Show Menu 2

12/4/16

Jenis-Jenis Reading Dalam Bahasa Inggris

iTapuih.com - Jenis-Jenis Reading Dalam Bahasa Inggris. Sebagai pendidik, salah satu pekerjaan terbesar guru adalah untuk membantu peserta didik untuk mencintai aktifitas membaca. Tapi bagaimana jika peserta didik itu sendiri memiliki kesulitan mengakses atau membaca informasi yang ada dalam suatu teks atau bacaan lainnya? Dalam hal ini tugas guru untuk memberikan berbagai macam cara dan teknik agar mereka bisa memahami informasi dari kegiatan membaca tersebut. Apa yang bisa guru lakukan untuk mereka? Berikut ini jawabnnya, silahkan pilih jenis Reading seperti apa menurut anda yang akan efektif jika diterapkan di kelas.


1. Intensive Reading

Intensive reading adalah membaca teks atau beberapa bagian dalam bacaan. Dalam kegiatan membaca ini siswa membaca sebuah teks untuk memperoleh ilmu atau analisanya. Tujuan kegiatan membaca ini adalah untuk membaca teks yang pendek. Kegiatan membaca ini intensive reading dilakukan dengan cara mencari informasi yang spesifik. Intinya, Siswa membaca demi mendapatkan ilmu pengetahuan.

Example
Peserta didik membaca teks singkat dan menempatkan peristiwa ke urutan kronologis atau secara berurutan.

In the Classroom
Intensive reading bisa dilakukan dengan menggunakan teknik Skimming teks tersebut untuk mencari spesifik informasi, bisa diterapkan pada jenis latihan seperti True or False dan Filling gaps in a summary. Teknik Scanning juga bisa diterapkan dengan cara menyusun paragraf acak menjadi beurutan dengan menggunakan jenis latihan Jumbled paragraphs

Intensive reading memberikan dasar penjelasan akan kesulitan susunan bahasa dan pengembangan pengetahuan vocabulary dan idiom. Kegiatan reading ini juga memberikan materi pengembangan penguasaan yang lebih besar akan kemampuan berbicara dan menulis.

2. Extensive Reading

Materi Extensive reading ini dapat dipilih pada level kesulitan terendah dari intensive reading. Tujuan extensive reading ini adalah melatih siswa untuk membaca secara langsung dan lancar pada bahasa sasaran untuk kesenangan, tanpa bantuan dari guru.

Example
Seorang guru memberikan sebuah cerita pendek kepada peserta didik, tetapi tidak memberikan mereka tugas apapun, hanya meminta mereka untuk membaca dan mendengarkan.

In the Classroom
Teks bacaan yang panjang sering diabaikan, terutama dalam kegiatan kelas. Guru sering merasa itu bukan penggunaan waktu yang efektif dikelas atau akan terjadi kebosanan dengan hanya membaca. Untuk itu, peserta didik dapat didorong untuk membaca secara ekstensif dengan mendirikan perpustakaan kelas, meminta peserta didik menulis review, dan membaca berbagai macam jenis buku yang menarik minat mereka, dan mengatur waktu khusus untuk membaca.

3. Aloud Reading

Reading aloud atau juga membaca dengan keras memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pengajaran Bahasa Inggris. Guru harus tahu bahwa pengajaran reading aloud ini harus diberikan pada level utama karena kegiatan membaca jenis ini adalah basis pelafalan kata.

Example
Ketika seorang guru membagikan buku kepada anak-anak, mereka belajar untuk berpikir dan bertindak seperti pembaca yang baik - tanpa menyadarinya! anda dapat membantu mereka mendapatkan lebih banyak informasi.

In the Classroom
Anak-anak bisa belajar ketika mereka membuat hubungan antara apa yang mereka dengar dan apa yang mereka ketahui. Salah satu metode dapat digunakan guru untuk membantu membuat koneksi ini disebut berpikir keras, di mana guru berbicara melalui pikiran peserta didik. Membaca secara Aloud bisa diterapkan dengan cara meminta anak-anak untuk membaca dan berpikir keras tentang isi bacaan buku favorit mereka. Cobalah gunakan ide-ide lainnya untuk memperluas pembelajaran dan meningkatkan pemahaman bacaan.

4. Silent Reading

Silent reading atau membaca lirih ini adalah skil yang sangat penting dalam pengajaran Bahasa Inggris. Kegiatan reading ini harus digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca. Silent reading dilakukan untuk memperoleh banyak informasi. Guru harus membuat siswa membaca dengan lirih sehingga siswa dapat membaca tanpa hambatan apapun.

Example
Ketika ingin menerapkan ini di kelas, guru harus mendorong peserta didik untuk memiliki kemampuan duduk dan diam membaca teks dengan penuh konsentrasi.

In the Classroom
Guru bisa mendorong siswa untuk menghabiskan kegiatan di kelas untuk membaca secara Silent hingga 30 menit sehari, plus tambahan 15 menit untuk menulis refleksi pribadi pada apa yang dibaca. Dengan demikian mereka akan memaksa diri mereka sendiri untuk paham dengan apa yang dibaca.

ADD YOUR COMMENT:

Disqus Comments
 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih