Show Menu 2

4/9/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2012

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2012 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2012. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2012.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2012


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2012

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16.
16. Pertanyaan “Instead of a loan of 5500. what alternative is offered by the officer?” Inti pertanyaan di atas adalah menanyakan “Apa alternatif yang ditawarkan oleh petugas?” Untuk menjawab pertanyaan ini perhatikan kalimat berikut.
• .... but it is possible to grant you part of the sum.
• If you are still interested. please contact our main office to arrange an appointment with the assistant manager.
• He will be happy to discuss the matter further.
Jadi, ada pertemuan untuk mendiskusikan begian dri jumlah yang akan dikabulkan An appointment to discuss the offer.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 17 dan 18.
17. Pertanyaan “How can private companies and public officials from ASEAN countries participate in the region’s economic integration process?” Inti pertanyaan di atas adalah menanyakan cara berpartisipasi perusahaan swasta dan pejabat publik dari negara ASEAN dalam proses integrasi ekonomi kawasannya. Jawaban yang tepat dan sesuai dengan teks adalah melalui konsultasi dan dialog atau "through consultations anda dialogues". Hal ini diperjelas kalimat berikut: "We have provided several channels for ASEAN public officials and private sectors, such as regular consultations and business dialogues with industry associations and business councils from ASEAN and partner countries". Kalimat ini menjelaskan bahwa ASEAN telah menyediakan beberapa jalur untuk pejabat public dan sektor swasta, seperti konsultasi regular dan dialog bisnis dengan assosiasi industri dan dewan bisnis dari ASEAN dan negara-negara sahabat. Maka, jawaban yang tepat Through consultations and dialogues.
Jawaban: B

18.  Pertanyaan "Which ministers of ASEAN countries most probably attended the ASEAN Trade Facilitation Forum?" Inti pertanyaan di atas adalah menanyakan menteri yang paling mungkin menghadiri Forum Fasilitasi Perdagangan ASEAN. Jawaban yang tepat dan sesuai dengan teks adalah: The Trade Ministers atau Menteri Perdagangan. Hal ini diperjelas kalimat: "The forum was jointly held by the Indonesian Trade Ministry, . . ." Jawabannya adalah The Trade Ministers.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 19 dan 20.
19.  Pertanyaan "Who are specially invited to send research proposals?" Pertanyaannya adalah siapa yang khususnya diundang untuk mengirimkan proposal penelitian? Jawaban yang tepat dan sesuai dengan teks adalah ilmuwan dan profesional kesehatan masyarakat Indonesia atau "Indonesian scientists and public health professionals". Hal ini diperjelas kalimat dalam teks: "The awards will then be made to competent researchers and institutions focused on research of local scientists and public health professionals", artinya penghargaan tersebut kemudian akan dibuat untuk peneliti yang berkompeten dan institusi yang fokus terhadap penelitian dari ilmuwan dan profesional kesehatan masyarakat lokal. Maka, pilihan yang tepat adalah Indonesian scientists and public health professionals.
Jawaban: B

20. Kata "to trigger" mempunyai makna (memicu) yang sama dengan "to cause" berikut ini beberapa terjemahan dari pilihan lainnya to impact (mempengaruhi) to share (membagi) to increase (meningkatkan) to immune (membuat kebal) to cause (menyebalkan). Jadi, sinonim to trigger adalah To cause.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 21 dan 22.
21. Kalimat tanya "Why was each monkey wearing a cap on their head?' menanyakan (Alasan setiap kera memakai topi di kepalanya). Kalimat "They had evidently done it to imitate him" menjelaskan bahwa kera-kera tersebut ternyata telah melakukan itu untuk meniru penjual topi. Jadi, alasan kera memakai topi di kepala mereka adalah mereka sedang menirukan penjual topi tersebut They were imitating the cap seller
Jawaban: C

22. Kalimat "What is the moral value of the text" menanyakan "nilai moral dari teks tersebut". Pada kalimat "Monkeys are a great imitator, he thought" menjelaskan bahwa penjual topi berpikir kalau kera adalah peniru yang hebat. Dari teks, nilai moral yang bisa didapat adalah kita harus berpikir siapa yang kita hadapi atau siapa lawan bicara kita You have to know who you are talking to.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 sampai 25.
23. Kalimat "The text is about ...." mempunyai arti (teks tersebut tentang ....) Perhatikan kalimat "The water is very clear, you can expect underwater visibility of over 15 meters - ideal condition for divers" menjelaskan bahwa (Kapoposang mempunyai air laut yang jernih; kits dapat menduga jarak penglihatan di atas 15 meter - kondisi yang ideal untuk penyelam). Jadi, teks tersebut menunjukkan bahwa Kapoposang sebagai tempat untuk menyelam Kapoposang as a diving spot.
Jawaban: B

24. Kalimat "Where is Kapoposang located?' menanyakan (Dimana lokasi Kapoposang). Perhatikan kalimat "Kapoposang is one of the largest of the Spermonde Islands, around 70 km northwest of Makassar, South Sulawesi" menjelaskan bahwa (Kapoposang adalah salah satu Pulau Spermonde yang terbesar, sekitar 70 km barat laut Makassar, Sulawesi Selatan). Jadi, letak Kapoposang adalah Next to Makassar, South Sulawesi.
Jawaban: B

25. Kalimat “We know from the text that ..." mempunyai arti "Kita mengetahui dari teks bahwa ..." Pada kalimat "There were so few local divers at the time, and because of the distance from other well-known diving areas in Indonesia, Kapoposang has basically remained a secret” menjelaskan bahwa ada sangat sedikit penyelam waktu itu, dan karena jarak dari area diving lain yang telah diketahui di Indonesia, Kapoposang pada dasarnya telah menjadi rahasia. Jadi, dari teks diketahui bahwa ada sangat sedikit penyelam di pulau tersebut There are very few divers in the island.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 26 dan 27.
26. Pertanyaan "Why did PT. Eureka have a letterto PT Intemusa?" menanyakan (Kenapa PT. Eureka memberi sebuah surat pada PT. Internusa?) Perhatikan kalimat "We are interested M becoming a distributor for your software products in Palembang" menjelaskan bahwa PT. Eureka tertarik menjadi distributor perangkat lunak di Palembang. Jadi, alasan PT. Eureka memberi surat pada PT. Internusa adalah PT Eureka proposed to become a distributor for PT lntemusa products.
Jawaban: D

27.  Kalimat "We know from the letter that ...." mempunyai ark "kits mengetahui dari surat bahwa ...." Perhatikan kalimat "We are a hardware company and eager to add software products to our sales offering" menjelaskan bahwa PT. Eureka adalah perusahaan perangkat keras dan sangat ingin untuk menambah perangkat lunak pada penawaran penjualannya. Jadi, dari surat dapat diketahui bahwa PT. Eureka belum pernah menjual perangkat lunak PT Eureka has not sold software before.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 sampai 30.
28. Pertanyaan "From the text we know that remote sensing ..." mempunyai art (Dari teks tersebut kita tahu bahwa penginderaan jarak jauh ...). Perhatikan kalimat "Remote sensing is the acquisition of information about an object or phenomenon, without making physical contact with the object" menjelaskan bahwa penginderaan jarak jauh adalah perolehan informasi tentang objek atau fenomena, tanpa kontak fisik dengan objek. Jadi, penginderaan jarak jauh adalah cara mendapatkan informasi tentang objek atau fenomena Is a way to obtain information about an object or phenomenon.
Jawaban: A

29. Pertanyaan "What is the main idea of the second paragraph?" (Apa ide pokok dari paragraf ke dua?). Maka, pilihan yang tepat adalah The source of energy radiated for sensing determines whether it is the active or passive type.
Jawaban: D

30. Pertanyaan "Based on the text we can say that..." mempunyai arti (berdasarkan teks kita dapat mengatakan bahwa ....) Jawaban bisa ditemukan pada kalimat "Remote sensing is the acquisition of information about an object or phenomenon, without making physical contact with the object" menjelaskan bahwa penginderaan jarak jauh adalah perolehan informasi tentang objek atau fenomena, tanpa kontak fisik dengan objek. Karena mendapat informasi tanpa kontak fisik dengan objek, maka penginderaan jarak jauh dapat mengumpulkan informasi dari objek di daerah yang berbahaya. Jadi, jawaban yang tepat untuk melengkapi katimat tersebut adalah Remote sensing make it possible to collect information of an object in a dangerous area.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 31 dan 32.
31. Pertanyaan "What aspect of the service is promoted in the advertisement of Prime Plaza?” menanyakan (Aspek apa dari semis yang dipromosikan di iklan Prime Plaza?) Pada kalimat "..., you'll find the same guaranteed hospitality at all Prime Plaza Hotels & Resorts" menjelaskan bahwa pengunjung akan menemukan keramahan yang dijamin sama di semua Prime Plaza Hotels & Resorts. Jadi, aspek dari service yang dipromosikan adalah The hospitality
Jawaban: B

32. Kalimat "What is the text about?" menanyakan (tentang apa teks tersebut?) Perhatikan kalimat “From: Rp 409.000 ++* per room per night” Jadi, jelas iklan ini merupakan promosi hotel dan resort. Maka, pilihan yang tepat adalah The promotion of Hotel and Resorts.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 33 sampai 35.
33. Pertanyaan “What should the School do if a student can ‘t stop his/her habit to come late to school?" menanyakan (Apa yang seharusnya sekolah lakukan jika murid tidak dapat menghentikan kebiasaannya datang telat ke sekolah?) Perhatikan kalimat berikut "They can be given warnings, most of which are enough to make them try their best to reach the school on time later (Murid-murid dapat diberikan peringatan, yang cukup untuk membuat murid mencoba untuk tiba ke sekolah tepat waktu di kemudian hari). "If this fails, invite their parents to school" (Jika peningatan itu gagal, mengundang orangtua mereka ke sekolah). Maka, pilihan yang tepat adalah Talk to his/her parents.
Jawaban: D

34. Pertanyaan “What does the writer think to be the highest form of behaviour?" menanyakan (Apa yang penulis pikirkan untuk menjadi bentuk tingkah laku yang tertinggi?) Pada kalimat “Inner discipline, one that comes from an understanding of the set rules and regulations, is the highest form of behaviouR?" Menjelaskan disiplin dari dalam diri, satu bentuk disiplin dapat datang dan pemahaman aturan dan regulasi. Jadi, penulis berpikir bahwa the highest form of behaviour adalah Inner discipline.
Jawaban: E

35. Kata "precious" memiliki arti yang sama dengan "valuable" yaitu (berharga). Sedangkan arti dari pilihan yang lain adalah: valuable (berharga) excellent (baiksekali) clever (pandai) innocent (tidak bersalah) naive (naif) Jadi, kata yang mendekati makna precious adalah Valuable.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 36 sampai 38.
36. Kalimat tanya “Which of the following can produce hot water to drive generators?" menanyakan (Manakah dari jawaban berikut ini yang dapat menghasilkan air panas untuk menggerakkan generator?) Perhatikan kalimat “In one of experiment, solar ponds can produce hot water to drive generators” menjelaskan di dalam satu eksperimen kolam solar dapat menghasilkan air panas untuk menggerakkan generator. Jadi, jawaban yang dapat menghasilkan air panas untuk menggerakkan generator adalah Solar ponds
Jawaban: C

37. Pertanyaan “Which of the following statements does not agree with the text" menanyakan (Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan teks.) Perhatikan kalimat “Although they are very cheap to run, relatively they are expensive to buy and many people can’t afford them” menjelaskan bahwa meskipun sel solar sangat murah agar dapat beroperasi, secara keseluruhan sel solar mahal untuk membelinya dan banyak orang yang tidak mampu membelinya. Jadi, pernyataan yang tidak sesuai dengan teks adalah alat penting yang utama (sel solar) untuk memanfaatkan energi solar murah atau jawabannya adalah The main important device to harness the solar energy is cheap.
Jawaban: E

38. Pertanyaan “From the text, we know that . . .“ mempunyai arti (Dari teks tersebut, kita tahu bahwa ...) Perhatikan kalimat berikut! "In addition to convert sunlight directly into electricity, solar cells are needed" (Selain mengkonversi sinar matahari secara langsung menjadi listrik, dibutuhkan sel solar.) Kalimat lainnya "..., relativelytheyareexpensiveto buy and many people can’t afford them" (..., secara keseluruhan sel solar mahal untuk membelinya dan banyak orang yang tidak mampu membelinya.) Dari teks kita tahu bahwa konversi energi solar menjadi listrik mahal karena masih dibutuhkan sel solar. Jadi, jawaban yang tepat adalah Converting solar energy into electricity is expensive
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39 sampai 41.
39. Kalimat tanya “What can possibly prevent rivers and lakes from overflowing?’ menanyakan (Apa yang mungkin dapat mencegah sungai dan danau dan meluap?) Pada kalimat “Where the banks are low, a rivermay overflow and flood adjacent lowland" menjelaskan dimana tepi sungai yang rendah, sungai mungkin meluap dan membanjiri tanah rendah di sekitarnya. Dari kalimat di atas yang mungkin dapat mencegah sungai dan danau meluap adalah tepi/pinggir sungai yang tinggi. Jadi, jawaban yang tepat adalah A high bank.
Jawaban: D

40. Pertanyaan “We know from the text that ....“ mempunyai arti (Kita tahu dari teks bahwa . . .) Pada kalimat “When a flood accurs, the destruction to the surrounding land can be severe” menjelaskan ketika banjir yang disebabkan topan terjadi, kehancuran pada tanah sekitar dapat menjadi parah. Jadi, yang dapat diketahui dan teks tersebut adalah topan menyebabkan banjir yang besar Typhoons caused heavy flood
Jawaban: E

41. Pertanyaan “We know from the text that ..." mempunyai arti (kita tahu dari teks bahwa ...) Pada kalimat “Before the pumps were in vented, people formed bucket brigades to fight fires” menjelaskan sebelum pompa ditemukan, orang membentuk brigade ember untuk memerangi api. Dan teks tersebut menunjukkan bahwa orang tidak Iebih ama menggunakan ember untuk mengontrol api karena habis itu ditemukan pompa. Jadi, jawaban yang sesuai adalah People no longer use buckets to control fire.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 42 sampai 44.
42. Kalimat tanya "Who influenced Milton Friedman on economic research?" menanyakan (Siapa orang yang mempengaruhi Milton Friedman atas penelitian ekonomi) Pada kalimat "Arthur Bums shaped my understanding of economic research, ..." menjelaskan bahwa Arthur Burns membentuk pemahaman Milton Frieman atas penelitian ekonomi. Jadi, orang yang memengaruhi Milton Friedman atas penelitian ekonomi adalah Arthur F Burns
Jawaban: C

43. Kalimat tanya "What is the main idea of paragraph 3?" menanyakan (Apa ide pokok dari paragraf 3).  Pada kalimat "... was also offered a scholarship by Brown University in Applied Mathematics, but, by that time, I had definitely transferred my primary allegiance to economics" menjelaskan bahwa Milton Friedman juga ditawarkan beasiswa Brown University di bidang Matematika, tetapi pada waktu itu Milton Friedman dengan past telah mengalihkan kesetiaannya yang utama pada ekonomi. Jadi, ide pokok paragraf 3 adalah Milton Friedman was very committed in his interest and talent in economics.
Jawaban: A

44. Kalimat tanya "What did Milton Friedman do in financing his college expenses?" menanyakan (Apa yang Milton Friedman lakukan di dalam pembiayaan kuliahnya?) Pada kalimat "I financed the rest of my college expenses bythe usual mixture of waiting at tables, clerking in a retail store, occasional entrepreneurial ventures, and summer eamings" menjelaskan bahwa Milton Friedman membayar sebagian besar dari biaya kuliahnya melalui bekerja sebagai pelayan, prarnuniaga di toko rite!, kadang-kadang wiraswasta, dan bayaran musim pans. Jawaban yang sesuai dengan kalimat di atas adalah He worked as clerk in a retail store.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 45 dan 46.
45. Pertanyaan "What is the main idea of the second paragraph?" (Apa ide pokok dari paragraf ke dua?) Pada kalimat "The poor condition of their school building does not dampen their high spirits and hopes for a better future" menjelaskan bahwa kondisi bangunan dan sekolah mereka tidak mengurangi semangat dan harapan yang tinggi untuk masa depan yang lebih baik. Dari kalimat tersebut, maka ide pokok paragraf kedua dari teks tersebut adalah 'Laskar Pelangi' is about an inspiring story towards a better life
Jawaban: D

46. Pertanyaan "From the text above, we know that ...." (Dari teks kita tahu bahwa ....) Pada kalimat "Two years later the novel became a phenomenon in Indonesian literature" menjelaskan bahwa novel Laskar Pelangi menjadi fenomena di kesusastraan Indonesia. Jadi, teks di atas menunjukkan bahwa novel Laskar Pelangi adalah karya yang fenomenal dari kesusasteraan The novel of Laskar Pelangi was a phenomenal work of literature
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47 sampai 49.
47. Jadi, untuk melengkapi kalimat "I recently took a trip to New Hampshire and had what I would call my first genuine ... hiking up a mountain" adalah experience, sehingga kalimat tersebut mempunyai arti (Penulis baru-baru ini melakukan perjalanan ke New Hampshire dan mendapatkan apa yang penulis sebut pengalaman sejati pertamanya mendaki sebuah gunung). Maka, pilihan yang tepat adalah Experience.
Jawaban: A

48. Kalimat "My friend, Sean, and Madeline ... some pictures during the trip" membutuhkan kata Kerja (verb). Kata kerja yang dibutuhkan pada kalimat tersebut adalah kata kerja yang mempunyai arti mengambil, sehingga kalimat tersebut mempunyai arti "Teman penulis, Sean, dan Madeline mengambil beberapa gambar selama perjalanan. Maka, pilihan yang tepat adalah Took.
Jawaban: D

49. Kalimat "It was like a wall of water moving at an alarmingly ... pace ready to engulf us" membutuhkan kata sifatl "adjective". Karena pada kalimat di atas terdapat kata "moving" yang mempunyai arti (yang bergerak) dan terdapat kata "pace" yang mempunyai arti (kecepatan), maka dibutuhkan kata sifat yang mempunyai arti cepat atau lambat. Jadi, jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah Fast
Jawaban: E

50. Susunan yang benar dan sesuai dengan cara membuat mi menggunakan microwave adalah:
1. You can make instant noodles with the help of a microwave.
3. First, fill the bowl with 2 cups of water and the noodle
4. Microwave it for about three to five minutes
6. After the microwave beeps, wait for three minutes in the closed microwave
5. Then, take the noodles out of the microwave and pour the seasonings
7. Next, stir the noodles until the seasonings dissolve
2. Finally, add any items that you want and serve the noodles
Jadi, pilihan yang tepat adalah 1 – 3 – 4 – 6 – 5 – 7 – 2.
Jawaban: B

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2012

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2012 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih