Show Menu 2

8/9/16

Penjelasan dan Penggunaan Comma (Koma) Terlengkap

iTapuih.com - Penjelasan dan Penggunaan Comma (Koma) Terlengkap. Comma (,) adalah punctuation atau tanda baca yang berfungsi menunjukkan jeda singkat. Gunakan Comma (koma) untuk memisahkan unsur-unsur dalam serangkaian (tiga atau lebih hal). Aturan umum dari penggunaan comma (koma) adalah tidak ada spasi kosong sebelum comma, namun tambahkan satu spasi kosong setelah tanda koma tersebut. Oleh karena itu, penggunaan koma dalam bahasa Inggris dapat membuat kalimat anda lebih rapi dan jelas. Namun, terlalu banyak koma mungkin akan mengganggu pembaca; terlalu sedikit mungkin akan membuat teks sulit untuk dibaca dan dipahami.


Ini adalah penggunaan yang paling umum dan jelas dari Comma, tetapi juga bisa digunakan dalam beberapa situasi lainnya.
NoUsingExample and Translate
1Comma digunakan memisahkan tiga atau lebih item yang berurutan. Penggunaan comma sebelum kata “and” optional.Jack has two blue bags, one white hat and some red ties.

Jack memiliki dua tas biru, satu topi putih dan beberapa dasi merah.
2Comma digunakan pada conjunction Use a comma + a little conjunction (and, but, for, nor, yet, or, so) untuk menghubungkan independent clauses.He hit the ball well, but he ran toward third base.

Dia memukul bola dengan baik, tapi ia berlari menuju base ketiga.

I want to be a master in English, so I have to take a course.

Saya ingin menjadi master dalam bahasa Inggris, jadi saya harus mengambil kursus.
3Comma berguna untuk memisahkan angka ribuan dan jutaan, namun jangan gunakan koma pada bilangan desimal.I have only 5,000 yen.

Saya hanya punya 5.000 yen.
4Comma digunakan sebelum tahun, jika dalam fomat sebagai berikut : bulan, hari, tahun.I lived in Batam until August 17, 2016.

Saya tinggal di Batam sampai 17 Agustus 2016.
5Full stop digunakan setelah introductory elements. After his long nap this afternoon, Jacob looks better.

Setelah tidur siang yang panjang, Jacob terlihat lebih baik.
6Comma digunakan untuk memisahkan adverbial conjunction.However, I don’t like some fruits.

Namun, saya tidak suka beberapa buah-buahan.
Sebenarnya masih banyak lagi aturan dalam penggunaan Comma (Koma) itu sendiri, beberapa diantaranya memang optional dan tidak dikhawatirkan terjadi misreading. Seperti penjelasan saya diatas, tanda koma akan membuat tulisan anda lebih rapi dan jelas. Jadi, gunakan tanda koma sesuai kebutuhan tulisan anda.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih