Show Menu 2

6/3/16

Penjelasan dan Contoh Letter Terlengkap

iTapuih.com - Penjelasan dan Contoh Letter Terlengkap. Latter (surat) merupakan salah satu alat komunikasi yang ditulis atau dicetak diatas kertas dan dimasukkan kedalam amplop untuk selanjutnya dikirimkan kepada seseorang lewat kantor pos. Pada era-modernisasi sekarang ini tak bisa dipungkiri kalau orang-orang sudah jarang menulis dan mengirim surat lewat kantor pos. Tetapi saat kita duduk dibangku sekolah maka kita diharuskan mempelajari tentang surat menyurat ini. Surat dibagi kedalam beberapa jenis yaitu Formal leter, Informal letter dan Business letter. Berikut saya akan bahas satu persatu tentang jenis-jenis surat diatas.


Definition of Letter Text

Letter is a written message from one party to another containing information, fact and application. Letter atau surat adalah sebuah sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari suatu pihak kepada pihak lain.

Purpose of  Letter Text

The purpose of the Letter is to inform or convey about information from one party to another. Dapat disimpulkan surat berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, cerita maupun informasi dari seseorang kepada orang lain

Generic Structure of Letter

Terdapat beberapa bagian penting yang harus kita ketahui dalam membuat sebuah surat (letter) yaitu :
  • Heading
a. Sender Address : alamat dari si pengirim surat
b. Name and Receiver Address : nama dan alamat si penerima surat
c. Date : tanggal, bulan, dan tahun penulisan surat
d. Greeting : Sapaan bagi si penerima surat, biasa dikenal juga dengan istilah “salutation”, misalnya "Dear Nicky" atau "Dear sir"
  • Body
Isi surat yang menceritakan tentang kepentingan pribadi orang yang menulis surat tersebut.
  • Closing
Berisi salam penutup dari pengirim bagi penerima surat.
Farewell Phrase : berisi salam penutup dari pengirim bagi penerima surat berupa Yours truly, Yours sincerely, Yours faithfully, Regards, etc.
Signature and Name : Bagian tanda tangan dan nama pengirim.

Example and Translate

1. Formal Letter (Surat resmi)
Formal Letter atau surat resmi adalah surat yang dibuat suatu instansi, organisasi atau lembaga perusahaan tertentu yang ditujukan kepada seseorang atau lembaga tertentu lainnya. Misalnya : surat dinas, surat kepada kepala sekolah, surat lamaran pekerjaan dan lainnya.

Contoh
Padang, May 20, 2016

To:

Jack Thomson
The general manager
Tapuih Company
Bright Street, no.3
Jakarta Barat, Jakarta, 54321

Dear Sir,

I would like to inform you that I decided to quit my position as Marketing Manager in Tapuih Company, effective on May 20, 2016.

Thanks for the support and the opportunity that you had given for me since I worked at this company. I really enjoyed my precious years for cooperating with you and all the employees of this company. Actually this is a difficult decision for me to leave this company. But I realized that I have to develop my career in different field and places. Hopefully, this company keeps moving forward and constantly developing.

If there is a job I have to finish before I go, please inform me.

Thank you for your attention and wisdom.

With Regards,

John Nathan

Artinya
Padang, 20 Mei 2016

Jack Thomson
General manager
Tapuih Company
Bright Street, no.3
Jakarta Barat, Jakarta, 54321

Dengan Hormat,

Saya ingin menginformasikan kepada Anda bahwa saya memutuskan untuk berhenti dari posisi saya sebagai Marketing Manager di Tapuih Company, terhitung pada tanggal 20 Mei 2016.

Terimakasih atas dukungan dan kesempatan yang telah Bapak berikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Saya sangat menikmati tahun-tahun berharga saya selama bekerja sama dengan bapak dan seluruh karyawan perusahaan ini. Sebenarnya ini merupakan keputusan yang sulit bagi saya untuk meninggalkan perusahaan ini. Namun saya menyadari bahwa saya harus mengembangkan karier saya pada bidang dan tempat yang berbeda. Semoga perusahaan ini tetap maju dan terus berkembang.

Jika ada suatu pekerjaan yang harus saya selesaikan sebelum saya pergi, mohon informasikan kepada saya. Terimakasih atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak.

Dengan Hormat,

John Nathan

2. Informal Letter (Surat tidak resmi)
Informal Letter atau surat tidak resmi  adalah surat pribadi yang berisi masalah atau kepentingan pribadi seseorang dan dikirimkan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa informal (bahasa tidak baku). Misalnya : surat kepada saudara, surat kepada sahabat dan lainnya.

Contoh
Dear Jane,
Thanks for your present, I really like your gift. How are you, friend? I hope you’re well. How about your family in Padang? I really miss them, specially your father Mr. Steven. I remember when we’re going to Mentawai for surfing. He taught me how to surf, it was unforgettable moment. Padang was a beautiful place.

I live in Bandung now. Last night, my family planned to go to Padang. we will be in Padang for 3 weeks in vacation. We will go on March. I hope we can meet again.

Oke I will send you an email soon.

Best wishes,

Kane

Artinya
Kepada Jane,

Terima kasih untuk pemberianmu, saya benar-benar suka hadiahmu. Bagaimana kabarmu, sobat? Aku harap kamu baik baik saja. Bagaimana keluargamu di Padang? Aku benar-benar merindukan mereka, khususnya ayahmu  Mr. Steven. Saya ingat ketika kami pergi ke Mentawai untuk berselancar. Dia mengajar saya bagaimana cara surfing (berselancar), itu momen yang tak terlupakan. Padang adalah tempat yang indah .

Saya tinggal di Bandung sekarang. Tadi malam, keluarga saya berencana untuk pergi ke Padang. Kita akan berada di Padang selama 3 minggu. Kami akan pergi pada bulan Maret. Saya harap kita bisa bertemu lagi sobat.

Oke saya akan mengirimkanmu email segera .

Berharap yang terbaik,

Kane

3. Business Letter (Surat resmi)
Business Letter atau surat bisnis adalah surat yang digunakan dalam kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan. Misalnya : surat perintah kerja, surat perjanjian, surat pemberhentian hubungan kerja, surat komplain pengiriman barang dan lainnya.

Contoh
Tapuih Company, Inc
123 Alphabet Street
Los Angeles, California 90002

15 October 2016

Mr. John Doe
Customer Service Representative
Galore Computer, Inc.
987 Nano Street
Miami, Florida 33111

Dear Mr. Doe:

I am writing you concerning a recent purchase of computers. Approximately two weeks ago, on October 1, I ordered a total of 50 computers for Tapuih Company, Inc. via the Galore Computer client webpage. I received an email notification two days later confirming the receipt of payment and the shipment of the computers. According to your website, shipments should reach their destination within 3-5 business days of being sent, but I have yet to receive the computers. Do you have any information on what may have happened to delay the shipment or where the shipment is currently?

I have worked with Galore Computer, Inc. in the past and have the greatest confidence in your products and customer service. We need the shipment of computers soon, however, and I hoped you might be able to provide me with an idea of when I can expect them. Thank you in advance for any help you might be able to offer.

Sincerely,

Sam Brown
Vice President of Tapuih Company, Inc.
555-555-5555
Tapuih@companyinc.com

Artinya
Tapuih Company, Inc
123 Jalan Alphabet
Los Angeles, California 90002

15 October 2016

Mr. John Doe
Customer Service Representative
Galore Computer, Inc.
987 Nano Street
Miami, Florida 33111

Dear Mr. Doe:

Saya menulis Anda tentang pembelian beberapa komputer. Sekitar dua minggu yang lalu, pada tanggal 1 Oktober, saya memesan total 50 koputer untuk Tapuih Company, Inc melalui halaman web Galore Computer. Saya menerima email pemberitahuan dua hari kemudian mengkonfirmasikan penerimaan pembayaran dan pengiriman komputer. Menurut situs Anda, pengiriman akan sampai tujuan mereka dalam waktu 3-5 hari kerja, tapi saya belum menerima komputer. Apakah Anda memiliki informasi tentang apa yang mungkin terjadi mengapa menunda pengiriman atau di mana pengiriman saat ini?

Saya telah bekerja sama dengan Galore Computer, Inc sejak lama dan memiliki keyakinan terbesar dalam produk dan layanan anda terhadap pelanggan. Kami perlu pengiriman komputer segera, dan saya berharap anda mungkin bisa memberikan solusi kapan saya dapat kiriman tersebut. Terima kasih sebelumnya atas bantuan anda.

Sincerely,

Sam Brown
Waki Presiden dari Tapuih Company, Inc.
555-555-5555
Tapuih@companyinc.com

Exercise
Jl. Gajah Mada 10
Padang 21010
Sumatera Barat

November 14,2015

Lucy Anna
Jl.Panglima 2
Jakarta 12983
Dear Lucy,

My parents and I are in Bali now. We are staying in Basco hotel. our room is big and cozy. It is near the beach.

This is my second visit to Padang and Padang still wonderful. There are many things to see and to do here. The beaches and culinary are awesaome. The public transportation (Angkot) are also interesting.

So far, we  have shopped a lot. I bought some T.shirt and hundreds of wooden accessories. My mom bought some beautiful souvenirs and my father bought a large painting. The painting is not only beautiful but also very expensive.

I will return to Pasaman next week hope to see you again soon.

Love,

Jane Wiliam
Read the text carefully and choose the best answer of each questions! 
1. Where is Jane Wiliam?
A. In Medan
B. In Samarinda
C. In Jakarta
D. In Padang
E. In Malang

2. What is the purpose of the text ?
A. To tell Lucy about the hotel
B. To inform Lucy about Jane’s plan
C. To share the joy of Jane’s birthday
D. To tell Lucy about Jane’s activity in Padang
E. To entertain Lucy about his activity

3. What is so special abaout the hotel ?
A. It has very large swimming pool
B. It makes Jane feel home
C. It is close to the beach
D. It has so many rooms
E. Poor quality service

4. What did Jane’s mother buy ?
A. Wooden accessories
B. A painting
C. A statue
D. T.shirt
E. Some souvenirs  

5. What is kind of letter above?
A. Business letter
B. Informal letter
C. Formal letter
D. Complaint letter
E. Company letter

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih