Show Menu 2

12/2/16

Penjelasan Skimming and Scanning Dalam Reading

iTapuih.com - Penjelasan Skimming and Scanning Dalam Reading. Reading adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seseorang dalam memperoleh informasi dari teks tertulis. Dalam pelajaran bahasa Inggris, Reading merupakan salah satu skill yang harus dikuasai oleh pelajar agar dapat memahami informasi secara akurat dan tepat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal ada dua teknik yang bisa digunakan yaitu Skimming dan Scanning. Berikut ini penjelasan kedua teknik tersebut.


1. Skimming

Skimming adalah suatu teknik membaca dengan kecepatan tinggi untuk mencari hal-hal yang penting atau ide pokok dari suatu bacaan. Teknik ini sangat berguna karena kita hanya perlu membaca sepintas dan cepat namun mendapatkan kesan keseluruhan dan umum dari bacaan tersebut.

Bagaimana cara kerjanya? Banyak orang berpikir bahwa Skimming adalah proses serampangan menempatkan mata di mana pun mereka jatuh. Namun, untuk cara ini sangat efektif, kita akan struktur (tidak membaca semuanya). Apa yang anda baca adalah lebih penting daripada apa yang lewatkan, itu point utama dari teknik ini.


Langkah-langkah membaca Skimming:
1. Membuat pertanyaan tentang apa yang akan kita cari dari suatu buku.
2. Telusuri daftar isi atau kata pengantar, apakah informasi yang kita butuhkan itu ada.
3. Dengan penuh perhatian, telusuri dengan kecepatan tinggi setiap paragraf atau subbab yang anda hadapi.
4. Berhentilah ketika merasa menemukan apa yang anda cari.
5. Bacalah dengan kecepatan normal, dan pahami dengan baik apa yang anda cari tersebut.

Katakanlah anda sedang melakukan penelitian pada bab panjang atau situs web. Dengan membaca beberapa paragraf pertama secara detail, anda akan mendapatkan ide pokok atau kalimat topik dari informasi apa yang dibahas. Setelah anda tahu di mana letak ide pokok tersebut,

Pada akhir setiap kalimat topik, mata anda harus drop down melalui sisa paragraf, mencari informasi penting, seperti nama, tanggal, atau peristiwa. Lanjutkan untuk membaca hanya kalimat topik, lanjutkan membaca sisa paragraf, sampai anda mendekati akhir atau kesimpulan. Jika saat Skimming, anda merasa menemukan ide pokok dari paragraf tersebut, berarti anda telah melakukan Skimming dengan benar.

Kenapa harus Skimming? Misalkan anda mengambil kelas kemampuan presentasi dan harus menyampaikan laporan secara lisan dalam beberapa hari tentang materi "komputer pertama yang pernah dibuat". anda menemukan enam buku dan empat artikel tentang topik ini. Karena anda harus segera siap, anda tidak punya waktu untuk membaca setiap kata, tetapi anda membutuhkan banyak informasi yang solid. Skimming akan membantu anda menemukan informasi dengan cepat sambil memastikan anda menggunakan waktu anda dengan bijaksana. Hal ini juga akan meningkatkan jumlah bahan yang dapat dipresentasikan.

Contoh lainnya, misalkan anda memiliki ujian dalam beberapa hari. Anda perlu meninjau materi yang anda pelajari, tetapi anda tidak ingin membaca ulang semuanya. Dengan skimming, anda dapat dengan cepat menemukan informasi yang belum anda kusasai dan belajar hanya pada materi itu saja.

2. Scanning

Scanning adalah salah satu teknik komprehensif yang pada kemampuan membaca sepintas secara cepat keseluruhan bahan bacaan. Teknik ini menerapkan cara membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain-lainnya.

Bagaimana cara kerjanya? Teknik membaca ini berguna untuk mencari beberapa informasi secepat mungkin. Biasanya kita membaca kata per kata dari setiap kalimat yang dibacanya. Dengan berlatih teknik membaca Scanning, kita bisa belajar membaca untuk memahami teks bacaan dengan cara yang lebih cepat.


Langkah-langkah membaca Scanning:
1. lihatlah daftar isi dan kata pengantar secara sekilas
2. telaah secara singkat latar belakang penulisan buku
3. baca bagian pendahuluan secar singkat
4. cari dalam daftar isi bab-bab yang penting.
5. baca bagian kesimpulan (jika ada)
6. lihat secara sekilas daftar pustaka, daftar indeks, atau apendiks.

Materi yang digunakan untuk Scanning biasanya diatur dengan cara berikut: abjad, kronologis, non-abjad, berdasarkan kategori, atau tekstual. Informasi abjad diatur dalam urutan dari A sampai Z, sedangkan informasi kronologis diatur dalam waktu atau urutan numerik.

Belajar menggunakan tangan anda saat scanning sangat membantu dalam menemukan informasi spesifik. Apakah anda melakukan sesuatu dengan tangan anda untuk mencari kata dalam kamus? Untuk menemukan waktu pertemuan di kalender anda? Untuk membaca jadwal kereta api atau bus? Menggunakan tangan atau jari sangat membantu dalam memfokuskan perhatian anda dan menjaga tempat Anda saat memindai kolom bahan.

Kenapa harus Scanning? Sebagai contoh, dalam kehidupan sehari-hari anda bisa menggunakan Scanning untuk mencari nomor telepon, mencari kata pada kamus, mencari acara televisi dan mencari daftar perjalanan. Dengan begitu anda akan mudah mengetahui apakah bacaan tersebut mengandung informasi yang anda inginkan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Skimming dan Scanning merupakan tehnik membaca cepat yang sering dilakukan oleh pembaca. Kedua tehnik ini sebenarnya sangat fungsional terutama dalam kegiatan sehari-hari. Suatu keterampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih