Show Menu 2

4/20/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2011

iTapuih.com - Latihan: Soal UN SMP 2011 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2011. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2011.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2011



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1.
1. Teks "notice" di atas memiliki arti pesan bahwa hanya diperbolehkan mengisi unit tersebut dengan makanan saja, tidak boleh ada zat kimia yang diizinkan. Maka, pilihan yang tepat adalah We can only put food in the unit.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 2 dan 3.
2. Pada awalnya, Rani dan Erika berencana untuk membahas mengenai proyek majalah dinding mereka sebelum Erika berhalangan. Maka, pilihan yang tepat adalah To do the wall magazine project together.
Jawaban: D

3. Coba perhatikan kalimat "My grandmother has just come and she wants me to accompany her to my aunt's house" Dari kalimat tersebut kita mengetahui bahwa Erika pada malam tersebut akan berada di rumah bibinya. Maka, pilihan yang tepat adalah In her aunt's house.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 4 sampai 6.
4. Coba perhatikan kalimat "while the other section of Guntai Aircraft stands closer to the western entrance of the monument". Dari kalimat tersebut dapat diperoleh informasi bahwa replika pesawat Guntai berada di sekitar pintu masuk bagian barat monumen tersebut. Maka, pilihan yang tepat adalah A replica of the Guntai Aircraft.
Jawaban: B

5. Jelas bahwa teks di atas membahas mengenai Monumen Yogya Kembali. Maka, pilihan yang tepat adalah The Yogya Kembali Monument.
Jawaban: C

6. Pada awal kalimat paragraf terakhir dapat kita ambil informasi bahwa monumen tersebut dikelilingi oleh kolam ikan. Maka, pilihan yang tepat adalah The Yogya Kembali Monument is surrounded by fish ponds.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 7 sampai 9.
7. Coba perhatikan kalimat "Now she was returning home with a pail of milk on her head". Dari kalimat tersebut dapat kita ketahui bahwa sang pemerah susu sedang menyanggul seember susu di kepalanya. Maka, pilihan yang tepat adalah A pail of milk.
Jawaban: C

8. Teks di atas bercerita mengenai seorang pemerah susu yang sedang melamun ketika menyanggul susu basil perahannya hari itu. Maka, pilihan yang tepat adalah A day dreaming milk-maid.
Jawaban: D

9. Teks di atas memiliki pesan moral bahwa kita janganlah berharap terhadap sesuatu yang belum tentu kita dapatkan. Maka, pilihan yang tepat adalah Don't count your chickens before they are hatched.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 10 dan 11.
10. Coba perhatikan kalimat "where guests can find many shops and restaurants". Kita ketahui dari kalimat tersebut bahwa Pasaraya Grande terdapat banyak sekali toko. Maka, pilihan yang tepat adalah Many kinds of shops.
Jawaban: C

11. Kata "cuisine" memiliki arti hidangan. Maka pilihan jawaban yang memiliki arti kata yang sama adalah Food
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 12 dan 13.
12. Coba perhatikan kalimat "The objective of the programs is to develop students' skills in English" Dan kalimat tersebut dapat kita ketahui bahwa program tersebut diselenggarakan guna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Maka, pilihan yang tepat adalah The students can increase their abilities in English.
Jawaban: C

13. Coba perhatikan kalimat "All the classes must take part in the program" Dari kalimat tersebut dapat kita ketahui bahwa semua kelas diperbolehkan berpartisipasi dalam program tersebut. Maka, pilihan yang tepat adalah All classes.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 14 sampai 16.
14. Pada keterangan di atas dapat kita peroleh informasi mengenai kondisi kacang sebelum dihaluskan, yaitu Add dry roasted peanuts and grind completely. Maka, jawaban yang tepat adalah Roast them.
Jawaban: B

15. Teks di atas memberitahu kita mengenai bagaimana cara membuat rujak buah. To show the steps in making Rujak Buah.
Jawaban: C

16. Coba perhatikan kalimat "1 tablespoon tamarind: dissolved in1/2 cup of water, strained" Jelas bahwa "tamarind" lah yang harus dilarutkan. Jawabannya adalah The tamarind.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 17 sampai 19.
17. Pilihan yang tepat adalah "it", karena sebagai kata ganti yang menerangkan subyek kalimat sebelumnya yaitu Waruga
Jawaban: A

18. Pilihan yang tepat adalah "carved", karena struktur kalimat tersebut merupakan kalimat pasif yang mana memerlukan bentuk verb ketiga yaitu Carved.
Jawaban: B

19. Tentu saja pilihan jawaban yang paling logis adalah The local people
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 dan 21.
20. Jelas dapat kita peroleh informasi dari teks di atas bahwa pesta tersebut diselenggarakan guna merayakan datangnya tahun baru. Jawabannya adalah To welcome the new year.
Jawaban: D

21. Teks di atas merupakan sebuah undangan guna menghadiri pesta perayaan tahun baru yang ditujukan ke Johana dan dikirim oleh Sandra. Jawabannya adalah To invite a friend to attend the New Year party.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 22.
22. Kalimat yang tepat adalah "The man is looking at the beautiful view of the mountain from his room." Urutan yang tepat adalah 5 – 2 – 6 – 4 – 1 – 7 – 3.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23.
23. Susunan kalimat yang tepat guna memben-tuk sebuah paragraf padu dan bermakna adalah 3 – 1 – 8 – 6 – 2 – 5 – 7 – 4.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 24 sampai 27.
24. Jaka Pandelengan dan istrinya menjadi kaya karena menanam benih padi yang diberikan oleh ayah sang istri. Pilihan yang tepat adalah Planted pari seeds.
Jawaban: C

25. Pasangan tersebut berubah menjadi candi karena dikutuk oleh Kiai Gede karena telah mengecewakan beliau. Pilihan yang tepat adalah Planted pari seeds.
Jawaban: B

26. Kata "incredible" memiliki arti "luar biasa". Pilihan jawaban yang memiliki arti paling mirip adalah Unbelievable.
Jawaban: B

27. Dari cerita di atas dapat kita peroleh pelajaran bahwa kita haruslah patuh terhadap nasihat yang diberikan oleh orang tua kita. Pilihan yang tepat adalah We have to listen to our parent's advice.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 sampai 30.
28. Teks di atas merupakan pengalaman yang dialami oleh sang penulis dan temannya. Pilihan yang tepat adalah The writer and his friend.
Jawaban: C

29. Dapat kita ketahui bahwa si penulis tidak dapat menghubungi temannya dikarenakan telepon genggam milikinya rusak. Pilihan yang tepat adalah His cell phone was broken.
Jawaban: B

30. Sejak awal si penulis mendapat masalah karena telepon genggamnya yang rusak sehingga tidak dapat menghubungi temannya untuk menanyakan keberadaan dirinya. Pilihan yang tepat adalah The writer couldn't contact his friend.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 31 dan 32.
31. Coba perhatikan kalimat "I heard from your aunt that you will work in Bali at the beginning of this year. Is that right? I am happy for you. Your dreams come true" Dari kalimat tersebut dapat diketahui bahwa impian Dimaz adalah bekerja di Bali. Pilihan yang tepat adalah To work in Bali.
Jawaban: B

32. Coba simak kalimat "You live in a warm country while I am almost freezing here". Dari kalimat tersebut dapat kita ketahui bahwa negara di mana George tinggal sekarang memiliki suhu yang dingin. Pilihan yang tepat adalah The weather in George's country is cold.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 33 sampai 36.
33. Coba perhatikan kalimat "The flesh is soft and juicy" Kata "juicy" memiliki arti berair. Jadi, bagian dari buah persik yang berair adalah daging buahnya The flesh
Jawaban: A

34. Paragraf tiga mendeskripsikan buah persik tersebut secara keseluruhan. Pilihan yang tepat adalah To describe the peach fruit.
Jawaban: B

35. Dari teks tersebut dapat kita ambil informasi bahwa buah persik tidak berasal dari Persia melainkan China. Pilihan yang tepat adalah Peaches do not originate in Persia.
Jawaban: B

36. Kata "it" tersebut merupakan kata ganti dari daging buah (flesh) dari kalimat sebelumnya. Jadi, kata it mengacu pada Flesh.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 37 sampai 40.
37. Teks di atas membahas mengenai sebuah pekerjaan sebagai perawat binatang. Pilihan yang tepat adalah The job description of animal nursery workers.
Jawaban: B

38. Pada teks tersebut dapat kita ambil informasi mengenai jenis makanan yang disiapkan para perawat binatang yang disesuaikan dengan spesies binatang itu sendiri. Pilihan yang tepat adalah The species of the animals.
Jawaban: C

39. Frasa "keep record" memiliki makna "mencatat". Maka pilihan jawaban yang paling sesuai adalah Write.
Jawaban: B

40. Tujuan penulis membuat teks tersebut adalah untuk memberikan gambaran mengenai sebuah pekerjaan sebagai perawat binatang. Pilihan yang tepat adalah To describe the job of animal nursery workers.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 41 dan 43.
41. Teks di atas membahas mengenai kegiatan dari maskapai Garuda ketika terjadi bencana erupsi Gunung Merapi. Pilihan yang tepat adalah Garuda's operation in relation to the volcanic ash of Mt. Merapi.
Jawaban: D

42. Coba simak kalimat "There has been no notification from the aviation authorities which says the airport is affected by the volcanic ash" yang mana dapat kita ambil informasi bahwa Garuda tetap beraktivitas dikarenakan tidak adanya tanda bahaya yang diberikan oleh pihak yang berwenang. Pilihan yang tepat adalah There is no notification of danger from authorities.
Jawaban: B

43. Ide pokok paragraf ketiga adalah 13 maskapai internasional lainnya yang menghentikan aktivitas penerbangan dikarenakan hambatan oleh abu vulkanik. Pilihan yang tepat adalah 13 international carries stopped their flights to Jakarta because of the volcanic ash.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 44 dan 45.
44. Dapat kita ambil informasi pada gambar yang disertakan bahwa obat tersebut berbentuk sirup cair. Maka, pilihan yang tepat adalah This medicine is in the form of syrup.
Jawaban: B

45. Pada label "direction" dapat kita ambil informasi bahwa anak berumur di bawah 6 tahun harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum dapat mengonsumsi obat tersebut. Maka, pilihan yang tepat adalah Children under 6 years.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46 dan 48.
46. Coba simak kalimat "It has two big red eyes". Jelas bahwa robot tersebut memiliki mata yang berwarna merah. Maka, pilihan yang tepat adalah Red.
Jawaban: A

47. Paragraf ketiga membahas mengenai kemampuan berjalan robot tersebut yang mana memerlukan dua buah baterai. Maka, pilihan yang tepat adalah Two batteries are needed to make the robot move.
Jawaban: B

48. Coba simak kalimat "the robot could not bend its feet and it moves forward only" Dari kalimat tersebut dapat kita ambil informasi bahwa robot tersebut tidak dapat berjalan mundur. Maka, pilihan yang tepat adalah The robot can't move backward.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 sampai 50.
49. Pada kartu ucapan tersebut Meita mendoakan Anindya guna mendapatkan banyak kebahagiaan hari itu. Maka, pilihan yang tepat adalah She wishes her many happy returns of the day.
Jawaban: A

50. Teks di atas jelas bertujuan guna mengucapkan sebuah ucapan selamat ulang tahun dan mendoakan segala kebaikan kepada yang merayakannya. Maka, pilihan yang tepat adalah To give warm wishes on someone's birthday.
Jawaban: A

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2011

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2011 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih