Show Menu 2

4/15/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2016

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2016 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2016. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2016.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2016


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2016

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 to 18.
16. Pada teks tertulis "Holliman's - for over 50 years, Cheyenne's leading office supply store" (Holliman - selama lebih dari 50 tahun, Cheyenne menimpin kantor pasokan toko). Jadi, jawaban yang tepat adalah To announce Holliman's as a leading office supply store in Cheyenne.
Jawaban: C

17. Sesuai pengumuman pada soal, mereka mengumumkan jenis bisnis mereka setelah diakusisi. Jadi, jawaban yang tepat adalah It announces the type of business Holliman's run after the acquisition.
Jawaban: E

18. Berdasarkan teks di atas "Cheyenne's leading office supply store-is proud to announce the acquisition of Foley's Business Machines" yang artinya dengan bangga mengumumkan akusisi dengan mesin bisnis mesin Foley. Jadi, jawaban yang sesuai adalah Is replaced by Cheyenne's leading office supply stem
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 19 dan 20.
19. Karena dalam teks dikatakan bahwa "Schools fail low-income children" yang artinya Sekolah menggagalkan anak-anak atau keluarga yang mempunyai penghasilan yang rendah. Sama intinya dengan Children from low-income families do not perform well in the offical assessment.
Jawaban: A

20. Pada teks tertulis "I would strongly recommend that more careful research should be conducted in the future so that your newspaper will more realistically describe the true situation in our schools." Yang menjelaskan bahwa Mr. Joan Gonzales menginginkan fakta atau nyata sesuai dengan keadaan sebenarnya. Jadi, jawaban yang tepat adalah To present information based on facts.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 21 sampai 23.
21. Pada teks tersebut terdapat kalimat "Good skin care and healthy lifestyle choices can help delaying the natural aging process and prevent various skin problems." Yang artinya (Perawatan kulit dan pola hidup yang sehat dapat menunda proses penuaan kulit dan mencegah macam-macam masalah kulit.) Berarti membuat kulit agar sehat selalu. Jadi, jawabannya adalah Tips to maintain your healthy skin.
Jawaban: D

22. Dalam teks disebutkan bahwa "Hot water and long showers remove oils from your skin." Maka jawaban yang tepat adalah Long showers and hot water.  
Jawaban: A

23. Pada teks dikatakan "Uncontrolled stress can make your skin more sensitive and trigger acne breakouts and other skin problems" artinya (Stress yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kulit akan menjadi lebih sensitif dan membuattimbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya.) Maka jawaban yang tepat adalah Uncontrolled stress can increase the level of your skin sensitivity and stimulate acne breakouts.  
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 24 dan 25.
24. Pada teks tertulis bahwa "The study found that ancient genetic material from principle bacterium, streptococcus mutant, cause dental carries. The mutant has increased its genetic material change overtime. This is possibly due to the coincidence of dietary changes that are linked with the expansion of humanity." Yang artinya adalah (Studi menemukan bahwa sebuah materi genetik dad Bakteri mutan streptococcus, menyebabkan karies gigi. Mutan telah melakukan perubahan peningkatan pada materi genetik. Hal ini mungkin karena perubahan pola makan yang terkait dengan peningkatan jumlah manusia.) Jadi, jawaban yang tepat adalah Through coincidental links with human's dietary changes
Jawaban: A

25. Pada teks disebutkan "The research, published in the proceedings of the royal society B, has investigated the bacterium in eleven individuals" yaitu (Peneliti telah melakukan penelitian terhadap sebelas individu.) Jadi, jawaban yang tepat adalah The investigation of the bacterium in eleven individuals
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 26 dan 27.
26. Pada teks tersebut "From Xinhua's report, it is unclear the extent to which the chinese government is involved in the request for the return on the artefact" yaitu bahwa China meminta Jepang mengembalikan artefak. Maka, jawaban yang tepat adalah China Federation of Demanding Compensation (CFDC) has asked Japan to return the artefact without any condition.
Jawaban: B

27. Kata "looted" berarti (dijarah). Kata yang memilild arti yang dekat, yaitu Stolen (dicuri).
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 sampai 30.
28. Pada teks disebutkan "A new video initiative is bringing the famed brown bears of Alaska's Katmai National Park directly to computers and smartphones" yang artinya sebuah (Inisiatif video barn yang membawa beruang cokelat terkenal dad Taman Nasional Katmai Alaska langsung ke komputer dan telepon pintar) Jawaban yang tepat adalah A video display of Katmai’s bears for computers and smartphones
Jawaban: A

29 Pada teks disebutkan "I think it's an unparalleled opportunity for people to get that front row seat of the lives & the bears at Brooks Camp" yang artinya bahwa (Saya pikir itu kesempatan yang langka bagi orang untuk mendapatkan kursi bans depan untuk melihat kehidupan para beruang di Brooks Camp) Jadi, jawabannya adalah Webcams enable us to see bears’ life in nature on a computer or a smartphone
Jawaban: E

30. Kata "compete memiliki arti (bersaing). Kata yang memiliki kedekatan makna adalah Fight (bertarung).
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 31 sampai 33.
31. Pada teks ditulis "It was made of wood because wood is a less critical material in wartime than metal" Yang artinya bahwa (Benda tersebut terbuat dari kayu) sesuai dengan jawaban It was very big and heavy and made of wood
Jawaban: A

32. Paragraf 2 mempunyai ide pikiran, The plane was designed by Howard Hughes in response to a U.S government request for a plane that was able to carry a large cargo for the war effort. Jadi, jawaban yang tepat adalah The plane was designed to carry a large cargo.
Jawaban: E

33. Pada akhir teks tertulis "Today, the Spruce Goose is on exhibit for the public to see in Long Beach, California" Yang artinya (Saat ini, Spruce Goose (pesawat dengan sayap yang lebar) sedang dipamerkan untuk umum di Long Beach, California) Maka, jawaban yang tepat adalah Becomes an artifact exhibited in California
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 34 sampai 36.
34. Pada paragraf di atas tertulis "This is because snakes are cold-blooded, The sun's warmth to heat their bodies up" Jadi, jawaban yang tepat adalah Require the sun's warmth to heat their bodies.
Jawaban: E

35. Karena dalam teks "They had claws to help them slither along" yang sesuai dengan jawaban Use their claws to slither along the ground
Jawaban: E

36. Pada teks dikatakan "The flying snakes glide away from danger" Yang artinya (Ular terbang meluncur pergi menjauhi bahaya) Jawaban yang tepat adalah They fly away.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 37 sampai 39.
37. Pada teks dikatakan bahwa "In the first place, people prefer to live in an apartment because it is located near strategic areas. They can save time and energy as they don't have to experience terrible traffic jam" Intinya bahwa apartemen berada dalam lokasi yang strategis dan dapat memudahkan mereka pergi ke manapun sehingga lebih praktis. Sehingga pilihan yang tepat adalah Practicality.
Jawaban: C

38. Kesimpulannya adalah "Moreover, people now enjoy practicality and this is reflected in the design of their place. Living rooms become smaller and a veranda is no longer considered an important part of the house" Yang artinya bahwa (Sekarang orang - orang lebih nyaman tinggal di rumah yang kecil) Jawaban yang tepat adalah Many Indonesian people right now enjoy living in a small house
Jawaban: A

39. Arti dari mushroom adalah jamur atau menjamur yang memiliki kedekatan arti dengan Enhance (menambah atau bertambah).
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 40 sampai 42.
40. Pada teks dikatakan "People against tourism, however, say that most of tourist's dollars am spent in international hotels owned by foreign interest groups" yang artinya bahwa (Orang - orang menolak pariwisata, bagaimanapun uang dolar dari para turis akan dihabiskan di hotel - hotel internasional) Maka, pilihan yang tepat adalah International hotel owners.
Jawaban: E

41. Pada teks tertulis 4 faktor tersebut "that tourism brings money to the town and creates employment (finance). Business owners also supports this saying that tourism promotes development in town (development). Moreover, everyone benefits from having better facilities and more shops (public facilities). Others also argue that tourism develops a better understanding of other cultures so people become more tolerant (social)". Dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat disimpulkan jawaban yang benar adalah Public facilities, development, finance, social.
Jawaban: D

42. Arti dari "restrict" adalah (membatasi) yang artinya sama dengan Limit.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 43 dan 45.
43. Teks menggambarkan dan membahas tentang Napoleon fish (ikan Napoleon). Jadi, jawaban yang benar adalah The description of Napoleon fish.
Jawaban: A

44. Pada teks disebutkan They move into shallow bays during the day to feed yang artinya dia akan ke teluk dangkal untuk mencari makanan. Jadi, jawabannya adalah Shallow bays (teluk dangkal).
Jawaban: D

45. Pada teks disebutkan They move into shallow bays during the day to feed, and tend to move into deeper waters as they grow older and large. Jawaban yang tepat adalah A Napoleon fish tend to move into shallow water as they grow older and large
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46 dan 47.
46. Urutan yang tepat adalah:
4. Jason Thomas Mraz is an American song writer who was bom on June 23, 1977.
2. The first public performance was in San Diego Coffee house in 2000.
1. In 2002, he released his debut studio album called "Waiting for My Rocket to Come".
3. In 2008, he released his third studio album entitled "We sing, We dance, We steal things."
5. In July 2014, Mraz sold over seven million albums and over million digital singles.
6. Mraz then nominated in two categories for the Grammy Awards and won two awards.
Pilihan yang tepat adalah. 4 – 2 – 1 – 3 – 5 – 6
Jawaban: C

47. Urutan yang tepat adalah:
2. To make sure the thermometer is working, switch it on first.
3. Set the temperature to zero as you can see it from the indicator.
4. Place the tip of the thermometer under your tongue, keep it in that position by closing your lips.
1. Wait for few second until you hear its beep sounds.
5. Take the thermometer out of your mounth and see your temparature.
Pilihan yang tepat adalah 2 – 3 – 4 – 1 – 5.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 48 dan 50.
48. Bagian yang rumpang "he farmer had ...  them a lot of advice" kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang kosong adalah "given" sehingga menjadi "The farmers had given them a lot of advice" yang artinya (Petani memberikan banyak nasihat) Pilihan yang tepat adalah Given.
Jawaban: B

49. Bagian yang rumpang "The farmer ...  the sticks into a bundle" kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang kosong adalah "banded" sehingga menjadi "The farmer banded the sticks into a bundle" yang artinya (Petani mengikat banyak tongkat menjadi bundel) Pilihan yang tepat adalah Banded.
Jawaban: C

50. Bagian yang rumpang "Finally, the advice worked out. After that, they lived ..." kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang kosong adalah "harmoniously" sehingga menjadi "Finally, the advice worked out. After that, they lived harmoniously" yang artinya (Akhirnya nasihatnya berhasil. Setelah itu, mereka hidu harmonis) Pilihan yang tepat adalah Harmoniously.
Jawaban: B

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2016

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2016 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih