Show Menu 2

4/21/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2016

iTapuih.com - Latihan: Soal UN SMP 2016 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2016. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2016.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2016



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1 sampai 3.
1. Berdasarkan teks tersebut, tanggal 23 maret memperingati sebagai ulang tahun/hari jadi sekolah. Maka, jawaban yang tepat adalah The school anniversary.
Jawaban: C

2. Dari pernyataan berikut "For more info, meet Mrs. Andini." Jadi, Kepada siapa yang harus kita temui untuk mendapatkan informasi lebih rinci? Jawabannya adalah Ms. Andini.
Jawaban: B

3. Kata "awarded" memiliki makna (diberikan) yang memiliki arti sama dengan kata "given" (diberikan). Sedangkan pilihan lain memiliki arti asked (ditanyakan) covered (ditutupi) delivered (dikirimkan). Sinonim kata awarded adalah Given.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 4 dan 5.
4. Untuk mendapatkan kesimpulan dari text bisa kita lihat pada pernyataan "I’ll pick you up at the airport. Just give me details of your flight." (Aku akan menjemput Anda di bandara. Hanya memberi saya rincian penerbangan Anda.) Maka, jawaban yang tepat adalah She will meet with Rendy at the airport.
Jawaban: D

5. Dari pertanyaan "How does Tyas feel to know that Rendy is coming?" (Bagaimana Tyas merasa tahu bahwa Rendy datang?) Jawabannya bisa kita temukan pada kalimat "I’m wondering what you mean. Could you explain it, please?" dari kata "wondering" (bertanya-tanya dalam hati) kita bisa menemukan jawaban Curious.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 6 dan 7.
6. Yang menemani Janet ke rumah bibinya bisa kita ketahui pada pernyataan "I have to visit my aunt with my mother. " Jadi, yang menemani Janet adalah ibunya Janet's mother.
Jawaban: B

7. Window shopping artinya melihat-lihat, baik melihat barang-barang yang di toko maupun ditempat lain tanpa bermaksud ingin membeli. Pada pengertian tersebut kita bisa mengetahui bahwa makna dari Window shopping sama dengan Looking at goods in shops without buying.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 8 dan 9.
8. Alasan pengunjung memilih IKONYO Grand Hotel adalah fasilitas yang ditawarkan hotel tersebut It offer good facilities.
Jawaban: D

9. Kesimpulan yang bisa kita ambil dari layanan iklan tersebut adalah:
There is a minimarket at the hotel (tidak ada dalam iklan)
Parents with small children should pay more (salah, karena anak kecil dibawah 5 tahun gratis)
We can hold a wedding party at IKONYO Hotel (tidak ditemukan dalam teks)
Certain food are available in the restaurants (benar, karena ada beberapa restoran yang disebutkan dalam iklan tersebut) Jadi, yang menemani Janet adalah ibunya Certain food are available in the restaurants.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 10 sampai 12.
10. Pengumuman yang ada pada sekolah tersebut secara keseluruhan menerangkan tentang lomba menulis Descriptive text. Maka, jawaban yang tepat adalah Writing project.
Jawaban: C

11. Selama libur semester, para siswa diminta untuk mengerjakan tugas membuat teks deskriptif mengenai hewan. Maka, jawaban yang tepat adalah Doing project of descriptive text.
Jawaban: A

12. Kata "submit" memiliki makna (mengumpulkan) yang memiliki arti sama dengan kata "collect" (mengumpulkan). Sedangkan pilihan lain memiliki arti bring ( membawa) take (mengambil) send (mengirim). Sinonim kata submit adalah Collect.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 13 dan 14.
13. Dan undangan tersebut pembaca dapat mengetahui bahwa ulang tahun akan diadakan pada sore hari. Maka, jawaban yang tepat adalah In the afternoon.
Jawaban: D

14. Dalam undangan tersebut diinformasikan bahwa, jika ingin mendapatkan informasi yang lebih, dapat menghubungi Lisa. Maka, jawaban yang tepat adalah For confirmation, we can contact Lisa.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 15 dan 16.
15. Yang membuat pesan singkat atau memo kepada Pak Wienfield adalah sekretarisnya. Jadi, jawaban yang tepat adalah The secretary of Mr. Winfield.
Jawaban: D

16. Dalam pesan singkat tersebut, PakWienfield meminta Andrew untuk mengklarifikasi tentang penundaan rapat. Jadi, jawaban yang tepat adalah Clarify the postponement.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 17 sampai 19.
17. Paragraf kedua menceritakan aktivitas penulis selama piknik: berenang, makan slang bersama, menikmati pemandangan, melihat burung dan kupu-kupu. Jadi, jawaban yang tepat adalah The writer did some fun activities during their picnic.
Jawaban: B 

18. Lihat paragraf kedua: "Seeing the clear and cool water of the river, my friends and I decided to swim." (Melihat air sungai yang jernih dan sejuk, teman-temanku dan aku memutuskan untuk berenang.) Jadi, jawaban yang tepat adalah The water was cool and clear.
Jawaban: C 

19. Jawaban A dan D salah, karena ketika mereka tidak bisa menyalakan mobil, mereka berusaha menyalakannya lagi, dan akhirnya berhasil dengan mendorong mobil itu. Jawaban B juga tidak tepat, karena meskipun mereka lelah, tetapi mereka senang. Jadi, ada kemungkinan mereka akan berpiknik lagi. Jadi, jawaban yang tepat adalah Got home a bit late.
Jawaban: A 

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 sampai 23.
20. Dari paragraf kedua "... showing a wide range of anatomical and physiological features which conserve water." kita bisa menemukan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah Conserve water.
Jawaban: C 

21. Secara garis besar paragraf ketiga tersebut membahas tentang ciri khas kaktus. Jadi, jawaban yang tepat adalah The characteristics of cacti.
Jawaban: D

22. Kata "blooming" mempunyai arti yang sama dengan "flowering" yaitu (berbunga). Sedangkan, pilihan lain mempunyai arti performing (melakukan) increasing (meningkat) creating (menciptakan). Jadi, sinonim kata blooming adalah Flowering.
Jawaban: B

23. Dari pernyataan "They are often used as ornamental plants, but some are also crop plants." kita bisa mengetahui bahwa kaktus sering dijadikan sebagai tanaman hias. Jadi, jawaban yang tepat adalah Ornamental.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 24 sampai 27.
24. Pertanyaan "How is the wet cell phone dried?" (Bagaimana handphone basah dikeringkan?) jawaban yang paling logis untuk mengeringkan handphone yang basah adalah dengan cara mengelap dengan kain lembut atau handuk. Maka, jawaban yang tepat adalah By using soft cloths or a towel.
Jawaban: A

25. Langkah berikutnya yang harus kita lakukan setelah meletakkan handphone di atas handuk kertas atau kain lembut adalah Remove all other accessories and protective cards.
Jawaban: B

26. Kata "it" jelas mengacu kepada "the phone". Karena, logikanya benda yang memungkinkan bisa dicas adalah The phone.
Jawaban: C

27. Kata "soft" mempunyai arti yang sama dengan "downy" yaitu (lembut). Sedangkan, pilihan lain mempunyai arti rough (kasar) thick (tebal) tentle (lemah lembut). Jadi, sinonim kata soft adalah Downy.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 sampai 30.
28. Dalam narrative text atau dongeng tersebut diceritakan tentang burung gagak dan kerang. Cara burung gagak meminta burung gagak yang lepar adalah dengan memintanya untuk mengambil kerang dengan paruhnya. Jadi, jawaban yang tepat adalah By picking up the oyster with his beak.
Jawaban: D

29. Tempat dimana burung gagak menaruh atau menjatuhkan kerangnya adalah di batu yang lebar. Jadi, jawaban yang tepat adalah Onto a wide rock.
Jawaban: D

30. Nilai moral yang terkandung dalam dongeng tersebut adalah kita seharusnya tidak langsung mempercayai orang yang menawarkan bantuan kepada kita. Jadi, jawaban yang tepat adalah Do not be fooled by people who offer help.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 31 sampai 34.
31. Teks tersebut membahas tentang "black widow" secara umum. Maka, jawaban yang tepat adalah The black widow spider in general.
Jawaban: C

32. Perhatikan paragraf terakhir "The venom makes the animal sick but usually does not kill them." Hewan yang mencoba untuk memakan laba-laba ini akan menderita sakit. Maka, jawaban yang tepat adalah The animal will get sick because of the venom.
Jawaban: B

33. Perhatikan paragraf terakhir "Black widow spiders primarily eat insect that they trap in their webs." Dari pernyataan tersebut kita bisa mengetahui bahwa makanan utama laba-laba ini adalah Insects.
Jawaban: C

34. Kata "slender" mempunyai arti yang sama dengan "slim" yaitu (ramping/langsing). Sedangkan, pilihan lain mempunyai arti huge (besar) small (kecil) thick (tebal). Jadi, sinonim kata slender adalah Slim.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 35 sampai 37.
35. Teks tersebut secara keseluruhan membahas tentang fafa sahabat dari sang penulis. Maka, jawaban yang tepat adalah The writer's best friend.
Jawaban: D

36. Ide pokok dari paragraf kedua membahas tentang karakter dan sikap yanng baik dari fafa. Maka, jawaban yang tepat adalah Fafa has good characters.
Jawaban: A

37. Kata "interact" (berinteraksi) mempunyai arti yang sama dengan "communicate" yaitu (berkomunikasi). Sedangkan, pilihan lain mempunyai arti react (reaksi) introduce (memperkenalkan) influence (mempengaruhi). Jadi, sinonim kata interact adalah Communicate.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 38 sampai 40.
38. Pada dongeng tersebut diceritakan tentang keong mas. Seorang nenek menemukan keong mas, kemudian membawa keong tersebut ke rumahnya dan merawatnya dengan baik. Jadi, jawaban yang tepat adalah She brought it to her house and took care of it.
Jawaban: D

39. Gagasan utama dari kedua paragraf bacaan tersebut adalah sang nenek menemukan seekor keong mas. Jadi, jawaban yang tepat adalah The old woman who looked after a snail.
Jawaban: C

40. Pada akhir cerita dijelaskan bahwa sang nenek akhirnya diminta untuk tinggal di kerajaan bersama sang Ratu. Jadi, jawaban yang tepat adalah The king's palace.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 41 sampai 43.
41. "Adult butterflies can only feed on liquids usually nectar." (Kupu-kupu dewasa hanya bisa mengonsumsi cairan, biasanya nektar.) Jadi, kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah cairan Liquids.
Jawaban: D

42. "Which functions as a drinking straw," (Yang mana berfungsi sebagai sedotan minum) Jadi, kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah sebagai As.
Jawaban: D

43. "It then opens the long, tubular structure and bring up the nectar." (Ini kemudian membentangkan struktur tubular panjang dan mengeluarkan makanan.) Jadi, kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah mengeluarkan/membawa keluar Brings.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 44 sampai 46.
44. "On that day, Risma and her classmate planned to climb a mountain." (Pada hari ini, Risma dan teman sekelasnya berencana mendaki gunung.) Jadi, kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah hari Day.
Jawaban: A

45. "She thought she was mistaken about the time." (Dia pikir dia keliru tentang waktu itu.) Jadi, kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah pikir Thought.
Jawaban: B

46. "As soon as she got in, Risma was very surprised and embarrassed to know there were no one in the bus except her and the driver. " (Begitu dia masuk, Risma sangat terkejut dan malu mengetahui bahwa tidak ada seorang pun di dalam bus kecuali dia dan supirnya.) Jadi, kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah begitu As soon as.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47 dan 48.
47. Penyusunan yang paling tepat adalah "They were sleeping when a stranger came in." Urutan yang tepat adalah 8 – 5 – 7 – 1 – 4 – 6 – 3 – 2
Jawaban: C

48. Penyusunan yang paling tepat adalah "All students agree to go but Joko doesn't." Urutan yang tepat adalah 7 – 5 – 8 – 6 – 3 – 2 – 1 – 4.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 dan 50.
49. Berikut ini adalah susunan paragraf yang baik dan benar.
1. Aim carefully at the pins at the end of the lane.
4. Firstly, pick up the ball carefully with your thumb, middle and ring fingers.
5. Then take a step forward toward it.
6. Next, as you take the next two steps swing the ball behind you forward.
3. Finally, crouch down and roll the ball toward the pins.
2. Cheer if you are happy with the score.
Urutan yang tepat adalah 1 – 4 – 5 – 6 – 3 – 2.
Jawaban: B

50. Berikut ini adalah susunan paragraf yang baik dan benar.
3. Transportation is the way people travel from one place to another.
5. In big cities, many people use buses and subway to get around.
1. A subway is a train that runs underground.
2. People save a lot of money and time by using it.
4. It is cheap and runs fast.
Urutan yang tepat adalah 3 – 5 – 1 – 2 – 4.
Jawaban: B

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2016

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2016 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih