Show Menu 2

4/17/17

Pebahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2010

iTapuih.com - Latihan: Soal UN SMP 2010 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2010. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2010.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2010



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1.
Menurut notice tersebut “In emergency push switch to shutdown laser” (dalam keadaan bahaya dorong tuas untuk mematikan laser). Jadi teks di atas menjelaskan bahwa kita harus mematikan laser dalam keadaan darurat.
- have to (harus)
- may (boleh)
- are not allowed to (dilarang)
- are forbidden to (dilarang)
Maka pilihan yang tepat adalah Have to.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 2.
2. Students Union Organization memberi selamat pada Juliette karena dia memenangkan lomba pidato "her winning the speech contest". Hal mi dinyatakan dalam teks “Congratulations on your success to be the winner of the Speech Contest ....“ Jawaban yang tepat adalah Her winning of the speech contest.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 3.
3. Tati memberitahukan pada Santi bahwa nenek mereka meninggal. Sesuai dengan teks "I’ve just got the news that our grandmother passed away two hours ago". Berarti jawaban yang tepat adalah The death of their grandmother.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 4 dan 5.
4. Meeting tersebut membahas tentang persiapan akhir untuk lomba PORSENI 2010 "The final preparation for the PORSENI 2010 competition" Hal mi dinyatakan dalam bacaan “Agenda: The inal preparation for the PORSENI 2010 competition.
Jawaban: B

5. Rapat tersebut akan diselenggarakan pada siang han (in the afternoon) karena dinyatakan dalam teks pada jam 1.30 p.m.- 2.30 p.m. Meeting diadakan In the afternooon.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 6 dan 7.
6. Rapat tersebut untuk membahas tentang persiapan urituk menghadapai ujian nasional. Hal ini sesuai dengan yang dinyatakan dalam bacaan “Topic: National Examination preparation.” Maka, kita bisa menyimpulkan tujuan meeting adalah To talk about the preparation for the national examination.
Jawaban: A

7. Dari bacaan dapat disimpulkan bahwa meeting (rapat) tersebut diadakan sebelum ujian nasional, The meeting is done before the national examination.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 8 sampai 11.
8. Keseluruhan isi bacaan menginformasikan tentang Jennifer Lopez jadi bacaan tersebut tentang Jennifer Lopez.
Jawaban: B

9. Ketika punya masalah J.Lo selalu menelpon orang tuanya. Dijelaskan dalam paragraf terakhir bahwa “... she always phones them if she has a problem” Maka jawaban yang tepat adalah Phones her parents.
Jawaban: B

10. Pada paragraf keempat menceritakan tentang kegiatannya ketika dia sedang tidak bekerja. “If J.Lo is not working for a film or making record..." Jadi ide utama paragraf keempat adalah J.Lo’s lifestyle on her free days.
Jawaban: C

11. They dalam kalimat “They get on very well together” mengacu pada J.Lo dan saudara perempuannya “she’s got two older sisters and they get on very well together”. Jadi untuk soal refers to dicari jawabannya dari kata-kata yang ada di depannya J. Lo and her sisters.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 12 sampai 14.
12. Teks di atas menjelaskan tentang Sragen. Biasanya topik terdapat di awal atau akhir kalimat. Dan dalam bacaan tersebut topic terletak di awal kalimat . “Sragen is one of the regencies in Central Java.” Maka pilihan yang tepat adalah Sragen.
Jawaban: C

13. Yang melewati daerah Sragen adalah sungai Bengawan Solo (The Bengawan Solo river). Dijelaskan di paragraf pertama bans ke 3. “ ... In the middle of the area flows the longest river in Java, Be’ngawan Solo....” Maka pilihan yang tepat adalah The Bengawan Solo River.
Jawaban: A

14. Kata "this" dalam "This area is about 56 km² which consists... “ mengacu pada the Sangiran Dome. Dalam paragraph 2 dinyatakan “The Dome itself is situated in the Depression of Solo in the north-west slope of Mount Lawu. This area is about 56 km which consists of three districts in the Sragen Regency...” Maka pilihan yang tepat adalah The Sangiran Dome.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 15 sampai 17.
15. Yang membawa Bu Damiri ke klinik adalah tetangganya "her neighbour". Dijelaskan dalam kalimat terakhir paragraf kedua. “The neighbour soon put out the fire and took Yusuf mother to the clinic.” Jawabannya adalah Her neighbour.
Jawaban: C

16. Gagasan utama paragraf dua adalah Yusuf meminta tetangganya untuk membantu "Yusuf asked his neighbour for help". Dinyatakan dalam baris kedua. “But he ran to the neighbour’s house and asked his neighbour to come and help his mother” Jawabannya adalah Yusuf asked his neighbour to help.
Jawaban: C

17. Tetangga membantu memadamkan api dan membawa Bu Damiri ke klinik "He put out the fire and took Mrs.Damiri to the clinic". Jawaban tersebut dijelaskan dalam kalimat terakhir paragraph kedua. “The neighbor Soon put out the fire and took Yusuf's mother to the clinic.” Jawabannya adalah He put out the fire and took Mrs. Damiri ot the clinic.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 18 sampai 22.
18. TopiK atau ide utama dalam bacaan bisa terdapat di awal atau akhir bacaan. Karena bacaan tersebut menerangkan tentang pertandingan baseball tercepat yang pernah tercatat maka bacaan tersebut tentang The fastest baseball game on record. Kalimat tersebut terdapat dalam kalimat pertama.
Jawaban: A

19. Took place artinya terjadi, maka kata yang artinya sama adalah happened. Sedangkan  Hastened (mengencangkan) found (menemukan) matched (menyesuaikan) Sinonim Took place adalah Happened.
Jawaban: A

20. The game between Winston-Salem and Asheville finish at 1:59 (Pertandingan antara Winston-Salem and Asheville selesai pada jam 1:59). Jawaban tersebut terdapat pada paragraph terakhir baris ke-4. The game was over at 1:59.
Jawaban: B

21. Ide utama paragraf terakhir adalah pertandingan baseball tercepat yang pernah tercatat dimainkan selama 3 menit. “The game started at 1;28. The game was over at 1:59.” Jadi lama permainannya 1:59-1:28 = 31 menit. Jawabannya adalah dalam 31 menit agar tim tamu tidak ketinggalan kereta In only 31 minutes so that the visiting team could catch the train
Jawaban: D

22. Dapat disimpulkan dan bacaan bahwa tim Asheville sangat memikirkan situasi lawan mainnya. (The Ashville team was thoughtful of their opponent’s situation.) Karena Winston Salem harus pulang pada han itu juga dan kereta terakhir berangkat jam 2 maka mereka meminta pertandingan dimulai lebih awal dan tim Ashville setuju. Jawabannya ada dalam kalimat terakhir paragraf pertama. Jawabannya adalah The Ashville team was thoughful of their opponents’situation.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 dan 24.
23. Panjang kotak pensil tergantung pada benda yang akan dimasukkan ke dalamnya The items we are going to put there. Jawabannya terdapat dalam langkah pertama. “Choose the size you want. If you want to put longer items you will need a longer pencil case.”
Jawaban: A

24. Menurut bacaan dapat disimpulkan bahwa kita harus kreatif dalam mendekorasi kotak pensil agar hasilnya bagus. Dalam bacaan dinyatakan “decorate with your own art work ...“ Maka, jawaban yang tepat adalah Creative.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 25 sampai 28.
25. Ketika air keluar Sunan Kalijaga ada di balik bukit. “You must inform me when water comes out. I will he behind that hill” Maka, jawaban yang tepat adalah Behind the hill.
Jawaban: D

26. Ki Rangga dan pembantunya menjadi kura-kura karena mereka lupa pesan Sunan Kalijaga. “You forgot my message to inform me when the water comes out. Instead, you are pal ying in the water like a turtle” Maka, jawaban yang tepat adalah Because they disobeyed Sunan Kalijaga’s message.
Jawaban: A

27. Formed = membentuk, jadi kata yang artinya sama adalah brought about. sedangkan, turned info (mengubah) took away (membawa) looked after (merawat). Sinonim formed adalah Brought about.
Jawaban: C

28. Yang dapat kita pelajari dan bacaan di atas adalah jangan melanggar janji, untuk mendapatkan jawaban kita bisa memahami pada paragraph terakhir Don’t break your promise.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 29 sampai 31.
29. Dan bacaan kita bisa belajar untuk menunjukkan cinta kita pada ibu. Jawaban berikut dapat dilihat pada paragraf kedua baris ke— 4 “...the man realized that he must show his love to his mother while she was alive" Maka, jawabannya adalah Show our loves to our mothers.
Jawaban: A

30. Setelah membelikan gadis itu setangkai mawar, laki-laki tersebut mengantarkan gadis tersebut ke makam ibunya He took the girl to her mother’s cemetery
Jawaban: B

31. Gagasan utama pada paragraph pertama adalah seoang laki-laki membantu seorang gadis kacil dengan membelikannya setangkai bunga A man helped a girl by buying her a flower. Dijelaskan pada bans ke-6. “I’ll buy you a rose”
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 32 dan 33.
32. Teks berikut yang menjelaskan rincian komposisi supplement. Tujuan teks tersebut adalah memberikan informasi rinci mengenai supplement To give detailed information about the supplement
Jawaban: C

33. Kata artflcial (buatan) memiliki arti yang sama dengan unnatural (buatan). Sedangkan,
original (asli) pure (murni) inexpensive (tidak mahal)
Sinonim artflcial adalah Unnatural.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 34 sampai 37.
34. Keseluruhan bacaan tersebut menerangkan tentang hambu (bamboo). Selain itu dapat diLihat dan kalimat pertama “One of the most valuable and widespread plants is the bamboo” karena biasanya gagasan utama suatu bacaan ada di awal atau akhir. Maka, jawaban yang paling tepat adalah Bamboo.
Jawaban: B

35. Bagian dan bamboo yang dapat digunakan untuk membangun rumah adalah batanganya yang kosong. Dijelaskan dalam paragraf 3 bans ke-2 dan ke-3: “In East and South East Asia people use to the hollow stems for pipes and for building briges and houses” Maka, jawaban yang paling tepat adalah Hollow stems.
Jawaban: B

36. “In East and South East Asia people use to the hollow stems for pipes and for building briges and houses” . Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa bamboo punya banyak kegunaan di Asia Timur and Asia tenggara Bamboo has multi purpose uses in East and South East Asia.
Jawaban: A

37. Gagasan utama paragraf ketiga adalah bambu adalah tanaman yang sangat berguna. Pada paragraf tiga dijelaskan tentang manfaat bambu yang bermacam-macam mulai dan makanan sampai rumah. “Bamboo products range from food to houses” Maka, jawaban yang tepat adalah Bamboo is a very useful plant.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 38 sampai 41.
38. Dijelaskan pada kalimat pertama "A storm is a disturbance of the ordinary conditions of the atmosphere accompanied by wind, rain, snow, sleet, hail (frozen rain), or thunder and lighting." Teks tersebut tentang badai Storm.
Jawaban: A

39. Badai kecil yang disertai dengan angin kencang yang teijadi dalam waktu singkat disebut “time tornado or twister”. Pada baris kelima dan keenam dinyatakan “the tornado or twister a small but intense storm with very high winds, usually of limited duration” Maka, jawabannya adalah A twister.
Jawaban: B

40. Ordinary artinya biasa, jadi kata yang sama artinya adalah normal. Sedangkan, unusual (tidak biasa) great (luar biasa) horrible (mengerikan) Sinonim kata ordinary adalah Normal.
Jawaban: B

41. Dan bacaan dapat diketahui bahwa the extra tropical cyclone dan the tropical cyclone berbeda dalam hal ukuran. Maka perbedaannya dalam hal ukuran Size.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 42 dan 43.
42. Menurut bacaan waterboom adalah suatu taman air yang berstandar internasional.
Hal mi dijelaskan dalam kalimat pertama "Watterboom Jakarta is an international standard waterpark . ..“ jadi jawaban yang benar adalah It is an international standard waterpark.
Jawaban: B

43. Dan bacaan dapat diketahui hahwa waterslide ride is fun (baris kelima). Kata fun (menyenangkan) mempunyai arti yang sama dengan exciting. Sedangkan, Boring (membosakan) horrifying (mengerikan) frightening (menakutkan).
Sinonim fun adalah Exciting.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 44 dan 45.
44. Kegiatan yang akan dilakukan Rajiv pada malam han di Devon Mountain adalah duduk di sekitar api unggun dan menyanyi. Dinyatakan dengan jelas pada bans kelima. “At iight we’ll sit around the fire and sing songs”. Maka, jawaban yang tepat adalah Sit around the fire and sing.
Jawaban: D

45. Mereka pergi ke Devon Mountain karena Devon Mountain adalah tempat yang bagus untuk berkemah dan mendaki. “We are planning to go to the Devon Mountain. It’s a nice place for camping and hiking. “Jadi jawabannya adalah They’re going to camp and hike.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46 dan 48.
46. Ilmuwan ... bahwa peningkatan gas di atmosfer akan membuat bumi menjadi tempat yang panas. Jadi jawaban yang tepat adalah untuk memperkirakan Predict.
Jawaban: D

47. Pada kenyataannya rata-rata sudah meningkat. Tahun 1990-an merupakan dekade terhangat yang pernah tercatat. Jadi jawaban yang tepat adalah suhu Temperature.
Jawaban: C

48. Beberapa ilmuwan enggan mengatakan bahwa global warming sebenamya sudah dimulai karena iklim ... berbeda-beda dari tahun ke tahun dan dekade ke dekade). Jadi, jawaban yang tepat adalah Naturally.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 sampai 50.

49. Urutan yang tepat adalah Don’t leave children under five year unattended (jangan tinggalkan anak dibawah lima tahun sendirian). Jadi jawabannya adalah 4 – 6 – 3 – 2 – 1 – 7 – 5.
Jawaban: C

50. Untuk mengurutkan paragraf rumpang harus dicari intinya terlebih dulu. Susunan
yang tepat adalah 3 – 4 – 5 – 2 – 1.
3. The Leaning Tower of Pisa is campanile of the cathedral and the third oldest structure in Pisa’s cathedral square.
4. It is situated behind the Cathedral and the third oldest structure in Pisa’s cathedral square.
5. The height of the tower is 55.86 m from the ground and the width of the walls is 4.09 m.
2. Between 1990 and 2001, the tower leaned at an angle of 5.5 degrees, but now the leans at about 3.99 degress.
1. This means that the top of the tower is 3.9 m if the tower stands perfectly vertical.
Jawaban: A

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2010

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2010 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih