Show Menu 2

4/13/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2013

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2013 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2013. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2013.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2013


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2013

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 dan 17.
16. Lihat pada rincian alamat kantor-kantor cabang (Branches). Jadi, klien yang tinggal di daerah Surabaya dapat pergi ke kantor cabang di Surabaya, Jalan Agiwiyata 688.
Jawaban: C

17. Pada saat ini, perusahaan memiliki 1 kantor pusat (Bandung) dan 3 kantor cabang (Jakarta, Surabaya, dan Bogor). Dari kalimat akhir bacaan, yaitu "A new branch office in Semarang will open next month" Dapat disimpulkan bahwa perusahaan tersebut akan memiliki 5 kantor di Indonesia. Pilihan yang tepat adalah They will soon have five offices in Indonesia.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 18 dan 19.
18. Kalimat pada teks berikut (paragraf 1, kalimat terakhir), "... and students who successfully complete the coursewill be offered employment in the colony's leading hotels!' (... dan siswa yang berhasil menyelesaikan kursus akan ditawari pekerjaan di hotel-hotel terkemuka dalam rekanan) menunjukkan bahwa siswa yang berhasil menyelesaikan kursus akan diberi tawaran pekerjaan di hotel-hotel besar dalam rekanan perusahaan tersebut. Maka, jawaban yang tepat adalah Jobs in big hotels in the colony.
Jawaban: C

19. Dari kalimat teks (paragraf 3, kalimat pertama) "...for students now in their thirst year at secondary school, who have good knowledoe of English ..." dapat diketahui bahwa salah satu persyaratan untuk mengajukan permohonan menjadi siswa kursus tersebut adalah kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Maka, jawaban yang tepat adalah Good knowledge of English.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 dan 22.
20. Lihatlah kalimat teks (paragraf 2, kalimat kedua): 'They often argue that killing animals for food is cruel and unethical ..."(Mereka suing berargumentasi bahwa membunuh hewan untuk makanan adalah kekejaman dan lidak beretika....). Killing animals for food is cruel and unethical.
Jawaban: B

21. Dari kedua kalimat pada teks, dapat disimpulkan bahwa pragraf ke 6 berbicara tentang argumentasi yang mendukung konsumsi caging (meat consumption) sebagai bahan makanan yang kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh manusia. Maka, pilihan yang tepat adalah For meat consumption.
Jawaban: C

22. Kesimpulan yang diungkapkan oleh penulis, yaitu "in my opinion, meat eaters don't need to feel guilty Everything we consume, including vegetables or meat, has environmental, ethical, and health consequences" (Menurut saya, pengonsumsi daging tidak perlu merasa bersalah. Apapun yang dikonsumsi, termasuk sayuran atau daging, merniliki lingkungan, keetisan, dan konsekuensi kesehatan). Kesimpulan penulis di atas bertentangan dengan penggiat kelompok vegetarian. Jawaban yang tepat adalah Proponents of vegetarianism.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 sampai 25.
23. Kata "Brave' bisa dilihat dari kalimat (paragraf 2 kalimat ketiga) "I found myself wishing for more music though, which is one of the things that I trulylove about past disneymovie."(Meskipun saya dapati diri saya mengharapkan lebih banyak musik, yang merupakan salah satu hal yang saya suka dalam film-film Disney di masa lalu). Jadi, penulis menilai musik dalam film Disney kali ini terlalu sedikit Too little dibandingkan film-film Disney sebelumnya.
Jawaban: B

24. Penilaian penulis bisa diketahui dari kalimat (paragraf 4 kalimat kedua) It's definitely not a favorite, but ...." Maka, jawaban yang tepat adalah It is definitely not the favourite.
Jawaban: A

25. Penulis masih memberi nilai "four stars" untuk film ini, dan ini menunjukkan penulis bersikap Appreciative terhadap film tersebut.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 26 dan 27.
26. Keunggulan lensa CR-39 bisa diketahui dad teks kalimat "CR-39 lenses are the most common plastic lenses due to their low weight, high scratch resistance, low dispersion, and low transparency to ultraviolet and infrared radiation." (CR-39 adalah lensa plastik yang umumnya mempunyai berat ringan, tahan akan goresan, tdak mudah rnengalarni pembiasan lensa, dan transparansi sinar ultraviolet dan infra merah rendah) Jadi, dari kalimat di atas bisa diketahul bahwa kebaikan lensa CR-39 yang cocok adalah tidak mudah tergores It is not easily scratched.
Jawaban: C

27. Alasan mengapa orang menyukai bingkai kacamata dari bahan titanium adalah karena bahan in ringan, lihat dari kalimat teks (paragraf 4 kalimat 1): "Even through the creation of light frame such as those made of titnium ..." (Bahkan melalui penciptaan bingkai kacamata ringan seperti misalnya bingkai kacamata yang di buat dari bahan titanium ...) Maka, pilihan yang tepat adalah It is light.
Jawaban: A

28. Montir (mechanic) dan pekerja pabrik (workshop) pada umumnya memakai kacamata keamanan (safety glasses) untuk melindungi mata deri serpihan-serpihen bahan yang ada pada saat bekerja. Maka, jawaban yang tepat adalah Protect against debris
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 29 sampai 31.
29. One day, Archie, his brother and sister ....... a hike in the hills (Suatu hari, Archie, kakak laki-laki, dan perempuannya ........ berjalan kaki mendaki bukit) Kata "went for" (pergi untuk) adalah kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut. Maka, pilihan yang tepat adalah Went for.
Jawaban: D

30. He stayed there in ..... With an angry look Archie showed no fear at all. (Dia tetap diem di ..... Dengan muka marah, Archie menunjukkan tidak ada rasa takut sedikit pun.) Ketika mendengar gonggongan serigala Archie tidak berlari, jadi dia tetap diam di tempatnya His place
Jawaban: C

31. It was ... of him that it slipped on the ground. (Hal itu membuatnya ... bahwa serigala itu terpeleset jatuh ke tanah) Archie merasa senang Pleased bahwa serigala itu berbalik dan berlari hingga terpeleset.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 32.
32. Susunan yang benar dan sesuai dengan cara membuat mi menggunakan microwave adalah:
3. First, load the washing machine with dirty clothes.
5. Then add 1 or 2 cups of washing powder.
1. Press the ‘on’ bottom.
2. Set the timer.
7. Now open the lid and unload the machine.
4. Put the clean clothes in the clothes basket.
6. Now hang the clothes on the clothes line.
Jadi, pilihan yang tepat adalah 3 – 5 – 1 – 2 – 7 – 4 – 6.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 33 sampai 35.
33. Lihat paragraf 4 kalimat 1 berikut, “Also to be considered is the natural environment which can be seriously threatened by too many visitors.” (Yang juga harus dipertimbangkan adalah Iingkungan alamiah, yang bisa benarb enar terancarri dengan terlalu banyaknya pengunjung.) Jadi, terlalu banyaknya pengunjung dapat merusak lingkungan alamiah. Maka, jawaban yang tepat adalah It can be destroyed by too many visitors.
Jawaban: B

34. Alasan tingkat kriminal yang naik dengan adanya kawasan industri baru adalah karena beberapa dan turis tersebut membawa barang-barang berharga yang terlihat mata. Maka, jawaban yang tepat adalah Some tourists carry visible items of wealth.
Jawaban: A

35. Kata "diagnosed" memiliki arti yang sama dengan "identified" yaitu (diidentifikasi). Sedangkan arti dari pilihan yang lain adalah: found (ditemukan) observed (diamati) identified (diidentifikasi) examined (diperiksa) healed (sembuh) Jadi, kata yang mendekati makna diagnosed adalah Identified.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 36 sampai 38.
36. Perhatikan kalimat pada pragraf 1 kalimat pertama berikut "Jakarta post: Researches have found a technique to quickly assess disorders in babies”. (Jakarta Post: Peneliti telah menemukan sebuah tehnik cepat untuk menemukan kelainan pada bayi”). Dalam teks selanjutnya dijelaskan bahwa teknik tersebut adalah Scan DNA. Jadi, wacana memba has mengeni penemuan teknik baru dalam SCAN DNA pada bayi. Maka, jawaban yang tepat adalah DNA scan technique for babies.
Jawaban: D

37. Pernyataan "This new method, published Wednesday in the magazine Science Translational Medicine, is a proof of concept that it’s possible to quickly scan a baby’s entire DNA and pinpoint a disease-causing mutation (Metode ini, yang dipublikasikan pada han Rabu di Majalah Science Translational Medicine, membuktikan dan konsep bahwa memungkinkan untuk dengan cepat mengamati seluruh DNA bayi dan menentukan penyebab mutasi penyakit). Jadi, selain untuk scanning a baby, metode baru tersebut juga berguna untuk menjelaskan kelainan fisik seorang bayi yang disebabkan mutasi gen. Maka, jawaban yang tepat adalah Detects its physical disorder.
Jawaban: B

38. Dalam konteks wacana di atas, makna yang paling dekat dengan kata "applauded" adalah "encourage" (memberi dorongan semangat). Sinonim dari kata applauded adalah Encouraged.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39 sampai 41.
39. Perhatikan kalimat terakhir pada teks, yaitu "Schumacher said he now wanted to enjoy his last sin races." (Schumacher menyatakan bahwa sekarang dia ingin menikmati ke-enam balapan yang terakhir). Jadi, Schumacher ingin menikmati enam balapan terakhirnya To enjoy his last six races.
Jawaban: B

40. Perhatikan kalimat pada paragraf pertama, yaitu: "... after failing to rekindle his old Fen-an magic in a disappointing comeback with Mercedes" (....setelah gaga) untuk menghidupkan kembali sihir Ferrari tua pada kedatangannya kembali (di dunia balap) yang mengecewakan bersama Mercedes). Dad paragraf pertama dapat diketahui bahwa Schumacher gagal memuaskan dalam kedatangannya kembali ke dunia balap bersama Mercedes. Maka, jawaban yang tepat adalah Failed to comeback with satisfying result with Mercedes.
Jawaban: E

41. Ide utama dari paragraf tersebut cukup jelas, yaitu The team had already announced ... would be replaced by McLarenS Lewis Hamilton." (Tim telah mengumumkan bahwa (Schumacher) akan digantikan oleh Lewis Hamilton dad McLarens). Maka, jawaban yang tepat Schumacher will be replaced by Lewis Hamilton.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 42 sampai 44.
42. Lihat kalimat pada paragraf ke-2 "He began researching animal cloning at the Roslin Institute near Edinburgh in 1991 ... ." (Dia (Campbell) mulai riset kloning hewan di Institute Roslin di dekat Edinburgh pada tahun 1991). Jadi, kalimat yang benar sesuai teks adalah Campbell started researching animal cloning as his experiments
Jawaban: D

43. Alasan mengapa eksperimen Keith Campbell tidak menimbulkan kekaguman secara sempuma adalah karena beberapa kalangan masyarakat masih mempertanyakan etika kloning binatang. Perhatikan kalimat pada paragraf ke-3 kalimat kedua, yaitu: "... but also anger from some who raised questions about the ethics of cloning." (... tetapi juga kemarahan dari beberapa kalangan yang mempertanyakan mengenai etika kloning.") Jadi, jawaban yang tepat adalah Some people were angry from their question about the ethics of cloning.
Jawaban: D

44. Alasan mengapa domba kloning tersebut diberi nama Dolly, mengambil atau mengikuti narna penyanyi Dolly Parton disebutkan pada paragraf ke-2: Researches at that time said that the sheep was created from a mammary gland cell, and that Parton offered an excellent example." (Para peneliti pada waklu itu mengatakan bahwa domba tersebut diciptakan dari sel kelenjar susu, dan bahwa Parton menawarkan contoh yang sangat bagus,) Jadi, alasan dinamakan Dolly adalah sel kelenjar susu yang digunakan untuk kloning pada domba berasal dari Dolly Parton. The mammary gland cell was taken from her
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 45 dan 46.
45. Media akan berhenti bekerja di Sindang Maju karena dia telah menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan lain, pernyataan ini termuat dalam kalimat ke-3 paragraf pertama, yaitu: "I have signed an employment contract with another company" (saya telah menandatangani sebuah kontrak kerja dengan perusahaan lain). Maka, jawaban yang tepat adalah Has signed a contract with another company.
Jawaban: B

46. Dari kalimat surat Nadia yang terakhir, yaitu "/ will do my best to finish my project before my leaving", dapatdiketahui bahwa Nadia berjanji untuk menyelesaikan proyek/pekerjaannya sebelum dia meninggalkan Sindang Maju. Maka, jawaban yang tepat adalah Promises to finish her project before leaving Sindang Maju.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47 sampai 49.
47. Apa yang menyebabkan terjadinya tsunami dijelaskan dad kaimat teks: "Tsunami occurs when major fault under the ocean floor suddenly slips." (Tsunami terjadi ketika patahan-patahan utama di dasar samudra tiba tiba bergeser/bergerak). Maka, jawaban yang tepat adalah A major fault under the ocean floor slips suddenly
Jawaban: B

48. Dampak tsunami disebutkan pada paragraf ke-2, yaitu: disastrous effects such as severe flooding, loss of lives due to drowning, and damage to property" Pilihan yang tepat adalah A tsunami washes ashore with often disastrous effects such as flooding and loss of lives.
Jawaban: B

49. Dari bacaan tersebut dapat diketahui bahwa tsunami menimbulkan atau menyebabkan peristiwa yang tidak menguntungkan Makes unfortunate event. Perhatikan pembahasan nornor 48.
Jawaban: C

50. fast (cepat) deep (dalam) quick (cepat) strong (kuat) week (lemah) Jadi, persamaan kata dari powerful (kuat) adalah Strong.
Jawaban: D

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2013

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2013 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih