tugas yang tidak sesuai peranannya dalam masyarakat. Pilihan yang tepat They are not used to doing house keeping.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39 sampai 42.
39. Isi wacana memberikan gambaran tentang rumah tradisional masyarakat toraja The description of a traditional house of Toraja.  
Jawaban: D

40. Kata They” pada kalimat "... and even they build modern ... mengacu pada orang/masyarakat Toraja Toraja people.
Jawaban: D

41. Dari kalimat teks “.... the ordinary people to makaka”, diketahui bahwa julukan untuk masyarakat biasa (awam) adalah Makaka.
Jawaban: B

42. Pada paragraf ke-3 dijelaskan "buffalo" (kerbau) merupakan suatu simbol, yaitu pada kalimat “The buffalo is a symbol of status, courage, strength, and fighting spirit.” Jadi, yang tidak mencerminkan simbol kerbau adalah pengecut Cowardice.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 43 dan 46.
43. Paragraf pertama menyebutkan bahwa
antibiotik bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti "Meningitis, Tonsillitis, Tuberculosis, dan Scarlet fever”. Sedangkan, yang tidak disebutkan bisa disembuhkan oleh antibiotik adalah Chicken pox.
Jawaban: C

44. Paragraf kedua menjelaskan bagaimana anti biotik bisa menghancurkan atau merusak mikroba yang tidak berbahaya dan paragraf keempat berbicara tentang bagaimana mikroba patogen memindahkan bahan genetis kepada mikroba non-resistant. Jadi paragraf dua dan empat menceritakan tentang Paragraph two tells how antibiotics destroy harmless microbes and paragraph four describes how the pathogenic microbes transfer genetic material to non-resistant microbes.
Jawaban: E

45. Pemakaian antibiotik yang tidak tepat bisa menimbulkan beberapa dampak, yaitu kerusakan organ dan jaringan (paragraf 3), mikoba pantogen berembang (paragraf 2), memusnahkan mikroorganisme yang tidak berbahaya (paragraf 2), menimbulkan infeksi baru yang disebut "suprainfection" (paragraf 2). Jadi, pernyataan yang tidak merupakan dampak dari penggunaan antibiotik yang tidak benar adalah Pathogenic microbes become nonresistant.
Jawaban: D

46. Kata “Distinguish" berarti “Membedakan” Pilihan pada option adalah:
“Vary" = beragam
“Compare" = membandingkan
“Correlate" = mengaitkan
“Contradict” = berlawanan
“Differentiate" = membedakan
Maka, sinonim dari distinguish adalah Differentiate.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47 sampai 50.
47. Alasan atau argumen yang diberikan pihak yang “Disagree" atau tidak setuju dengan penggunaan obat-obatan bisa dilihat dari kalimat "prohibited because they violate the spirit of sport but because they can damage the health of athletes”. (dilarang karena tidak saja melanggar semangat olahraga, tetapi juga karena bisa merusak kesehatan atlet). Maka, jawaban yang tepat adalah Athletes health is badly affected.
Jawaban: A

48. Dampak pelarangan penggunaannya bisa dilihat pada teks “The main effect of banning such substances has turned performers and their coaches into liars and cheaters.” Maka, jelah pilihan yang tepat adalah Cheaters.
Jawaban: C

49. Bacaan temasuk teks pendapat "discussion" yang dimaksudkan untuk menampilkan beberapa pendapat yang berbeda mengenai isu atau masalah tertentu. Jadi, tujuan writer adalah To expose readers with the issue.
Jawaban: E

50. Sikap atau pendapat penulis dalam masalah ini bisa dilihat pada bagian akhir wacana, yaitu bersifat negatif dan tidak setuju. Maka, pilihan yang tepat adalah Negative.
Jawaban: C

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2010

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2010 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih