Show Menu 2

4/6/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2011

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2011 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2011. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2011.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2011


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2011

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 dan 17.
16. Pronoun (kata ganti) 'it' pada kalimat "... important to make it as realistic as ..." mengacu pada kata benda (noun phrase) pada pernyataan yang hadir sebelumnya : "Good acting and good story can make a play interesting". Yang tergolong noun phrase adalah good acting, good story dan a play; karena good acting dan good story dirangkai oleh kata and, maka dianggap satu kesatuan sehingga kata gantinya adalah they. Dengan demikian, kata ganti it pada kalimat soal mengacu pada A play.
Jawaban: B

17. Good acting and good story can make a play interesting. It is equally important to make it as realistic as possible with suitable costumes, props and sets. Be creative but don t forget to have fun. Pesan di atas memiliki dua titik berat, yakni to make a play interesting (pada kalimat pertama) dan to make a play realistic (kalimat kedua). Ungkapan its im-portant to ..., be ..., dan don t lazimnya digunakan untuk menyatakan suatu imperative (perintah/saran). Dengan demikian, jelas bahwa teks di atas adalah tentang Advice to make the play realistic and interesting.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 18 dan 19.
18. Informasi pada pengumuman diawali dengan seruan (request): All library books have to be returned on the twenty-second of May, 2009 [semua buku perpustakaan harus dikembalikan pada tanggal 22 Mei 2009). Kalimat selanjutnya memerikan tata-cara, prosedur, dan sanksi dari seruan keharusan pengembalian buku tersebut. Dengan kata lain, inti informasi yang disampaikan pengumuman tersebut adalah seruan untuk mengembalikan buku perpustakaan A request to return library books
Jawaban: A

19. Seperti diinformasikan kalimat ke-3: "Lost books must be replaced with the ones of similar subjects", bahwa buku yang hilang hams diganti dengan buku sejenis It should be replaced with a similar book
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 dan 22.
20. Seperti diisyaratkan judul: "Effective Micro Organisms 4, Organic Fermentation Bacteria To Increase Cattle Productivity", yang dipaparkan teks adalah penggunaan Effective Micro Organisms 4 atau EM-4 The use of EM-4
Jawaban: E

21. Manfaat/kegunaan produk EM-4 yang tepat terdapat pada opsi (E) For increasing quality and quantity of cattle product (untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk sapi) ini ternyatakan pada usage point ke-3. Di lain pihak, opsi (A) salah karena yang dimaksud kalimat pertama pada teks adalah untuk pertumbuhan sapi (for cattle growth), bukan pertumbuhan bakteri sapi (For growing cattle bacteria). Opsi (B) keliru, justru produk ini bermanfaat untuk menumnkan pencemaran bebauan bagian usage point ke-1; bukan sebaliknya: meningkatkan pencemaran bebauan (For increasing smell Pollution). Opsi (C) merupakan interpretasi yang salah dan bagian how to use point ke-2: Spray I cc EM per litre of water every week on the floor, wall, and manure, produk ini disemprotkan pada pupuk (manure) bukan menghasilkan pupuk (Producing cattle manure). Dan opsi (D) tidak sejalan dengan informasi bagian usage point ke-2: balance mutual micro-organisms, produk ini berguna untuk menyeimbangkan mikro-organisme, bukan untuk meningkatkan micro-organisme (for increasing micro organisms). Maka, pilihan yang tepat adalah For increasing quality and quantity of cattle product.
Jawaban: E

22. Seperti dinyatakan bagian how to use point ke-1: To get satisfying result, dissolve Icc EM-4 per litre water every day, untuk memperoleh hasil yang memuaskan adalah dengan melarutkan 1 cc EM-4 untuk setiap liter air setiap hari. Maka, pilihan yang tepat adalah Dissolve 1 cc EM-4 per litre of water everyday.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 23 sampai 27.
23. Secara keseluruhan, teks membicarakan jogging, berupa lari-lari kecil Jogging, a gentle running
Jawaban: D

24. Seperti dinyatakan kalimat terakhir paragraf 3: "Once you develop a regular jogging programme, you will feel fit and well, and ...", setelah melakukan program jogging yang teratur (after having a regular jogging programme), yang akan kita rasakan adalah segar dan bugar Well and fit.
Jawaban: A

25. Pernyataan yang sejalan dengan informasi dalam teks terdapat pada opsi (D) Jogging can make people relax (jogging dapat membuat orang rileks) ini diisyaratkan pada kalimat ke-4 paragraf 2: "People jog to relax themselves ..." (orang jogging untuk berrileks). Jadi, jawaban yang tepat adalah Jogging can make people relax.
Jawaban: D

26. Dari kalimat topik: "What is jogging?" pada akhir paragraf 1 serta Jawaban dan penjelasan akan pertanyaan kalimat topik tadi di paragraf 2, 3 dan 4; kita dapat berkesimpulan bahwa tujuan komunikatif teks tersebut adalah untuk memaparkan apa jogging itu To tell what jogging is
Jawaban: E

27. Kata unusual, yang memiliki arti (tidak biasa atau aneh), berpengertian sama dengan kata strange. Kata pada opsi lain masing-masing memiliki arti: popular (populer) regular (umum) common (umum) dan traditional (tradisionil). Sinonim unusual adalah Strange.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 sampai 31.
28. Teks melaporkan berita penangkapan pencuri ber-kebangsaan Spanyol yang paling dicari di Portugal The arresting of Spain. most wanted thief in Portugal.
Jawaban: C

29. Dari paparan paragraf 2: "Accused of killing three policemen and holding up more than 30 banks, Jaime Jimenez Arbe was planning to move on to insurance companies when he was arrested last month, ...", kita tahu bahwa saat ditangkap Jaime Jiminez Arbe telah membunuh 3 personil kepolisian dan merampok lebih dari 30 bank. Maka, pilihan yang tepat adalah Would have killed three officers of the law.
Jawaban: C

30. Perhatikan perkataan Loner pada paragraf 1: "...he robbed banks only because they stole money from the public, ...". Alasan Loner merampok bank adalah karena menurutnya bank telah merampok uang dari masyarakat. Maka, pilihan yang tepat adalah He believed that the banks stole money from the public.
Jawaban: D

31. Kata disguise memiliki arti (menyamar), yang sama artinya dengan "change appearance" (mengubah penampilannya). Frase pada opsi lain masing-masing memiliki arti: reduce confidence (mengurangi kepercayaan diri) damage reputation (merusak nama baik) expose to view (menampakan untuk dilihat) dan made known (terkenal). Sinonim dari kata disguise adalah Change appearance.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 32 sampai 36.
32. Seperti dinyatakan kalimat pertama paragraf 2: "... and note the steady stream of skaters speeding up and down the footpaths" dan kalimat terakhir paragraf 2: "Thunderous rattles are heard on our main roads each night as skaters travel ...", tempat dimana anak-anak mamacu skateboardnya adalah jalan utama (main roads) dan gang (foot paths). Maka, jawaban yang tepat adalah In the main roads and footpaths.
Jawaban: A

33. Semua kalimat pada paragraf 3 menginformasikan sisi baik dari ber-skateboard. Dengan demikian, pikiran utama paragraf ini adalah sisi baik dari ber-skateboard The goodness of skateboarding
Jawaban: C

34. Teks ragam analytical exposition lazimnya berakhir dengan suatu persuasi/seruan sebagai tujuan tulisan tersebut. Kalimat terakhir berbunyi: "we must build skate parks in the suburbs so that streets are safe for small children and senior citizens and skaters have spaces where they can race, chase, speed, and soar towards the sun". Jelas bahwa tujuan tulisan ini adalah untuk meyakinkan para pembaca bahwa mereka perlu menyediakan tampat yang aman untuk para skater bermain skateboard To convince the readers that they need a safe place for skaters to skate.
Jawaban: B

35. Seperti diserukan pada kalimat terakhir paragraf terakhir: "we must build skate parks in the suburbs so that ...", membuat pelataran untuk skateboard di pinggiran kota adalah hal yang harus dilakukan untuk memungkinkan para skater bermain Skateboard. Maka, jawaban yang tepat adalah Build a skate park in the suburbs
Jawaban: E

36. Kata "restriction" yang memiliki arti (keterbatasan), bersinonim dengan pengertian kata "limitation". Kata pada opsi lain masing-masing memiliki arti: approval (persetujuan) allowance (uang saku) improvement (peningkatan) dan prevention (pencegahan). Sinonim restriction adalah Limitation.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 37 sampai 40.
37. Bila kita hubungkan informasi kalimat terakhir paragraf 2: " ... his grandfather left for work and never returned" dan kalimat pertama paragraf 3: "A few weeks later, seven plain clothes security guard stormed into Kang's house 'Your grandfather betrayed the fatherland' ...", kita dapat menduga bahwa alasan kakek Kang tidak pernah kembali adalah karena dia dituduh berkhianat kepada tanah aimya–Korea Utara Accused of betraying North Korea
Jawaban: B

38. Dari simpulan pada kalimat terakhir paragraf terakhir: That was the last Kang ever saw her [itulah terakhir kalinya Kang melihat ibunya], kita dapat mengetahui bahwa inti paparan paragraf terakhir adalah detik-detik terakhir Kang berkumpul dengan ibunya The last minutes Kang gathered together with his mother
Jawaban: A

39. Dari konteks pada kalimat kedua paragraf 2 bahwa cengkraman pemerintah begitu mencekik (government's stifling grip), dan dari informasi kalimat terakhir paragraf 2: " . . . his grandfather left for work and never returned" dan kalimat pertama paragraf 3: "A few weeks later, seven plain clothes security guard stormed into Kangs house 'Your grandfather betrayed the fatherland' one of them stated, you must be punished"', kita bisa berpraduga bahwa menghilangnya kakek Kang (Kang's grandfather disappear) adalah karena dia diculik dan dihukum oleh garda keamanan negara He was kidnapped and punished by the security guards
Jawaban: E

40. Kata "stormed into" yang berarti (menyerbu), memiliki makna yang sama dengan kata "attacked" (menyerang). Kata pada opsi lain masing-masing memiliki arti: destroyed (rnenghancurkan) knocked (menjatuhkan) involved (melibatkan) dan knotted (menyimpulkan). Sinonim stormed into adalah Attacked.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 41 sampai 45.
41. Perhatikan pernyataan "... they are far better drivers than women" pada paragraf 1, "... safer drivers than men" pada paragraf 2, "..drivers' safer driving habits ..." pada paragraf 3, dan "...women are safer drivers because ..." pada paragraf terakhir. Pernyataan-pernyataan tersebut menunjukkan suatu perbandingan; ini berarti yang menjadi tajuk teks adalah perbandingan antara pengendara pria dan wanita A comparison between men and women drivers.
Jawaban: D

42. Informasi paragraf 3: "... statistics prove that women are, in fact, safer drivers than men ..." [statistic menunjukan faktanya pengendara wanita lebih aman ketimbang pria] mengandung pengertian bahwa kecelakaan kendaraan yang disebabkan oleh pria lebih tinggi dibanding oleh wanita Car accidents caused by men are higher than those of women.
Jawaban: A

43. Yang tidak terbukti dalam teks adalah bahwa pria merupakan pengendara yang aman dan Kati-hati They are safe and careful drivers
Jawaban: A

44. Dari pernyataan pembuka: "Male chauvinism (men's believe in male superiority)..." (sovinisme pria-pria yakin mereka superior), kita dapat berkesimpulan bahwa pria meremehkan wanita Men underestimate women
Jawaban: E

45. Kata "inattentive" memiliki pengertian (kurang menaruh perhatian) dari opsi yang ada, pilihan yang memiliki pengertian sejenis dipenuhi oleh kata careless (ceroboh/gegabah). Kata pada opsi lain masing-masing memiliki arti: intent (sungguh-sungguh) furious (murka) watchful (waspada) dan indiscipline (tidak disiplin). Sinonim inattentive adalah Careless.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46 sampai 50.
46. Teks memberi "review" (ulasan) tentang cerita horor biadab dalam novel Frankenstein yang ditulis oleh Mary Shelly, dimana cerita ini tersaji dalam dua versi: "original text edition" (edisi teks asli) dan "quick text edition" (edisi teks cepat). Maka, pilihan yang tepat adalah The quick text and original text of Frankenstein story.
Jawaban: A

47. Seperti dinyatakan kalimat kedua paragraf 3: "... while the Quick Text brings the story up to date by presenting the text into a more simpled style so that the tale is accessible to all readers", cara yang sederhana untuk memahami cerita adalah dengan membaca edisi teks cepat Quick text
Jawaban: C

48. Pikiran utama paragraf 3 dinyatakan secara deduktif, yakni "This graphic novel is available in two versions ..." (terdapat dua versi dari novel grafis ini untuk dinikmati). Maka, pilihan yang tepat adalah There are two versions of the graphic novel to enjoy.
Jawaban: B

49. Seperti dinyatakan paragraf 4: "...while the Original Text version will help you easily slip into the language in which the novel was written', versi teks asli dari cerita biadab Frankenstein akan membuat pembaca memahami bahasa di masa novel tersebut ditulis; bahasa identik dengan gaya penulisan Style of writing. Maka, pilihan yang tepat adalah Understand the style of writing in its era.
Jawaban: A

50. Kata "stray" yang memiliki arti (menyimpang), berpengertian sama dengan kata "wander" . Kata pada opsi lain masing-masing memiliki arti: change (mengubah) direct (mengarahkan) point (menunjuk) dan avoid (menghindar). Sinonim dari kata strayed adalah Wandered.
Jawaban: A

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2011

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2011 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih