Show Menu 2

4/20/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2012

iTapuih.com - Latihan: Soal UN SMP 2012 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2012. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2012.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2012



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1 dan 2.
1. Pertanyaan “Based on the text, what's prohibited to do during the examination?” (Berdasarkan pada teks, apa yang dilarang selama test?) Jawaban yang tepat dapat dijumpai pada kalimat “Calculator and dictionary are not allowed” yang artinya adalah (Kalkulator dan kamus tidak boleh dibuka.) To open a dictionary in class.
Jawaban: D

2. Maksud dari pertanyaan "From the text we can say that .... " kita diminta untuk mencari pernyataan yang sesuai dengan isi teks.
"Ayu does not need any information" (Ayu tidak membutuhkan informasi)
"Ayu should study English for the first day" (Ayu seharusnya belajar bahasa inggris pada hari pertama) padahal hari pertama pelajarannya adalah Bahasa Indonesia “ the first day is Indonesian”
"Ten minutes late is still tolerated" (Telat sepuluh menit masih ditoleransi) padahal tidak ada toleransi untuk keterlambatan “lateness is not tolerated”
Jadi, pernyataan yang tepat dan sesuai dengan isi text adalah A dictionary is prohibited during examination.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 3 dan 4.
3. Dari isi congratulation card tersebut kita bisa mengetahui bahwa pernyataan yang tepat adalh Salsa will study in the best senior high school.
Jawaban: D

4. Kata "achievement" memiliki arti (prestasi/keberhasilan). Maka pilihan jawaban yang memiliki arti kata yang sama adalah Success
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 5 dan 6.
5. Pembahasan lihat bagian teks yang menyatakan kapan dan dimana. Maka, kita bisa mengetahui bahwa pesta itu diadakan di The Castle Rooms, Uddingston.
Jawaban: C/D

6. Surat tersebut adalah undangan, pihak yang mengundang adalah Tony dan Louses Gates,mereka mengundang karena ingin merayakan kelulusan anaknya, Mathew yang telah lulus dari Glasgow School of Art. Yang sesuai dengan teks adalah pilihan Tony and Louise Gates are Mathew's parents.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 7.
7. Arti dari Notice tersebut adalah “dikarenakan banyak terumbu karang yang runcing, pengunjung dilarang untuk berenang sepanjang area ini” kata kata tersebut biasanya berada di Pantai At the beach.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 8 sampai 10.
8. Pertanyaan tersebut berarti “mengapa bank mengganti namanya? karena ...” jawaban yang paling benar adalah There are some changes in shareholding yang berarti ada penggantian dalam pembagian saham, dibuktikan dalam kalimat “The name change reflects the shareholding increase of Shapire Group Limited ...”
Jawaban: B

9. Kata "reflects" memiliki arti (mencerminkan) berikut ini arti dari masing-masing pilihan, mirrors (mencerminkan) shows (menunjukkan) makes (membuat) improves (menaikkan). Jadi, sinonim dari kata reflects adalah Mirrors.
Jawaban: A

10. Inti dari Teks tersebut adalah adanya perubahan nama pada Bank yang beralasan karena perubahan shareholder. Jadi, pilihan yang tepat adalah A change of name of a bank.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 11 dan 12.
11. Pertanyaan tersebut mengandung arti (Mana diantara penyakit berikut yang dapat disembuhkan oleh obat?) dan yang tidak ada dalam daftar adalah Cancer.
Jawaban: C

12. Teks tersebut adalah Iklan, yang bertujuan menarik pelanggan sebanyak mungkin Maka, pilihan yang tepat adalah To persuade people to use the product.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 13 sampai 15.
13.Pertanyaan ini jawabannya dapat ditemukan pada kalimat terakhir “I promise to send some fruits when they are ripe someday and let me now how they taste” Maka, jawaban yang tepat adalah The fruit are ripe.
Jawaban: B

14. Paragraph pertama menceritakan tentang Rehan bertanya bagaimana kabar dari Ivan. Rehan is asking about Ivan's life.
Jawaban: D

15. Pada dasarnya Rehan Menuli surat tersebut untuk menceritakna tentang hobby barunya yaitu menanam. Jawabannya adalah His new hobby.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 sampai 18.
16. Pada dasarnya teks tersebut menceritakan tentang cara mengusir tikus, bukan membunuhnya, dan pilihan yang paling tepat adalah Mice hate the smell of peppermint
Jawaban: D

17. Dari teks tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Peppermint is useful to repel mice.
Jawaban: B

18. Kata "them" mengacu pada Cotton balls
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 19 dan 21.
19. Kata "day time" (siang hari) pada siang hari disekitar penulis terdapat beberapa sekolah dan universitas, hal ini dapat dilihat pada kalimat “Near my house there are two schools and a university” Maka, jawaban yang tepat adalah Schools and a university.
Jawaban: C

20. Alasannya adalah karena limgkungannya yang sangat nyaman Her neighbourhood is very convenient
Jawaban: D

21. Kata commercial memiliki arti yang sama dengan business district (kawasan industri), sedangkan pilihan lain memiliki arti Convenient (nyaman) profitable (menguntungkan) appointment point (tempat janjian). Sinonim kata commercial adalah Business district
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 22 sampai 24.
22. Kata "they" dalam kalimat tersebut mengacu pada orang-orang dari luar kota People from out town
Jawaban: A

23. Ide pokok dari paragraph ke tiga adalah patung membantu orang – orang dari luar kota menemukan tempat dengan mudah. Maka, jawaban yang tepat adalah The statues help people to find places easily.
Jawaban: A

24. Pada umumnya teks tersebut menceritakan tentang Cow statues in Boyolali yang berarti patung sapi di boyolali.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 25 sampai 27.
25. Pertanyaan tersebut berarti (Apa yang dilakukan ibu dari penulis ketika ada guncangan) jawabannya dapat dilihat pada paragraph 3 “I heard my dad was praying while Mom tried to soothe me” (Saya mendengar ayah saya berdoa dan ibu saya mencoba untuk menenangkan saya) Maka, jawaban yang tepat adalah She was calming the writer down.
Jawaban: B

26. Pada dasarnya bacaan tersebut menjelaskan pesawat yang akan mendarat dalam keadaan cuaca yang buruk “Our plane landed safely at the airport under that extreme weahter” ng artinya (Pesawat tersebut mendarat dalam keadaan cuaca yang sangat buruk) Maka, jawaban yang tepat adalah The bad weather.
Jawaban: A

27. Inti dari ide pokok dalam paragraph dua dapat ditemukan pada kalimat pertama “a crew announced the passengers that we were going to land in the airport in a few minutes” Maka, jawaban yang tepat adalah A crew was announcing that they were going to land soon.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 sampai 30.
28. Melalui kalimat "Although Tom was trying hard to grip the collar, Paddy was running after the rabbit. That was the last time he saw Paddy". Kita bisa menemukan jawaban bahwa kata "he" mengacu pada Tom.
Jawaban: B

29. Pertanyaan (Bagaimana Paddy bisa lolos) berdasarkan isi bacaan kita bisa tahu bahwa jawabannya adalah He saw a rabbit and ran after it .
Jawaban: C

30. Cerita tersebut menceritakan tentang kembalinya sang anjing. Pilihan yang tepat adalah The coming back of the lost dog .
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 31 sampai 34.
31. Soal ini berarti “What happened to the chrysalis after few days?” (Apa yang terjadi pada kepompong setelah beberap hari?) Jawaban dari kalimat awal pada paragraph dua dan menceritakan kalau kepompong telah berubah menjadi kupu kupu sehingga jawaban paling cocok adalah The chrysalis had become a butterfly.
Jawaban: B

32. Inti cerita pada paragraph pertama adalah seorang semut yang menemui kepompong tidak dapat berbuat apa apa,dan semut tersebut merasa kasihan pada kepompong tersebut sehingga pilihan jawabannya adalah The ant was feeling sorry fot the chrysalis.
Jawaban: C

33. Pada dasarnya kisah pada teks tersebut mengisahkan tentang semut dan kupu kupu. Maka, jawaban yang tepat adalah The ant and the chrysalis
Jawaban: B

34. Nilai moral dari teks tersebut adalah kita tidak boleh tertipu oleh penampilan orang lain. Maka, jawaban yang tepat adalah The appearance may be deceptive
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 35 sampai 38.
35. Pertanyaan tersebut berarti “What did they feel on their way to find a big city?” (Apa yang mereka rasakan pada perjalanan mereka menuju ke kota besar) dan jawaban tersebut dapat dilihat pada paragraph ke tiga “it was a hot day,and they soon began to feel tired” sehingga jawabannya adalah Tired.
Jawaban: D

36. Pembahasan. pertanyaan ini artinya adalah (Mengapa salah satu katak menaiki punggung katak yang lain?) jawabannya adalah karena dia tidak dapat melihat kota pilihan It could not see the city.
Jawaban: C

37. Pembahasan. Set off (pergi) Gave up (menyerah) decided (memutuskan) stopped (berhenti). Sinonim dari kata set off adalah Left.
Jawaban: A

38. Dalam cerita si katak yang melihat dengan arah yang salah tetap berpendapat walaupun pendapatnya salah,dan si katak satunya mempercayainya sehingga mereka gagal mendapatkan apa tujuan mereka. Pesan moral dari teks tersebut adalah jangan pernah mempercayai pendapat seseorang tanpa bukti yang kuat. Maka pilihan yang tepat adalah Never trust within a single opinion without other evidences
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39 sampai 42.
39. Pertanyaan ”Which one creates Jellyfish's light?” ini berarti (Apa yang membuat cahaya pada ubur ubur?) jawabannya bisa ditemukan pada kalimat “The light is made by a chemical reaction inside the jellyfish”. Maka, jawaban yang tepat adalah Chemical reaction.
Jawaban: C

40. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah They belong to invertebrate animals.
Jawaban: A

41. Secara umum teks tersebut menceritakan tentang Jellyfish.
Jawaban: A

42. Kata “glow” memiliki arti yang sama dengan shine (bersinar) pilihan yang lain move (bergerak) produce (meproduksi) appear (menampakkan). Sinonim dari kata glow adalah Shine.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 43 dan 45.
43. Arti dari masing-masing pilihan adalah for (untuk) from (dari) since (sejak) during (selama) pilihan yang tepat adalah During.
Jawaban: D

44. Teks tersebut adalah teks recount, teks ini menggunakan kalimat simple past tense. Sehingga kata yang digunakan adalah past simple (kata kerja bentuk kedua) Maka, pilihannnya adalah Came.
Jawaban: B

45. Arti dari masing-masing pilihan adalah park (taman) store (toko) job (pekerjaan) room (ruangan) pilihan yang tepat adalah Park.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46 sampai 48.
46. Arti dari masing-masing pilihan adalah bad (buruk) nice (menyenangkan) scentless (tak sedap) unpleasant (tak menyenangkan) pilihan yang tepat adalah Nice.
Jawaban: B

47. Teks tersebut adalah teks descriptive, teks ini menggunakan kalimat simple present tense. Sehingga kata yang digunakan adalah infinitive (kata kerja bentuk pertama) Maka, pilihannnya adalah Touch.
Jawaban: A

48. Arti dari masing-masing pilihan adalah rough (kasar) skilful (mahir) careful (hat-hati) careless (ceroboh) pilihan yang tepat adalah Careful.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 dan 50.
49. Urutan yang benar: Malin Kundang was ashamed because of his poor mother. Pilihan yang paling tepat adalah 7 – 4 – 2 – 6 – 5 – 3 – 1 – 8.
Jawaban: C

50. Susunan kalimat pada soal akan menjadi suatu paragraf yang padu, koheren dan logis dengan urutan:
7. On Saturday, my friends and I camped on a hill nearby.
8. After setting up the tent, we took our picnic jar and had a meal together.
4. It was nice having meals in the open air.
3. Then, we walked into a waterfall.
2. It was really beautiful.
5. Unfortunately, we left our camera at home.
1. We couldn't take any photographs.
6. Finally, we decided to go back to our tent.
Pilihan yang paling tepat adalah 7 – 8 – 4 – 3 – 2 – 5 – 1 – 6.
Jawaban: B

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2012

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2012 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih