Show Menu 2

4/21/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2014

iTapuih.com - Latihan: Soal UN SMP 2014 Beserta Pembahasan. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2014. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 9 SMP yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2014.


Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2014



Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 1 sampai 4.
1. Dongeng itu menceritakan asal usul buah nanas The Origin of pineapple.
Jawaban: C

2. Tertulis jelas di teks “She could not find her daughter. She searched and searched, and so did every person on the plantation” (bahwa ia mencari-cari anaknya setelah anak perempuannya menghilang). Jawaban yang tepat adalah She searched for her.
Jawaban: A

3. Tertulis dalam teks bahwa Pina bermalas-malasan untuk memasak makanannya sendiri bahkan ketika ibunya sedang sakit. Jawaban yang tepat adalah Pina was too lazy to cook her own food.
Jawaban: B

4. Pelajaran yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah bahwa kita harus menghormati dan mematuhi perintah orang tua Respect and obey your mother
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 5 sampai 9.
5. Di dalam teks dibahas satu upacara adat yang berasal dari Sumatra Barat yaitu Tabuik. Tabuik ceremony in West Sumatra
Jawaban: B

6. Dalam teks tertulis jelas bahwa Tabuik dapat menolak keburukan jika dibuang ke pantai ” This Is conducted as they believe that throwing Tabuik into the sea will dispose of bad luck”. Jawaban yang tepat adalah The Tabuik will dispose bad luck if thrown to the sea.
Jawaban: B

7. Tertulis jelas di teks bahwa “Tabuik ceremony is a tradition on the west coast of West Sumatra, Indonesia, especially in Pariaman”. Maka, jawaban yang tepat adalah Pariaman.
Jawaban:B

8. Sesuai dengan teks yang tertulis bahwa, throwing Tabuik into the sea will dispose of bad luck. Maka, jawaban yang tepat adalah To mark the disposal of bad luck.
Jawaban: C

9. Pembahasan: Teks tersebut membicarakan satu topik. yaitu To describe Tabuik ceremony
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 10 dan 11.
10. Keuntungan mengonsumsi produk tersebut adalah untuk meningkatkan penurunan lemak Promote fat loss
Jawaban: C

11. Tujuan dari teks tersebut adalah membujuk para pembaca untuk membeli produk tersebut, karena teks tersebut termasuk advertisement (iklan). Jadi, tujuan iklan adalah To persuade people to consume the product.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 12 sampai 14.
12. Kalimat tersebut membutuhkan kata kerja 'meninggalkan' bentuk kedua, yaltu Left.
Jawaban: A

13. Kalimat tersebut membutuhkan kata benda yang mempunyai arti perjalanan. Dan kata yang paling tepat adalah Journey
Jawaban: D

14. Kalimat tersebut membutuhkan kata pelengkap untuk melengkapi kata “enjoyed the moment......” dan jawabannya adalah Happily.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 15 sampai 17.
15. Pembahasan: Penyusunan yang paling tepat adalah 5 – 3 – 8 – 1 – 7 – 2 – 6 – 4. 
Jawaban: D

16. Pembahasan: Penyusunan yang paling tepat adalah 2 – 5   4 – 9 – 3 – 7 – 8 – 6 – 1.
Jawaban: D 

17. Penyusunan yang paling tepat adalah 4 – 3 – 6 – 8 – 1 – 5 – 7 – 2.  
Jawaban: B 

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 18 dan 19.
18. Penyusunan kalimat yang paling tepat adalah 3 – 7 – 4 – 2 – 5 – 6 – 1
Jawaban: C 

19. Penyusunan kalimat yang paling tepat adalah 5 – 3 – 1 – 2 – 4
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 sampai 23.
20. Dalam surat tersebut menceritakan bahwa Sandy telah menjalani liburan di countryside kepada Aldy. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah Sandy’s holiday in the countryside.
Jawaban: A

21. Dalam surat Sandy mengatakan “After lunch my father drove us home” (Ayahnyalah yang mengendarai mobil). Jadi, jawaban yang paling tepat adalah By car.
Jawaban: D

22. Sandy juga memberikan alasannya berlibur ke countryside, yaitu “It is not far from our city and it is not a crowded place” (dia memilih disana karena dekat dan tidak padat pengunjung). Jadi, jawaban yang paling tepat adalah It was located nearby.
Jawaban: A

23. Kata “us” tersebut merujuk pada Sandy dan keluarganya. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah Sandy and his family.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 24 dan 25.
24. Dalam teks dikatakan “You will get hands on experience to design your blog, fill your blog with appropriate contents and decorate it with pleasant layout and images. By the end of the workshop, you will have the skills to create your own biog.” Jadi, jawaban yang paling tepat adalah Create a blog with appropriate contents, pleasant layout, and images.
Jawaban: C

25. Kata “appropriate” mempunyai arti (sesuai) sama dengan “suitable” yaitu (tepat/cocok). Jadi, jawaban yang paling tepat adalah Suitable.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 26 sampai 28.
26. Dalam teks disebutkan bahwa “singing contest” akan diadakan pada the third day (hari ketiga), yaitu pada tanggal 7 November 2013. Jawabnnya adalah November 7th 2013.
Jawaban: C

27. Pada awal pengumuman, OSIS mengatakan “for students to perform their talents and creativities.” Jadi, tujuan dilaksanakan acara tersebut adalah untuk menampilkan bakat dan kreativitas siswa. Jawabnnya adalah Students’ talent and creativity performance.
Jawaban: C

28. Kata ”them” merujuk kepada pertandingan -pertandingan tersebut, yaitu Competitions.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 29 sampai 31.
29. Fungsi dari teks tersebut adalah mengumumkan tentang jadwal kegiatan selama kemah To inform the trainers' time table.
Jawaban: A

30. Dalam teks tersebut tertulis “In case of bad weather, villas are provided new the camp area” (Mereka akan diungsikan ke vila dekat perkemahan jika cuaca buruk terjadi). Maka, jawaban yang tepat adalah Campers will move to the nearby villas.
Jawaban: B

31. Kata “supervised” mempunyai arti yang sama dengan “monitored” yaitu (diawasi). Jawaban yang tepat adalah Monitored.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 32 sampai 35.
32. Dalam teks tersebut menjelaskan tahap-tahap mengoperasikan komputer Operating.
Jawaban: B

33. Dalam teks tersebut tertulis jelas sebelum menyambungkan kabel mouse ke CPU harus dipastikan bahwa kabel monitor ke belakang CPU (step 2). Jawaban yang tepat adalah Connect the monitor cable to the back of the CPU.
Jawaban: A

34. Kata ”firmly” mempunyai arti yang sama dengan “tightly” yaitu (dengan kuat). Jawaban yang tepat adalah Tightly.
Jawaban: B

35. Dalam teks kata “this” merujuk kepada objek kalimat sebelumnya, yaitu Start button.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 36 sampai 38.
36. Dalam teks jelas tertulis bahwa event ini diadakan setiap satu tahun sekali. Jawaban yang tepat adalah Every year.
Jawaban: A

37. Tujuan dari teks tersebut adalah menjelaskan event GM-EFC secara umum. Jawaban yang tepat adalah To describe the event in general.
Jawaban: A

38. Pada teks tertulis bahwa “Among the programme, the band competition is students favorite” (bahwa kompetensi band adalah acara yang paling banyak menarik massa). Jawaban yang tepat adalah Band Competition.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39 sampai 42.
39. Dalam teks sangat jelas menjelaskan kedekatan antara si binatang peliharaan dengan tuannya. Jawaban yang tepat adalah A friendship between a pet and its owner.
Jawaban: D

40. Si penulis mengatakan bahwa “We always spend time together at home” (Mereka selalu melakukan banyak aktivitas bersama). Jawaban yang tepat adalah The writer's activities with his/her pet.
Jawaban: A

41. Mereka melakukan banyak kegiatan di rumah “we always spend time together at home”. Jawaban yang tepat adalah At home.
Jawaban: D

42. Pada teks tertulis pada sore hari mereka berjalan-jalan In the afternoon, I usually take her for a walk. Jawaban yang tepat adalah Take it for a walk.
Java ban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 43 sampai 45.
43. Ia mengatakan My bedroom ..... (43) it's about four meters long and three wide. Itu artinya kamarnya luas Spacious.
Jawaban: B

44. Di dalam lemari kayunya, ia menyimpan barang-barangnya. Dan kata yang mempunyai arti menyimpan dalam pilihan tersebut adalah Keep.
Jawaban: A

45. Di dalam kamarnya, ia mengatakan bahwa “I really thanked to my father who designed room because I have enough space and I stay ..... in it.” Dalam kalimat ini menyatakan kesenangannya pada kamar tersebut dan kata yang paling cocok untuk melengkapi kalimat tersebut adalah Comfortably.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 46.
46. Notice tersebut mengatakan untuk tidak memberikan makan dan minum terhadap binatang. Jawabannya adalah A prohibition to feed the animals.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 47 dan 48.
47. Pada awal teks sudah terlihat bahwa teks tersebut adalah ucapan selamat untuk seseorang. To congratulate someone on his success.
Jawaban: B

48. Compliment adalah kata-kata pujian dan yang paling tepat menunjukkan ekspresi pujian adalah We ore so proud of you.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 49 dan 50.
49. Surat tersebut ditujukan untuk Dania sebagai penerima “short message”. Dan penerima biasanya bersamaan dengan kata to (kepada). Jadi, jawaban yang tepat adalah Dania.
Jawaban: C

50. Inti dari surat tersebut adalah mengingatkan Dania bahwa ada meeting pada sore hari. Remind Dania of the meeting.
Jawaban: C

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2014

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMP 2014 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih