Show Menu 2

4/2/17

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2009

iTapuih.com - Pembahasan: Soal UN SMA 2009 Beserta File Download. Ujian Nasional yang hanya tinggal menghitung hari membuat kita harus benar-benar berjuang untuk menghadapinya. Salah satunya dengan cara mencari pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Take it easy! Blog ini sudah menyediakan pembahasan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2009. Saya sengaja membagikan soal-soal UN Bahasa Inggris beserta kunci jawaban, dengan harapan adik-adik kelas 12 SMA yang akan menghadapi UN bisa menggali kemampuan dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah semakin mendekat. Pembahasan ini juga bisa didownload dalam format PDF. Silahkan Download Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2009.

Download

Pembahasan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2009


Pembahasan soal berikut ini sengaja dimulai dari nomor 16, karena untuk no 1 sampai 15 merupakan bagian Listening. Anda juga bisa mengunjungi laman tersebut dengan mengklik link berikut ini.

Listening

Pembahasan Soal Listening UN Bahasa Inggris SMA 2009

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 16 sampai 19.
16. Teks ini kebanyakan menceritakan tentang gambaran umum "forest people", bukan illegal loggingnya. Tapi lebih menceritakan tentang forest people yang berjuang melawan illegal logging dan mencoba menjaga konservasi hutan. Jadi, jawaban yang tepat adalah Forest people.
Jawaban: A

17. Untuk mengetahui jawabannya kita bisa mengacu pada kalimat "They are the forest people, members of the local Anak Dalam tribe ...." Mereka yang berjuang adalah Members of the local Anak Dalam.
Jawaban: A

18. Jelas teks ini berusaha menggambarkan akibat dari illegal logging yang terjadi di National Park Zone.
Jawaban: E

19. Dalam teks yang tidak tercantum dalam protes adalah Jambi.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 20 sampai 23.
20. Kata "The Incas" merupakan kata kunci untuk menjawab pertanyaan berikut. Jelas sekali bahwa teks ini membahas tentang suku Inca The Incas.
Jawaban: B

21. Sinonim yang tepat untuk "constructed" (membangun) adalah Built.
Jawaban: C

22. Pada teks dapat ditemukan bahwa kerajaan tersebut hancur karena diserang oleh Spaniards.
Jawaban: E

23. Pada paragraf terakhir dapat dilemukan kalimat "Quipus used as calculation". Jadi jawabannya adalah Quipus.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 24 dan 27.
24. Pada paragraf pertama disebutkan bahwa “the narrow attitude shown to women's education is largely due to the traditional role of women in society. Jadi jelas alasan untuk tak menyekolahkan anak mereka ke jenjang yang Iebih tinggi karena pengaruh adat tersebut. Pilihan yang tepat adalah Traditional roles of women in society do not need high education.
Jawaban: D

25. Jelas tujuan utama teks ini adalah memberi alasan dan pandangan tentang pentingnya pendidikan pada perempuan. Pilihan yang tepat adalah To put forward a point of view or argument about higher education for women.
Jawaban: A

26. Pada paragraf ketiga disebutkan modern society need the talents of its people regardless gender. Jadi jawaban yang tepat adalah Talented people regardless gender.
Jawaban: E

27. Sinonim yang tepat untuk kata Outstanding (Iuar biasa) adalah Remarkable.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 28 dan 32.
28. Dapat dilihat pada perbandingan kedua paragraf tersebut yang setuju mengenai penlingnya pemberian pekerjaan rumah kepada siswa dengan beberapa alasan yang dikemukakan penulis. Pilihan yang tepat adalah Both paragraphs argue that homework is necessary for students.
Jawaban: A

29. Pada paragraf kedua disebutkan dua alasan pokok mengapa tak perlu ada tugas rumah yaitu anak-anak sudah cukup belajar di sekolah dan mereka di rumah punya hobi mereka untuk dilakukan jadi tak perlu ada tugas rumah Iagi. Pilihan yang tepat adalah 2.
Jawaban: B

30. Jawabannya bisa dilihat pada paragraf ketiga baris terakhir “That say that the evening is a good time for children to sit down and think about what they have learned in school.  Ini artinya adalah mereview kembali pelajaran yang dipelajari di sekolah. Pilihan yang tepat adalah Review their lessons.
Jawaban: B

31. Sinonim yang tepat untuk kata Pointless (tak penting/berguna) adalah Unimportant.
Jawaban: D

32. Saran dari penulis tertera pada paragraf terakhir yang menyarankan untuk hanya memberi pekerjaaan rumah pada akhir pekan saja. Pilihan yang tepat adalah Homework should be given at weekend.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 33 dan 34.
33. Karena Anula sedang ke Supermarket, dia berpesan pada Tom untuk menghangatkan Sup. Pilihan yang tepat adalah Telling Tom to heat the soup.
Jawaban: D

34. Dapat dilihat pada teks bahwa there meru-juk pada kata stove karena pada kalimat sebelumnya sudah disebutkan kata stove. Pilihan yang tepat adalah The stove.
Jawaban: C

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 35 dan 36.
35. Jawaban yang paling tepat adalah A, karena tidak sekedar memberi informasi pembayaran saja tapi juga memberitahukan admission form kepada siswa kelas XII yang isinya memberitahukan biaya pilihan batas waktu dan kontak person. Tujuan teks adalah To inform students about polytechnic admission form.
Jawaban: A

36. Sudah jelas tertera pada teks mengenai dead line (tenggat waktu) yaitu On July 16, 2009.
Jawaban: B

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 37 dan 38.
37. Surat ini menggambarkan penyesalan Daisy karena tidak bisa menemui Lisa di rumahnya karena ada pertemuan lain di saat waktu yang sama. Pilihan yang tepat adalah Daisy's regret for not being able to come.
Jawaban: D

38. Jawaban yang paling tepat ialah A. Karena yang memiliki masalah adalah Liza bukannya Daisy. Jadi, pilihan yang tepat adalah Liza wanted Daisy to solve her problem.
Jawaban: A

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 39 sampai 41.
39. Teks tersebut mengenai lowongan-lowongan yang ditawarkan di Hotel Cannero. Bisa disimpulkan ini merupakan iklan lowongan kerja A job vacancy in Hotel Cannero.
Jawaban: B

40. Sudah jelas ikian lowongan pekerjaan akan memerlukan siapa saja yang memenuhi persyaratan yang disebutkan. Iklan ini ditujukan kepada siapa saja yang memenuhi kualifikasi All who meet the requirements mentioned.
Jawaban: C

41. Jawabannya bisa dilihat pada kalimat “Period of work 3 or 6 months between end of March and end of October”. Jadi, jawaban yang tepat adalah Will start working between March and October.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 42 sampai 44.
42. Jawabannya ada pada kalimat “He shot and killed so many that there was lots of meat left after the bear and his family had loaded themselves, and packed all they could carry home dan bahkan dalam buruannya pun dikeringkan oleh si bear dengan menimbunnya dengan tanah. Maka yang paling tepat adalah The bear carried all the meat home.
Jawaban: C

43. Pernyataan kalimat yang tidak terdapat dalam teks adalah The papa bear knew that his youngest child gave the rabbit some meat.
Jawaban: E

44. Dalam teks terebut diajarkan nilai moral untuk saling menjaga hubungan dengan sesama. Jawaban yang tepat adalah We must keep our relationship with others.
Jawaban: E

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 45 dan 47.
45. Pada awal paragraf pertama tenera main idea dari teks tersebut yaitu seorang supervisor Singapura yang dipenjara karena menganiaya pembantu asal lndonesia. Maka, jawabannya adalah A Singaporean supervisor who was jailed because of striking his maid.
Jawaban: E

46. Jawabannya tertera jelas pada paragraf ke dua Between June and October 2002.
Jawaban: A

47. Jawabanya dapat ditemukan pada paragraf ke empat baris terakhir. “He punched her on the back after accusing her of daydreaming." Maka, jelas jawabannya adalah Daydreaming.
Jawaban: D

Pembahasan berikut ini untuk soal nomor 48 sampai 50.
48. Pada paragraf terakhir, “I only ate once a day because you always had to rush and it was difficult to find food". Jadi jawaban yang tepat adalah satu kali Once
Jawaban: E

49. Persamaan yang lepat untuk kata "mitigation" (peringanan) adalah Reliever.
Jawaban: C

50. Jawaban yang paling tepat adalah seorang jurnalis. bisa diteliti dari kata, keyword, press conference, finding soft story, fearing that the internet connection yang mempakan dunia dari jurnalistik. Jadi jawaban yang tepat adalah A journalist.
Jawaban: C

Continue

Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2009

Selamat belajar, semoga postingan tentang Latihan Soal UN Bahasa Inggris SMA 2009 Beserta Pembahasan bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih