Show Menu 2

4/21/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2015

iTapuih.com - Latihan: Soal UN SMP 2015 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2015. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2015.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2015



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1 sampai 3.
1. Dalam teks tersebut, penulis menceritakan mengenai rumahnya yang sangat ia sukai The writer's lovely house
Jawaban: D

2. Dalam teks dikatakan “From the window of my bedroom, I like to see the children playing” (Dari jendela kamarku, aku suka melihat anak anak bermain). Jadi, penulis dapat melihat anak-anak bermain dari kamar tidurnya Her bedroom.
Jawaban: B

3. Penulis tidak dapat belajar di sore hari karena banyaknya anak-anak bermain di taman The children are playing in the playground
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 4 dan 5.
4. Penyusunan kailmat yang tepat adalah “Ferry stroke its deck when a thunderstorm was crossing the river” Maka, pilihan yang tepat adalah 3 – 2 – 5 – 4 – 7 – 6 – 1.
Jawaban: B

5. Penyusunan kalimat yang tepat adalah “We waited for a long time but the bus didn't came” Maka, pilihan yang tepat adalah  6 – 8 – 2 – 4 – 1 – 7 – 3 – 5
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 6 sampai 9.
6. Dalam teks tersebut membicarakan tentang burung unta The ostrich.
Jawaban: A

7. Dalam teks dikatakan “When threatened, the ostrich will either hide itself by lying flat against the ground, or runaway (Ketika terancam burung unta akan bersembunyi dengan merebahkan tubuhnya di tanah atau melarikan diri). Jawaban yang tepat adalah Runs away.
Jawaban: A

8. Paragraf kedua membicarakan mengenai burung unta beona akan dewasa 6 bulan lebih awal dibandingkan burung unta jantan The female Ostrich mature about six months earlier than males.
Jawaban: D

9. Nomadic yaitu berpindah dari tempat satu ke tempat lain Wandering from Place to place.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 10 sampai 12.
10. From 200 species, only one species comes from Europe (clan 200 species hanya satu species yang berasal dari Eropa). Maka, pilihan yang tepat adalah From.
Jawaban: B

11. Pembahasan: They usually grow in dusters (mereka biasanya tumbuh di gugus). Maka, pilihan yang tepat adalah Usually.
Jawaban: D

12. “Each cluster can consist of at least three flowers although they also con be solitary” (setiap gugus terdiri atas 3 bunga meskipun mereka dapat hidup sendiri). Maka, pilihan yang tepat adalah Although.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 13 sampai 16.
13. Dalam teks dikatakan “the queen is the only ant that can lay eggs” (Ratu adalah satu-satunya semut yang dapat mongerami telurnya). Maka, pilihan yang tepat adalah The queen.
Jawaban: B

14. Dalam paragraf kedua membicarakan mengenai tiga jenis semut dalam sebuah koloni There are three kinds of ants in a colony.
Jawaban: B

15. Tiny mempunyai arti yang sama dengan small yaitu kecil. Maka, pilihan yang tepat adalah Small.
Jawaban: B

16. Dalam teks dikatakan “If they are able to defeat their enemy, they will take away their eggs (jika mereka dapat mengalahkan lawan maka mereka akan membawa telur-telur mereka). Maka, pilihan yang tepat adalah They will take away their eggs.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 17 sampai 20.
17. Dalam teks ditulis bahwa langkah pertamanya adalah “Heat 3 tbsp of oil in a large frying pan on medium heat” (Panaskan 3 sendok minyak dalam penggorengan). Maka, pilihan yang tepat adalah Heat the oil in the frying pan.
Jawaban: B

18. Pada akhir langkah membuat makanan tersebut ditulis “Serve for 4 people” (Disajikan untuk 4 orang). Maka, pilihan yang tepat adalah Four.
Jawaban: B

19. Kata "moisture" mempunyai arti yang sama dengan "water" yaitu (air). Sedangkan kata lain memiliki arti splash (guyuran) lotion (losion) remain (tetap). Sinonim kata moisture adalah Water.
Jawaban: A

20. Dalam teks kata “it” menunjukkan kepada “potato ricer” sesuai kalimat yang terdapat pada teks “It's easier to do this with potatoes ricer. If you don't have it, you con use towel to squeeze it.” Maka, pilihan yang tepat adalah Potatoes ricer.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 21.
21. “Fragile, Handle with care” (mudah pecah! Tangani dengan hati-hati). Jadi, maksud dari notice tersebut adalah agar benda tersebut dltangani dengan hati-hati karena barang tersebut mudah pecah Handle the thing carefully because it is breakable.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 22 dan 23.
22. Dalam surat tersebut tertulis “Your new job Is something to celebrate” (Sesuatu yang dirayakan). Jadi, jawaban yang tepat adalah Successful in having a new job (sukses telah mendapatkan pekerjaan baru). Maka, jawaban yang tepat adalah Successful in having a new job.
Jawaban: C

23. Kata “celebrate” mempunyai arti (merayakan), kata yang memaiki anti hampir sama adalah "rejoice" yaitu (gembira/bersukacita). Kata yang lain memiliki arti tribute (upeti) dedicate (dedikasi) publicize (mengumumkan). Sinonim kata celebrate adalah Rejoice.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 24 sampai 26.
24. Dalam teks tersebut, diceritakan bahwa wolf marah karena lion menginginkan semua daging hasil buruan untuk dirinya saendiri The lion wanted all of the meat for himself.
Jawaban: B

25. Dalam teks dicerltakan bahwa ship berkata “Then, as I am also the king of beasts” (Lalu, karena aku juga raja dari seluruh hewan). Maka, jawaban yang tepat adalah He is the king of the animals (dia adalah raja dart seluruh hewan). Maka, jawaban yang tepat adalah He is the king of the animals.
Jawaban: A

26. Dari teks tersebut, pelajaran yang dapat diambil adalah jangan mempercayai yang serakah dan berambisi menjadi pemimpin Do not believe in a greedy and mean leader.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 27 sampai 29.
27. “ Three masked boy aged about eighteen come up to him” (Tiga anak yang menggunakan topeng berumur 18 tahun datang kepadanya). Maka, jawaban yang tepat adalah Him.
Jawaban: A

28. “Aldo was weak but managed to shout for help” (Aldo lemah, tapi dia berusaha untuk bectriak minta tolong). Maka, jawaban yang tepat adalah Weak.
Jawaban: C

29. “They returned the wallet back” (Mereka mengembalikan dompet tersebut). Maka, jawaban yang tepat adalah Returned.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 30 sampai 32.
30. Paragraf kedua menceritakan tentang kecelakaan yang menyakitkan ketika mengikuti perlombaan lintas negara Painful incidents during the cross country.
Jawaban: D

31. Pada teks tersebut, diceritakan bahwa penulis tetap menyelesaikan perlombaan meskipun tenggorokannya sakit Although he hod a painful throat, the writer could finish the race.
Jawaban: B

32. Dalam teks dikatakan bahwa “People who ran in front of me mode me breathe the dust they created. It wasn't so bad untl my throat started to hurt” (orang yang berlari di depanku membuat banyak debu. Itu buruk sekall sampal tenggorokan saya terasa sakit). Maka, jawaban yang tepat adalah People in front of him created dust
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 33 dan 34.
33. Dalam teks sudah tertulis bahwa rapat akan diaadakan pada 2 Juni 2015. Maka, jawaban yang tepat adalah June 2, 2015
Jawaban: A

34. Dalam surat tersebut tertulis jelas in a monthly regular meeting (dalam pertemuan rutin bulanan). Maka, jawaban yang tepat adalah Every month
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 35 dan 36.
35. Dalam jadwal penerbangan tersebut ditulis babwa Batik Air melakukan penerbangan dari pate (pintu) A2.
Jawaban: B

36. Kata "timetable" mempunyai arti yang sama dengan “schedule” yaitu (jadwal). Sedangkan, arti yang lain route (rute) event (kegiatan) chart (bagan). Sinonim kata timetable adalah Schedule.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 37 dan 38.
37. Dalam suratnya, Asti mengatakan “I've just received a phone call from Andi” (saya baru mendapat telpon dari Andi). Jadi, yang mendapatkan telepon adalah Asti.
Jawaban: D

38. Kata "receive" mempunyai arti yang sama dengan “got” yaitu (mendapatkan atau menerima). Sedangkan arti pada pilihan yang lain made (membuat) rejected (menolak) listened (mendengarkan). Sinonim kata receive adalah Got.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39 dan 40.
39. Dalam teks tertulis bahwa “We offer confidential business and secretarial service to meet the professional needs of travelers from 9 o.m. to 6 p.m.” (Kami menawarkan bisnis dan layanan sekretaris untuk memenuhi kebutuhan profesional wisatawan dari jam 09.00 - 18.00). Jadi, jawaban yang tepat adalah Provide confidential business service for travelers.
Jawaban: A

40. Pada teks tertulis “We offer a wide range of health and recreation facilities such as fitness equipment” (Kami menawarkan fasilitas kesehatan dan rekreasi seperti alat-alat fitnes). Jadi, tujuan disediakan alat fitnes adalah untuk relaksasi To spend relaxation.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 41 sampai 43.
41. Dari paragraf pertama disimpulkan bahwa yang dibicarakan adalah perjalanan ke Sauna Angklung Mang Udjo yang sangat pagi. Jadi, jawaban yang tepat adalah The trip to Soong Angklung Mang Udjo stared very early.
Jawaban: A

42. Dalam teks dijelaskan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelum pertunjukan adalah jalan-jalan mengelilingi galeri yang menjual kerajinan tangan dari Sunda (going around the gallery that sells Sundanese handicraft). Jadi, jawaban yang tepat adalah Making Sundanese hot drink Bandrek.
Jawaban: B

43. Dalam teks dikatakan “The master ceremony spoke in English too because there were foreigners among the visitors” (pembawaacara berbicara dengan bahasa Inggris juga karena ada orang-orang asing di antara pengunjung). Jadi, jawaban yang tepat adalah There were foreigners among the audiences in the hall.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 44 sampai 46.
44. Dalam pengumuman “All money from the sale will be used to support the school orchestra. We are preparing to change the musical instruments with the new ones” (Semua uang hasil penjualan akan digunakan untuk mendukung orkestra sekolah. Kami akan menyiapkan pergantian untuk Instrumen musik dengan yang baru. Jadi, jawaban yang tepat adalah They want to buy musical instruments.
Jawaban: D

45. Dalam pengumuman tertulis jelas bahwa “Book Fair” akan diadakan di kafe sekolah At a school cafetaria.
Jawaban: B

46. Kata “participate” mempunyai arti yang sama dengan kata “join” yaitu (bergabung atau mengikuti). Sedangkan arti pada pilihan yang lain act (bertindak) work (bekerja) perform (menampilkan). Sinonim kata participate adalah Join.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47 dan 48.
47. Dalam surat, Nadia mengatakan bahwa dia ingin sekali Paul untuk memberikan komentar mcngenai foto-foto hasilnya, karena dia ingin mengetahui kualitas dan hasil kerjanya She really needs to know the quality of her works.
Jawaban: C

48. Dalam surat Nadia mengatakan ”Because of that, I have a new hobby, photography (oleh karena itu, aku jadi punya hobi baru yaitu fotografi. Jadi, sebelum mempunyai kamera Nadia tidak hobi fotografi Nadia didn't like photography before she had the camera. Jadi, jawaban yang tepat adalah Photography is a new hobby for Paul.
Jawaban:  D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 dan 50.
49. Susunan yang benar adalah:
6. This is how cook with a nce cooker
3. First, wash the rice in a separate bowl
4. Second, place the washed rice in the cooker pan
2. Third, add water into the pan and place it into the body
5. Plug the corn into AC outlet. The light will turn on
1. After that, press the switch and the cooking process will start
8. When the rice is done, the switch will pop up
7. Finally the rice is ready to serve.
Jadi, urutan kalimat yang tepat adalah 6 – 3 – 4 – 2 – 5 – 1 – 8 – 7.
Jawaban: B

50. Susunan yang benar adalah:
6. Last summer, I got fantastic holiday
8. I went to the airport and I flew to Surabaya
3. Then, I went to Sidoarjo
5. It had become famous for its mud
2. After that I went to Lamongan
4. I visited the famous Jatim park
1. The place made me feel at home but I had to go home
7. Next time, I would return to see more of them
Jadi, urutan katimat yang tepat adalah 6 – 8 – 3 – 5 – 2 – 4 – 1 – 7.
Jawaban: A

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2015

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2015 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih